Contoh Surat Permohonan Pembuatan SIP (Surat Izin Praktik)

Contoh Surat Permohonan Pembuatan SIP (Surat Izin Praktik)

Contoh Surat Permohonan Pembuatan SIP - Fahrinheit, Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membagikan informasi contoh surat permohonan pembuatan Surat Izin Praktik. Surat Izin Praktik atau biasa disingkat SIP adalah surat legal yang harus dimiliki oleh semua tenaga kesehatan sebagai izin untuk melakukan praktek. Bagi dokter, perawat, bidan, apoteker dan lain-lainnya wajib memiliki SIP ini sebagai tanda legal bekerja di suatu klinik atau fasilitas kesehatan.

Contoh-surat-permohonan-pembuatan-sip
Untuk membuat SIP tentunya harus melalui beberapa tahap dari surat keterangan dari tempat kerja terkati, rekomendasi oleh organisasi profesi, surat permohonan pembuatan SIP dan masih banyak lagi lainnya. Pengurusan SIP ini biasanya dilakukan di Dinas Kesehatan dan Dinas Perizinan barulah kita mendapatkan Surat Izin Praktik. Untuk persyaratan pembuatan SIP tiap daerah tentunya beragam, namun secara garis besar persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  1. Fotokopi STR (Surat Tanda Registrasi) yang sudah dilegalisir
  2. Surat Keterangan Kerja
  3. Surat rekomendasi dari organisasi profesi terkait
  4. Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir
  5. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  6. Pas foto terbaru, ukuran tergantung permintaan dari Dinas Perizinan
  7. Surat Permohonan Pembuatan SIP

Baca Juga : Contoh Surat Kuasa Pengambilan STR

Jika diteliti semua persyaratan di atas mungkin sudah memenuhi untuk membuat SIP, namun masih banyak yang menanyakan bagaimana cara membuat Surat Permohonan Pembuatan SIP. Surat Permohonan Pembuatan SIP ini dibuat sebagai tanda permohoan kepada Dinas Kesehatan agar dapat memberikan rekomendasi ke Dinas Perizinan bahwa kita sudah memenuhi persyaratan untuk membuat SIP. Bagi anda yang masih bingung bagaimana contoh surat permohonan pembuatan SIP tidak perlu khawatir karena disini fahrinheit akan membagikannya. Contoh disini berdasarkan pengalaman admin sendiri dan sudah berhasil dalam pembuatannya. Adapun contohnya adalah sebagai berikut :

Kepada
Yth. Kepala Dinas Kesehatan
Kabupaten Barito Kuala
Di –
    Marabahan


Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama Lengkap : Fahrinheit, A. Md. Kep
Tempat/ tanggal lahir : Marabahan, 26 April 1994
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Lulusan Tahun : 2015
Nomor STR : 21 06 2 3 1 06-2641994
Tempat Kerja : UPT Puskesmas Fahrinheitcom
Alamat Kerja : Jl. Atak Imberansyah RT. VI Kel. Fahrinheit
Alamat Rumah : Jl. Putri Junjung Buih Gang Asal Aja RT. 3 RW. 1 Kel. Praktek Kec. Marabahan

dengan ini mengajukan permohonan untuk mendapat surat ijin praktik perawat (SIP) pada UPT Puskesmas Fahrinheitcom sesuai Keputusan Menteri Kesehatan 1239/Menkes/SK/XI/XI/2001 tentang registrasi dan praktik perawat.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan :
  1. Fotokopi STR yang masih berlaku
  2. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  3. Surat Keterangan Kerja
  4. Pasfoto 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar
  5. Rekomendasi dari organisasi (PPNI)
  6. Fotokopi Ijazah yang telah dilegalizir

Demikian Permohonan ini saya buat atas perhantianya kami ucapkan terimakasih.


Hormat saya,



Fahrinheit, A. Md.Kep

Nah itulah tadi contoh Surat Permohonan Pembuatan SIP (Surat Izin Praktek). Contoh di atas merupakan contoh permohonan pembuatan SIP bagi perawat. Silahkan edit sesuai dengan profesi anda masing-masing. Untuk rekomendasi organisasi profesi tergantung dari organisasi yang menaungi profesi anda. Jangan lupa untuk menempelkan materai 6000 sebelum memberi tanda tangan pada surat permohonan di atas sebagai tanda keabsahan surat yang kita ajukan. Demikian artikel kali ini jika ada yang ingin anda tanyakan bisa melalui kolom komentar di bawah atau dengan menghubungi admin langsung melalui kontak. Semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments