5 Campuran Kopi yang Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

5 Campuran Kopi yang Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Campuran Buruk Kopi Bagi Kesehatan - Fahrinheit, Banyak cara menyajikan kopi sehingga terkadang menjadi ciri khas tersendiri dalam pengolahan kopi. Bahkan setiap daerah masing-masing terkadang memiliki cara penyajian yang berbeda-beda untuk meningkatkan cita rasa dan aroma kopi, termasuk dalam hal campuran kopi.

campuran-buruk-kopi-bagi-kesehatan
Campuran kopi memang terkadang diperlukan untuk menambah cita rasa, khasiat atau bahkan aroma yang berbeda dari sebuah kopi. Namun tidak semua kopi dapat dicampur dengan bahan-bahan lainnya karena pada beberapa campuran kopi justru dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Ada beberapa bahan campuran kopi yang diketahui dapat berakibat buruk bagi kesehatan sehingga perlu dihindari. Campuran kopi yang buruk justru dapat membuat manfaat serta khasiat dari kopi malah hilang dan dapat berefek pada kesehatan. Apa sajakah campuran kopi yang perlu dihindari? Berikut fahrinheit lampirkan 5 campuran kopi yang berakibat buruk bagi kesehatan :

1. Krimer Non Susu

Campuran kopi dengan krimer memang dapat menambah cita rasa kopi menjadi lebih nikmat. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua kopi baik dicampur dengan krimer karena ada krimer yang justru berakibat buruk bagi kesehatan jika dicampur dengan kopi. Apakah itu? Yakni krimer non susu atau sering juga disebut non-dairy creamer.

Krimer non susu merupakan jenis krimer yang terbuat dari situp jagung dan beberapa minyak sayur terhidrogenasi parsial. Minyak sayur terhidrogenasi inilah yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan jika dicampur dengan kopi. Minyak sayur ini juga biasa disebut dengan lemak trans. Jika dicampur dengan kopi maka dapat membuat gangguan kesehatan seperti resiko penyakit jantung, diabetes dan penyumbatan arteri. Oleh karena itu jika anda memang ingin mencampur kopi dengan krimer maka pilihlah krimer yang berasal dari santan kelapa organik karena lebih menyehatkan

Baca Juga : 8 Macam Kopi Lokal Nusantara Indonesia

2. Pemanis Buatan

Yang namanya pemanis buatan tentunya tidak baik bagi kesehatan, termasuk jika dicampur dengan kopi karena dapat berakibat buruk. Pemanis buatan terbuat dari gula buatan sehingga dapat mengakibatkan gangguan metabolisme glukosa. Hal ini tentunya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

Untuk mengganti pemanis buatan, maka anda dapat menggunakan campuran ekstrak daun stevia sebagai alternatif. Daun stevia diketahui memang lebih aman jika dicampur dengan kopi, namun memang sedikit lebih sulit didapatkan jika dibandingkan pemanis buatan

3. Penambah Rasa Buatan

Penambah rasa buatan juga merupakan campuran kopi yang buruk. Penambah rasa buatan biasanya diperlukan untuk menambah cita rasa lain di dalam kopi seperti vanili, karamel, hazelnut dan lain-lainnya. Penambah rasa buatan dapat menyebabkan lonjakan gula darah karena setiap 1 ons nya mengandung 19 gram gula. Jika dicampur dengan kopi dan dikonsumsi secara berlebihan maka dapat meningkatkan resiko terkena diabetes melitus.

Untuk mengatasi hal ini maka anda dapat menggunakan penambah rasa alami sevagai campuran kopi. Beberapa alternatif seperti daun mint, ekstrak kacang murni atau bubuk vanili murni. Bahan campuran alami ini megandung gula lebih sedikit sehingga lebih aman jika dicampur dengan kopi karena tidak berefek buruk bagi kesehatan.

4. Gula Tebu

Gula tebu juga kurang baik jika dijadikan bahan campuran kopi. Namun yang dimaksud campuran buruk kopi ini ialah jika konsumsi kopi dengan campuran gula tebu dengan berlebihan, misalkan meminum lebih dari 2 gelas dalam sehari. Seperti yang kita ketahui konsumsi gula tebu yang berlebihan dapat menyebabkan resiko terkena penyakit diabetes karena adanya penumpukan gula dalam tubuh.

Jika memang anda suka meminum kopi tiap hari maka kurangi penggunaan gula tebu. Atau bisa juga menggantinya dengan bahan alternatif lain seperti menggunakan kayu manis. Kayu manis memang dipercaya dapat menambah aroma dan cita rasa kopi tanpa harus menyebabkan gula darah dalam tubuh meningkat.

Baca Juga : Jenis Jenis Kopi Berdasarkan Cara Penyajiannya

5. Susu Tanpa Lemak

Untuk campuran kopi yang kelima ini memang sering digunakan dalam bahan campuran kopi. Bahan campuran kopi yang satu ini sebenarnya aman-aman saja jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Susu tanpa lemak memang diketahui lebih sehat karena memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Namun ada penelitian yang menyatakan jika susu tanpa lemak ini memiliki kadar karbohidrat lebih tinggi dibandingkan susu dengan lemak. Seperti yang kita tahu karbohidrat merupakan sumber utama glukosa sehingga jika dikonsums berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Nah itulah tadi 5 campuran kopi yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Sebenarnya campuran di atas tidak terlalu masalah jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Mengkonsumsi kopi pun tidak terlalu baik jika dilakukan secara berlebihan setiap harinya. Oleh karena itu bagi anda yang suka meminum kopi juga harus diperhatikan dalam konsumsi sehari-hari agar tidak berakibat buruk bagi kesehatan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments