8 Macam Kopi Lokal Nusantara Indonesia

8 Macam Kopi Lokal Nusantara Indonesia

Macam Kopi Lokal Nusantara - Fahrinheit, Pada artikel sebelumnya fahrinheit sudah membahas jenis jenis kopi berdasarkan cara penyajiannya. Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi macam macam kopi yang ada di Nusantara Indonesia. Hampir semua daerah lokal yang ada di Nusantara Indonesia memiliki kopi masing-masing. Macam macam kopi lokal ini tercipta dari berbagai macam sebab seperti daerah khusus, cara penyajian yang berbeda hingga cara pembuatannya yang unik.

macam-macam-kopi-lokal-nusantara
Setiap kopi di lokalnya masing masing tentunya memiliki rasa, aroma dan penyajian yang berbeda-beda setiap daerah. Cita rasa kopi lokal tidak kalah dengan jenis kopi yang ada di negara lain, bahkan ada beberapa kopi nusantara kita yang sudah mendunia. Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi mengenai macam macam kopi lokal yang ada di Indonesia.

Mungkin macam macam kopi yang akan disebutkan di bawah nantinya ada yang berasal dari daerah anda. Untuk kenikmatannya sendiri tidak bisa digambarkan secara pribadi oleh admin karena masalah rasa dan aroma menyangkut selera masing-masing. Langsung saja berikut ini macam macam kopi yang ada di sepanjang nusantara Indonesia :

1. Kopi Wamena

Seperti namanya Wamena, kopi ini merupakan macam kopi yang berasal dari Papua. Kopi ini tumbuh di ketinggian 1500 mdpl dengan suhu sekitar 20C. Kopi ini memiliki cita rasa yang ringan dan aroma yang kuat. Kopi Wamena memiliki sedikit ampas dan rasanya pun tidak terlalu asam sehingga sangat cocok bagi anda yang baru memulai meminum kopi.

Baca Juga : Jenis Jenis Kopi Berdasarkan Cara Penyajiannya

2. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo merupakan macam kopi lokal yang berasal dari Gayo Aceh. Kopi ini ditanam secara organik tanpa campuran apapun saat pemeliharaannya. Kopi ini memiliki rasa pahit yang ringan dan tidak tertinggal di lidah. Kopi ini juga memiliki tekstur yang gurih saat dikonsumsi. Jika anda pernah mengkonsumsi Kopi Jamaika maka hampir mirip dengan Kopi Gayo ini. Nah kopi lokal saja cita rasanya sudah sama dengan kopi di negara lain bukan?

3. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani merupakan jenis kopi nusantara yang berasal dari Bangli, Bali. Kopi ini memiliki cita rasa yang unik karena saat kita meminumnya akan muncul sensasi campuran rasa buah buahan asam dan segar. Munculnya campuran cita rasa buah ini dikarenakan kopi ditanam secara tumpang sari dengan tumbuhan lain seperti jeruk, sayuran dan lain-lainnya.

4. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan macam kopi nusantara selanjutnya yang berasal dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Bagi yang belum terbiasa meminum kopi mungkin akan sedikit aneh saat meminum jenis kopi ini karena rasanya yang sedikit pahit. Namun rasa pahit ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa kali meminum kopi ini. Selain itu saat meminum kopi ini mungkin akan mendapati sedikit rasa 'tanah' karena ampasnya yang lumayan banyak. Tapi kopi ini memiliki tingkat keasaman yang sedikit. Sekarang Kopi Toraja dibedakan atas 2 jenis, yakni Toraja Robusta dan Toraja Arabika

5. Kopi Jawa

Sama seperti namanya, kopi ini berasal dari Jawa. Kopi Jawa diolah dengan gilingan basah, oleh karena itu rasa kopi yang dihasilkan tidak terlalu tajam. Rempah yang dihasilkan dari gilingan basah tersebut juga lebih dominan. Bagi anda yang baru memulai belajar meminum kopi maka macam Kopi Jawa inilah yang cocok untuk anda.

6. Kopi Luwak

Kalau jenis kopi yang satu ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya karena kopi ini sempat mendunia, bahkan sekarang sudah tersedia dijual dalam kemasan sachet. Seperti yang kita tahu kopi ini merupakan hasil olahan pencernaan dari hewan luwak yang terlebih dulu mengkonsumsi biji kopi. Walaupun hasil dari olahan pencernaan, namun cita rasa yang dihasilkan cukup berbeda dari kopi lainnya.

Mungkin karena cara pengolahannya yang juga unik tidak mengherankan kopi ini sangat mendunia. Kopi ini cenderung lebih kasar dari kopi biasa dengan aroma yang kuat dan ampas yang lumayan banyak. Bagi para pecinta kopi mungkin sangat menyukai jenis Kopi Luwak ini. Kopi ini lebih nikmat jika diseduh dengan air yang tidak terlalu panas

Baca Juga : Macam Macam Cara dan Alat Pembuat Kopi Manual

7. Kopi Bajawa

Macam kopi lokal selanjutnya ialah Kopi Bajawa yang berasal dari Flores. Kopi ini ditanam di sekitar gunung berapi, oleh karena itu kopi ini tidak menggunakan campuran pupuk apapun karena menggunakan pupuk organik yang berasal dari tanah abu gunung berapi. Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat serta aroma yang sangat kuar. Jika anda menyimpan Kopi Bajawa di suatu ruangan maka aroma kopi tersebut akan menyebar di sekitar ruangan karena saking kuatnya aroma yang dihasilkan

8. Kopi Lanang

Kopi Lanang merupakan jenis kopi yang berasal dari Lampung. Kopi ini ditanam di ketinggian 1800mdpl dengan suhu 20C-30C. Rasa Kopi Lanang hampir mirip dengan Kopi Jawa, namun konon katanya kopi ini mampu meningkatkan kadar testosteron serta gairah seksual. Oleh karena itu banyak yang mengkonsumsi kopi ini dengan maksud memperhatikan khasiat yang dihasilkan

Nah itulah tadi 8 macam kopi lokal yang ada di sepanjang Nusantara Indonesia. Cukup banyak juga bukan kopi lokal yang kita miliki. Adakah salah satu kopi di atas yang termasuk dalam macam kopi yang ada di daerah anda? Atau ada macam kopi lokal lain yang anda ketahui? Silahkan anda tuliskan pada kolom komentar di bawah ya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments