Cara Menghilangkan Masalah Halitosis (Bau Mulut) Secara Alami

Cara Menghilangkan Masalah Halitosis (Bau Mulut) Secara Alami

Cara Menghilangkan Halitosis Secara Alami - Fahrinheit, Halitosis atau biasa disebut dengan bau mulut merupakan masalah yang cukup serius bagi setiap orang. Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut dapat mengganggu orang di sekitar saat diajak berbicara. Orang berpuasa pun terkadang memiliki masalah dengan halitosis ini karena mulut tidak mengkonsumsi makanan apapun selama seharian penuh. Namun lain halnya jika halitosis ini terjadi secara lama walaupun tidak sedang berpuasa.

cara-menghilangkan-halitosis-secara-alami
Masalah halitosis jika tidak diatasi secara cepat maka dapat menurunkan rasa percaya diri saat berbicara di depan umum. Jika dibiarkan secara terus menerus maka tentunya dapat memberikan efek negatif bagi psikologis seseorang. Halitosis atau bau mulut bukan hanya menandakan seseorang jarang membersihkan gigi dan mulutnya, namun juga dapat mengindikasikan terkena suatu gangguan atau penyakit.

Beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, gagal ginjal, liver ataupun masalah gangguan pencernaan diketahui dapat menyebabkan munculnya bau mulut (halitosis). Namun bisa juga bau mulut ini terjadi disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi pada gigi yang berlubang, adanya sisa makanan di dalam mulut, karang gigi dan lain sebagainya.

Munculnya bau mulut (halitosis) ini ditandai dengan gangguan keseimbangan asam pada mulut sehingga air liur akan terasa kental dan mulut terasa lebih kering. Tanda yang paling jelas dari halitosis ini dapat dilihat dari lawan bicara kita yang akan merasa tidak nyaman atau mengambil jarak saat berkomunikasi dengan kita.

Baca Juga : Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Tanpa Veneer

Lalu bagaimana cara menghilangkan masalah halitosis atau bau mulut ini? Nah untuk itu pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi tentang tips serta cara mengatasi halitosis secara alami. Penasaran bagaimana caranya? Berikut beberapa cara menghilangkan halitosis secara alami :

1. Menggunakan Ketumbar

Salah satu bumbu dapur ini diketahui dapat menjadi bahan alami untuk menghilangkan halitosis. Caranya yaitu dengan menggunakan ketumbar bubuk sebanyak satu sendok makan lalu direbus dengan segelas air. Setelah direbus maka hasil rebusan air ketumbar tadi disaring terlebih dahulu untuk selanjutnya diminum airnya. Cara ini terbukti dapat menghilangkan halitosis secara alami.

2. Menggunakan Daun Sirih

Sirih memang dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah gigi dan mulut, termasuk dalam hal halitosis. Cara menggunakannya sangat mudah, anda hanya perlu merebus campuran daun sirih dan rimpang lengkuas secukupnya dengan air secukupnya. Air rebusan tadi kemudian disaring untuk selanjutnya diminum. Konsumsi campuran ini secara rutin diketahui dapat menghilangkan masalah bau mulut.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C diketahui dapat mencegah berkembangnya bakteri jahat pada mulut yang menyebabkan halitosis. Oleh karena itu konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C juga merupakan salah satu vara menghilangkan bau mulut secara alami. Selain itu vitamin C juga dapat mengurangi resiko penyakit pada gusi. Anda dapat menemukan makanan yang mengandung vitamin C pada buah-buahan seperti stroberi, ceri ataupun jeruk.

4. Menggunakan Daun Jambu

Daun jambu juga diketahui dapat menghilangkan masalah halitosis secara alami. Caranya sangat mudah anda hanya perlu mengunyah daun jambu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lakukan ini secara rutin maka dapat menghilangkan bau tidak sedap dari mulut anda. Selain menggunakan daun jambu anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti daun ketumbar ataupun daun mint.

5. Mengkonsumsi Yogurt

Berdasarkan hasil penelitian yogurt rendah lemak dapat menurunkan kadar sulfat dalam mulut. Sulfat merupakan senyawa yang menjadi salah satu penyebab munculnya halitosis. Selain itu konsumsi yogurt juga dapat menghilangkan bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Yogurt yang digunakan disini ialah yogurt tanpa kandungan gula. Jika menggunakan yogurt dengan kandungan gula maka justru sebaliknya dapat memicu terjadinya munculnya bau mulut dan bakteri jahat

Baca Juga : 5 Buah yang Dapat Mengatasi Perut Kembung dan Buncit

6. Selalu Membasahi Mulut

Mulut kering menjadi salah satu penyebab berkembangnya bakteri mulut yang menimbulkan halitosis. Untuk mengatasinya anda harus selalu membasahi mulut anda baik itu dengan berkumur-kumur dengan air bersih ataupun meminum air putih secara rutin

7. Mengunyah Permen Karet

Permen karet juga dapat menghilangkan halitosis secara alami. Gerakan mengunyah menyebabkan produksi air liur menjadi meningkat sehingga kelembaban mulut selalu terjaga. Kelembaban mulut yang baik akan menekan munculnya bakteri jahat penyebab halitosis

8. Membersihkan Sisa Makanan di Mulut

Sisa makanan yang ada di mulut dapat menyebabkan munculnya bakteri penyebab halitosis. Untuk mengatasinya maka anda harus membersihkan sisa makanan tersebut setelah makan baik itu dengan menyikat gigi dan ditambah dengan menggunakan tusuk gigi atau berkumur. Cara ini dapat menghilangka sisa makanan yang ada di sela-sela gigi sehingga bau mulut dapat dicegah.

Nah itulah tadi beberapa tips serta cara menghilangkan halitosis secara alami. Cara-cara di atas jika anda lakukan secara rutin maka dapat menjaga kesehatan mulut anda agar tidak terkena masalah bau mulut. Namun jika penyebab utama bau mulut anda disebabkan karena penyakit bawaan maka anda harus mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu untuk menghilangkannya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments