Layanannya Ditutup, Ini 5 Momen Nostalgia Bersama BBM Dulu

Layanannya Ditutup, Ini 5 Momen Nostalgia Bersama BBM Dulu

Momen Nostalgia Bersama BBM - Fahrinheit, Kabar ini mungkin sudah diduga sebelumnya namun tetap mengejutkan saat beredar. Ya aplikasi BlackBerry Messenger atau sering disingkat BBM secara resmi menutup layanannya. Aplikasi chatting & sosial media yang sangat tenar di tahun 2009 hingga 2012 ini dinyatakan akan ditutup layanannya terhitung sejak tanggal 31 Mei 2019. Kabar perpisahan ini tentunya sangat menyedihkan bagi para pengguna BBM di zaman dulu karena penuh kenangan di dalamnya.

Momen-nostalgia-bersama-bbm
Aplikasi ini memang dulu sangat populer di zamannya. Betapa tidak, aplikasi ini menjadi alikasi chatting yang paling banyak digunakan para pengguna ponsel di kala itu. Untuk menggunakan aplikasi ini dulunya harus menggunakan handphone spesial dari BlackBerry sebelum akhirnya dibuka untuk umum dan dapat digunakan oleh android dan iOS.

Namun sebelum bisa digunakan di android dan iOS pun banyak orang yang bersedia membeli handphone BlackBerry hanya agar bisa menggunakan aplikasi BBM ini. Bahkan akibat dari munculnya BBM ini maka sms pun mulai ditinggalkan karena penggunanya sudah merasa 'nyaman' menggunakan aplikasi chatting ini dibandingkan dengan SMS.

Nah agar lebih mengenang kembali tentang BBM di saat masa jayanya dulu, yuk kita nostalgia sebentar tentang penggunaan BBM ini. Mungkin dengan membaca beberapa poin di bawah ini menjadikan anda lebih mengingat semua kenangan tentang BBM mulai dari teman, kekasih, atau mungkin mantan. Berikut ini beberapa nostalgia tentang BBM di masa populernya dulu :

1. Mengambil Gambar Chat dengan Aplikasi Screen Muncher

Momen-nostalgia-bersama-bbm
Nah bagi para pengguna aplikasi BBM mungkin sangat familiar dengan aplikasi, namun tidak bagi mereka yang menggunakan BBM yang sudah bisa diakses melalui android dan iOS. Dulu kala untuk mengambil gambar chat / profil BBM tidak semudah menggunakan screenshot atau tombol simpan gambar. Untuk menyimpan gambar chat terlebih dahulu harus menggunakan aplikasi Screen Muncher. Bagi yang masih ingat mungkin suara saat aplikasi ini digunakan untuk mengambil gambar maka akan muncul suara 'krauk' seperti orang makan.

2. Fitur PING!!

Momen-nostalgia-bersama-bbm
Nah kalau berbicara tentang PING mungkin semuanya masih ingat. Ya fitur ini dulu ada di dalam BBM. Fungsi fitur PING ini ialah untuk melakukan colekan atau semacam pesan agar chat kita cepat dibaca dan dibalas oleh lawan chat. Kadang fitur ini juga menjadi sebuah tindakan jahil untuk melakukan bom PING dan membuat handphone menjadi 'hang' karena banyaknya pesan yang masuk.

Nah kalau sekarang mungkin anda tidak menemui fitur PING ini di aplikasi chatting lainnya. Untuk melakukan PING di aplikasi chatting lain harus dilakukan secara manual. Bahkan ini menjadi asal muasal munculnya pesan 'P' di chat hanya untuk menggambarkan singkatan PING. Terlihat lebih simpel namun tetap fitur PING BBM tidak tergantikan bukan?

3. Emoticon Chat

Momen-nostalgia-bersama-bbm
Dulu di zaman SMS fitur emoticon tidak ada dan lengkap seperti sekarang. Sehingga kemunculan emoticon di dalam chat BBM ini menjadi kesenangan tersendiri bagi penggunanya dan banyak digunakan dalam setiap chat. Bukan hanya pada chat, emoticon ini juga sering digunakan sebagai nama tampilan (display name) para pengguna BBM. Rasanya menggunakan emoticon ini seolah perasaan serta apa yang kita rasakan sudah tersampaikan kepada lawan chat kita. Nostalgia banget kan?

Baca Juga : Cara Mengganti Centang Chat WhatsApp dengan Emot Lucu

4. Fitur Autotext BlackBerry

Momen-nostalgia-bersama-bbm
Nah kalau yang satu ini dulunya hanya ada di handphone BlackBerry, yaitu fitur autotext. Sebelum merambah ke android dan iOS fitur autotext ini sangat digemari oleh penggunanya karena sangat memudahkan dalam mengetik pesan tanpa harus bersusah payah. Semua yang kita ketikkan akan secara otomatis muncul autotextnya sehingga tidak repot jika harus mengetik pesan yang panjang. Meskipun kadang terkesan alay namun fitur ini banyak disukai dan digunakan oleh pengguna BBM lo pada masanya. Agar lebih mengingat kembali mungkin anda dapat melihat beberapa contoh fitur autotext di BBM di bawah ini :
  1. ‎=))º°˚˚°º≈º=Dнåнåнå=))º°˚˚°º≈º=D
  2. =))Шª ꪲ ꪲ κªЌ=))
  3. ┒(‘o’┒) Lo diem, ( ‘,ƪ’) Gue ngupil = <( ‾▿‾)-σ• (‾o‾”) Nih upil
  4. (ʃ⌣ƪ) ciluuk ƪ(˚▽˚)ʃ baaa

5. Fitur Pesan Broadcast (BC)

Momen-nostalgia-bersama-bbm
Nah kalau yang satu ini mungkin semua sudah tidak asing lagi, yaitu BC atau pesan siaran. Seperti namanya pesan siaran, fitur ini digunakan untuk memberikan siaran kepada semua kontak atau kontak yang kita pilih untuk menyiarkan suatu pesan yang kita tuliskan. Biasanya pesan ini sering digunakan untuk berbagi PIN, menambah teman atau ingin mencari gebetan bagi yang jomblo (masih ingat kan?). Bahkan kadang isi pesan BC ini terkesan aneh agar terlihat lebih menarik dibaca oleh lawan chat. Beberapa contoh pesan BC di bawah ini mungkin dapat membuat anda bernostalgia kembali :
  1. ‎Invite Fahrinheit, lelaki ganteng, baik hati, suka menolong, rajin menabung. PIN : 54DE3772
  2. N4k s0l3H, j0mBL0 F0r3V3r. Mr. Palui pin : DA6457M1
  3. LAST !! Bantu sahabat sejati cari jodoh, jomblo sejati invite PIN : 727mta65

Nah itulah tadi beberapa momen nostalgia bersama BBM yang sering dialami oleh para penggunanya zaman dulu. Dari kelima momen nostalgia di atas, yang mana saja yang sudah pernah anda lakukan? Apa ada momen nostalgia lain bersama BBM yang anda alam selain momen-momen di atas? Jika ada yuk anda tuliskan di kolom komentar agar kita saling berbagi dan bernostalgia

Walaupun mungkin aplikasi ini sudah ditutup, namun semua kenangan tentangnya tidak akan mudah untuk dilupakan. Mungkin banyak orang yang saling bertemu disini, meminta PIN, memulai obrolan dari sekedar gebetan hingga akhirnya jadian. Atau mungkin jadi saksi bisu saling marahan dengan mengganti nama menjadi tanda titik dan foto profil berlayarkan hitam. Tapi semua tinggallah kenangan, biarkan selalu tersimpan di hati kita. Terima kasih BBM sudah menemani perjalanan kami hingga sekarang.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments