Tips dan Cara Melamar Kerja Lewat Email

Tips dan Cara Melamar Kerja Lewat Email

Tips Cara Melamar Kerja Lewat Email - Farinheit, Mencari dan melamar pekerjaan merupakan hal yang biasa dilakukan setelah lulus sekolah / kuliah. Banyak perusahaan / kantor yang mewajibkan syarat-syarat tertentu dalam melamar pekerjaan, seperti harus mengantar lamaran lewat email atau lewat pos. Melamar pekerjaan lewat email memang sangat populer sekarang karena memudahkan dalam seleksi tanpa harus melibatkan banyak dokumen / kertas yang menumpuk.

tips-cara-melamar-kerja-lewat-email
Selain itu alasan lain yang menyebabkan melamar kerja lewat email menjadi pilihan adalah karena melamar pekerjaan sangat simpel hanya dengan sekali klik maka lamaran pekerjaan langsung terkirim tanpa harus repot-repot mengantar berkas atau lewat pos. Pihak perusahaan juga tidak perlu menyediakan tempat untuk perekrutan pegawai yang sangat menyita waktu dan tempat. Bagi para pelamar juga diuntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melamar pekerjaan.

Oleh karena itu melamar pekerjaan lewat email memang sangat direkomendasikan karena menghemat waktu, biaya dan tempat. Walaupun melamar pekerjaan dengan email sangat mudah namun terkadang yang menjadi masalah ialah para pelamar memiliki masalah dengan teknologi atau biasa kita sebut dengan 'gaptek' (gagap tekonologi). Nah bagi anda yang memiliki masalah dengan hal tersebut maka disini fahrinheit akan membagikan beberapa tips dan cara melamar kerja lewat email bagi pemula yang dapat anda simak di bawah ini :

Tips Melamar Kerja Lewat Email

Beberapa tips melamar pekerjaan lewat email ialah sebagai berikut :
  • Membuat surat lamaran kerja lewat email dalam bentuk microsoft word atau notepad. Ini hanya opsional tergantung permintaan dari pihak penerima lowongan namun lamaran elektronik ini biasanya sangat sering digunakan
  • Membuat daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae), banyak cara dan contoh membuat daftar riwayat hidup. Untuk tips dan cara membuat CV yang baik dan benar bisa anda baca pada artikel Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) yang Baik dan Benar.
  • Semua berkas / dokumen pendukung untuk dilampirkan di email nantinya. Untuk dokumen ijazah, transkrip nilai, sertifikat keahlian / keterampilan, KTP dan lainnya dapat anda masukkan dalam bentuk file scan. Untuk file pas foto sesuaikan dengan permintaan dari pihak penerima lowongan. Biasanya ada batas ukuran file yang akan dikirimkan sehingga tidak terlalu berat saat diupload, untuk itu anda dapat mengatasinya dengan mengkompres ukuran file tersebut.
  • Selalu perbarui pas foto setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali karena selalu mengalami perubahan. Dalam melamar pekerjaan kita harus melampirkan pas foto terbaru yang diminta oleh pihak perusahaan.
  • Buat email pribadi sendiri yang aktif, jangan menggunakan email orang lain dalam melamar pekerjaan. Untuk membuat email bisa menggunakan gmail atau yahoo, cara membuatnya cukup masuk ke situs pembuat email tersebut dan ikuti langkah-langkah pendaftarannya.
  • Saat baru pertama kali membuat email pastikan anda menggunakan password yang mudah diingat agar dapat membuka email tersebut kembali jika ada balasan dari pihak perusahaan. Anda dapat membuat password yang mudah diingat atau mencatat password yang anda gunakan.

Baca Juga : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Sesuai dengan Kaidah Bahasa Indonesia

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Anda juga harus memperhatikan dalam pengiriman surat lamaran kerja lewat email karena jika salah akan berakibat fatal dan lamaran tidak terkirim. Untuk mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email anda dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini :
  1. Masuk ke akun email anda lalu isi alamat email perusahaan yang ingin dituju. Pastikan alamat email yang akan dituju sudah dimasukkan dengan benar karena jika alamatnya salah maka email akan terkirim ke kontak yang salah atau gagal.
  2. Isi subjek email dengn kata lamaran kerja dan profesi serta formasi pekerjaan yang ingin dilamar. Terkadang pihak perusahaan juga mensyaratkan pencantuman kode khusus di subjek untuk memudahkan mereka dalam memilah formasi pelamar, contoh KEP002 untuk menandakan formasi Keperawatan dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Selanjutnya untuk menulis surat lamaran kerja bisa anda isi pada badan email langsung. Atau jika pihak perusahaan menginginkan dalam bentuk file microsoft word / notepad bisa anda ketik terlebih dahulu baru diunggah
  4. Unggah file dokumen / berkas yang disyaratkan oleh pihak penerima lowongan. Pastikan ukuran file yang akan anda unggah sudah dikompres terlebih dahulu sesuai dengan batas minimal ukuran file yang disyaratkan.
  5. Jika semua persyaratan sudah terlampir maka anda hanya tinggal perlu mengirim email tersebut dengan menekan tombol 'Kirim'.

Nah itulah tadi beberapa tips dan cara melamar kerja lewat email bagi pemula. Mungkin saat di awal-awal akan terlihat sulit dan anda akan sedikit ragu dalam melamar pekerjaan lewat email karena sudah terbiasa dengan lamaran kerja konvensional. Namun jika sudah terbiasa maka akan sangat mudah karena sangat praktis dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengantar surat lamaran. Untuk keseluruhan sebenarnya tidak ada perbedaan dengan lamaran kerja konvensional yang membedakannya hanyalah cara pengirimannya yang lebih simpel dan praktis. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments