Jenis Jenis Kopi Berdasarkan Cara Penyajiannya

Jenis Jenis Kopi Berdasarkan Cara Penyajiannya

Jenis Kopi Berdasarkan Penyajiannya - Fahrinheit, Kopi merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi. Minuman ini sering dikonsumsi saat sedang santai, bercengkrama dengan teman, rapat atau bahkan sebagai teman begadang. Penemuan kopi ini diketahui sudah sangat lama sejak sekitar 800 tahun sebelum masehi. Awalnya kopi dikonsumsi oleh bangsa Etiopia di Benua Afrika dengan cara mencampurkan biji kopi dengan lemak hewan dan anggur. Campuran ini dipercaya dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh serta protein.

jenis-kopi-berdasarkan-cara-penyajiannya
Tidak ada yang tahu pasti kapan kopi ditemukan, namun menurut sebuah kisah mengatakan kopi ini ditemukan secara tidak sengaja oleh penggembala kambing yang bernama Khalid. Saat itu Khalid heran melihat kambing gembalaannya tetap terjaga setelah memakan buah sejenis beri-berian. Ia pun lalu mencoba memasak beri tersebut dan memakannya. Kopi pun berkembang secara luas di berbagai negara Afrika bahkan hingga ke luar Benua Afrika melalui jalur perdagangan.

Dulu penyajian kopi masih sangat konvensional yakni dengan cara ditumbuk dan diseduh. Namun seiring semakin berkembangnya kopi ke berbagai benua di belahan dunia menjadikan penyajian kopi menjadi berbagai jenis. Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi tentang jenis jenis kopi berdasarkan cara penyajiannya. Apa sajakah itu? Berikut di bawah ini ulasannya :

1. Espresso

Jenis kopi berdasarkan penyajiannya yang pertama ialah espresso. Espresso merupakan jenis kopi yang dibuat dengan mesin brewing khusus pembuat kopi. Cara membuatnya kopi diletakkan ke dalam mesin brewing lalu air dialirkan dengan tekanan yang tinggi. Tekanan dari mesin espresso ini menghasilkan ekstrak kopi yang keluar bersama air. Espresso menjadi salah satu jenis kopi yang banyak disukai dan melahirkan jenis penyajian kopi yang lainnya.

Baca Juga : Macam Macam Cara dan Alat Pembuat Kopi Manual

2. Cappucino

Nah mendengar kata cappucino mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita karena cappucino ini sering identik dengan iklan kopi di televisi. Jenis kopi ini merupakan kopi yang disajikan dengan komposisi espresso, susu (steamed milk) dan foam. Ciri khas dari cappucino ini ialah foam tebal yang ada di permukaan gelas. Meskipun begitu, penyajian cappucino yang benar harus memiliki keahlian yang tinggi karena cukup sulit dalam menyajikannya

3. Caffe Latte

Jenis kopi ini merupakan kopi yang sangat populer di Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. Jika anda memesan latte di cafe Italia maka bukan kopi yang anda dapatkan, tapi hanyalah susu murni. Jadi untuk memesannya harus menyebutkan lengkap caffe latte. Jenis kopi ini terdiri atas sepertiga espresso dan dua pertiga susu ditambah foam tipis di atasnya, hampir mirip dengan cappucino hanya saja dengan susu yang lebih dominan dan foam lebih tipis.

4. Macchiato

Macchiato adalah jenis kopi espresso yang penyajiannya ditambah dengan sedikit susu namun tidak diaduk, hanya terkesan seperti ‘diendapkan’ di bagian atas espresso agar melapisinya (karena jumlah susunya yang sedikit). Perbedaanya jelas, jika pada cappucino merupakan campuran espresso dan susu maka pada macchiato fungsi susu tersebut hanyalah sebagai pelapis espresso dari udara terbuka dengan jumlah yang sedikit.

5. Long Black

Long Black merupakan jenis kopi yang sangat populer di Australia. Kopi ini juga disebut dengan ‘espresso encer’ karena cara penyajiannya ialah dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panas lebih dulu dituangkan baru espresso agar tidak merusak crema yang terdapat di dalam espresso. Penyajian kopi jenis ini banyak menggunakan bahan biji kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.

Baca Juga : 8 Macam Kopi Lokal Nusantara Indonesia

6. Frappucino

Jenis penyajian kopi ini ditemukan oleh Coffe Connection di Boston yang akhirnya hak ciptanya frappuccino dibeli oleh Starbucks. Jika anda pernah ke Starbucks maka itulah yang dimaksud dengan Frappucino atau Frappe. Istilah penyajian frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe adalah istilah untuk milk shake yang kental. Starbucks sendiri menyediakan berbagai macam frappuccino.

Nah itulah tadi 6 jenis kopi berdasarkan cara penyajiannya. Cukup banyak juga ya. Dari keenam jenis penyajian kopi di atas yang mana yang paling anda sukai? Tulis di kolom komentar di bawah ya atau ada jenis penyajian kopi lain yang anda ketahui bisa ditambahkan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments