Daftar Kode Error Printer Canon PIXMA MP280 dan Cara Mengatasinya

Daftar Kode Error Printer Canon PIXMA MP280 dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Kode Error Canon MP280 - Fahrinheit, Penggunaan printer memang sangat diperlukan untuk menunjang kemudahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Salah satu printer yang paling banyak digunakan dalam kantor atau rumahan ialah printer Canon PIXMA MP280. Printer ini banyak digunakan karena bersifat multifungsi. Printer canon MP280 memiliki suatu kelebihan karena selain digunakan untuk mencetak, printer ini juga dapat digunakan untuk fotocopy serta scan dokumen.

Cara-mengatasi-kode-error-printer-canon-mp280
Namun yang namanya alat elektronik juga tidak selamanya berfungsi dengan baik karena juga bisa mengalami error. Apabila mengalami masalah / error tentunya sangat menghambat dalam penyelesaian pekerjaan. Banyak pengguna printer canon MP280 ini jika mengalami error mengalami kebuntuan dalam mengatasinya sehingga lebih memilih mengantarnya ke tukang service atau menggantinya dengan yang baru. Tidak perlu susah-susah membawanya ke tukang service karena anda pun dapat memperbaikinya sendiri jika mengetahui kode error yang menjadi penyebab printer menjadi error.

Salah satu keunikan printer canon MP280 jika sedang mengalami masalah / kerusakan maka printer akan menampilkan kode error di layar printer. Kode ini biasanya muncul terus menerus blinking (kedap kedip) berwarna hijau disertai juga dengan lampu alarm yang terus blinking (kedap kedip) dengan warna orange. Nah jika anda mengetahui arti dari kode error tersebut maka anda dapat mengetahui penyebab printer menjadi error. Untuk itu sangat penting bagi anda yang menggunakan printer canon MP280 ini mengetahui daftar kode error printer dan cara mengatasinya.

Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membagikan informasi mengenai daftar kode error printer canon PIXMA MP280.  Dengan mengetahui kode error tersebut maka anda dapat mengetahui penyebab printer bermasalah dan bagaimana cara mengatasinya. Secara keseluruhan, kode error printer terbagi atas 2 alfabet, yakni alfabet E dan alfabet P, namun lebih dirinci lagi dalam alfabet tersebut mengenai masalah penyebab error printer. Untuk lebih jelasnya dapat anda baca di bawah ini :

Kode Error Printer Canon PIXMA MP280 Alfabet E

1. E02

Kode error E02 ini menandakan bahwa printer kehabisan kertas (out of paper). Untuk mengatasinya anda sendiri pun bisa yakni hanya dengan menambahkan kertas yang sudah habis tersebut. Jika kertas sudah terpasang namun kode ini masih muncul, maka berarti masalahnya ada di penempatan posisi kertas yang tidak terkena roller printer sehingga printer tidak dapat melakukan tugasnya. Untuk itu posisikanlah kertas dengan benar hingga menyentuh roller printer.

2. E03

Kode E03 muncul karena ada masalah macet pada kertas. Hal ini biasanya disebabkan posisi kertas yang tidak benar sehingga menyebabkan kertas menjadi macet. Selain itu juga bisa disebabkan karena tempat keluarnya kertas yang terhalang oleh suatu benda. Untuk mengatasinya anda harus membenarkan posisi kertas serta memastikan tempat keluar kertas tidak terhambat.

3. E04 dan atau E05

Kode error canon MP280 ini biasanya muncul tidak lama setelah anda melepas cartridge untuk mengisi tinta. Kode E04 / E05 menunjukkan cartridge tidak terdeteksi oleh printer (the fine cartridge cannot be recognized). Untuk mengatasinya silahkan anda lepas cartridge printer sebentar lalu pasang kembali dengan posisi yang benar.

4. E07

Kode error E07 ini menunjukkan counter pada printer sudah habis. Setiap printer memiliki counter / penghitung sendiri sehingga jika sudah mencapai batas maka printer harus direset dan diinstall ulang . Untuk mengatasinya anda dapat meresetnya ulang. Untuk driver installan printer canon PIXMA MP280 ini dapat anda download pada akhira artikel ini nantinya.

5. E08

Kode error E08 ini biasanya disertai keterangan Ink absorber is almost full yang artinya Ink absorber printernya sudah hampir penuh. Untuk mengatasinya anda cukup menekan tombol hitam (black) atau warna (color) pada printer.

6. E13

Kode error E13 ini menunjukkan adanya masalah pada tinta sehingga tidak terdeteksi oleh printer. Biasanya hal ini terjadi setelah anda mengisi tinta pada cartridge printer atau karena tinta yang sempat kosong di dalam cartridge. Untuk mengatasinya cukup dengan menekan tombol Stop atau Reset selama 5 detik. Jika masih belum terdeteksi maka ulangi lagi cara tersebut sampai bisa.

7. E14

Kode E14 pada canon MP280 ini menunjukkan bahwa cartridge tidak terdeteksi oleh printer. Hal ini biasanya terjadi setelah cartridge dilepas / pengisian tinta yang terlalu banyak dan meluber. Untuk mengatasinya silahkan bersihkan tinta yang meluber tersebut dan pasang kembali cartridge dengan benar. Jika anda sudah melakukan cara tersebut namun kode tersebut masih muncul maka hal tersebut menandakan bahwa sudah saatnya cartridge diganti dengan yang baru.

8. E15

Kode E15 ini juga mengindikasikan masalah pada cartridge yang tidak terdeteksi. Untuk mengatasinya anda harus melepas cartridge lalu memasangnya kembali ke posisi yang benar.

9. E16

Kode error E16 muncul karena tinta yang ada di dalam cartridge sudah habis. Untuk mengatasinya anda dapat mengisi ulang tinta pada cartridge. Jika anda menggunakan tinta infus, maka berarti ada masalah pada aliran infus yang menyebabkan tinta tidak masuk ke dalam cartridge.

10. E30

Kode E30 ini hanya muncul pada saat melakukan scan dokumen. Kode ini mengindikasikan bahwa dokumen yang akan discan terdapat masalah. Untuk mengatasinya maka pastikan posisi dokumen sudah benar dan sesuai dengan kaca scanner.

11. E31

Kode error E31 pada canon MP280 disebabkan karena kabel printer yang terhubung dengan PC mengalami masalah. Untuk mengatasinya maka pastikan kabel printer sudah terhubung dengan benar, jika masih muncul kode tersebut maka anda dapat mengganti kabel USB tersebut dengan yang baru.

12. E50

Kode ini juga hanya muncul saat melakukan scan dokumen. Hampir sama dengan kode E30, kode error ini menunjukkan ada masalah pada scanning sehingga dokumen tidak dapat dikenali / terdeteksi oleh mesin scanner. Untuk mengatasinya anda harus memasukkan dokumen / kertas yang sesuai dan posisikan di mesin scanner dengan benar. Selain itu pastikan juga kaca scanner dalam keadaan bersih, tidak ada kotoran atau benda yang mengganggu lainnya.

Baca Juga : Tips dan Cara Merawat Keyboard Komputer dengan Benar

Kode Error Printer Canon PIXMA MP280 Alfabet P

1. P02

Kode P02 ini mengindikasikan bahwa ada kertas yang macet / sobekan kertas yang tertinggal pada saat melakukan pencetakan. Selain itu kode error ini juga dapat menunjukkan kondisi printer yang kotor. Untuk mengatasinya maka silahkan anda matikan printer untuk sementara lalu buka dan bersihkan printer dari kotoran serta benda-benda yang menghambat. Jika sudah maka anda dapat menghidupkan kembali printer anda.

2. P10

Kode error P10 pada canon MP280 menunjukkan ada masalah pada hardware / komponen dalam printer seperti ada masalah atau kerusakan pada motherboard, head cartridge atau power supply. Untuk mengatasinya matikan printer selama beberapa menit lalu coba hidupkan kembali printer. Jika kode error tersebut masih muncul maka anda harus mengganti komponen printer yang rusak tersebut dengan yang baru untuk memperbaikinya.

Nah itulah tadi daftar kode error printer canon MP280. Sangat banyak sekali penyebab yang membuat printer menjadi bermasalah oleh karena itu anda harus memahami terlebih dahulu kode error printer tersebut baru bisa mengatasinya. Sebagai bonus, bagi anda yang sedang memerlukan / mencari driver atau installan printer canon mp280 maka dapat anda download di bawah ini. Selain MP280 juga ada driver printer seri MP, E, MX dan MG seperti E400, MG2400, MX370, MP230, MP250 dan banyak lagi yang lainnya. Untuk mengunduhnya dapat anda download melalui tombol di bawah ini :

File driver yang fahrinheit sediakan di atas masih dalam bentuk .rar sehingga jika ingin menggunakannya anda harus mengekstraknya terlebih dahulu baru dapat menginstallnya. Demikian artikel kali ini, semoga dengan infromasi di atas dapat membantu anda dalam mengatasi printer canon MP280 yang bermasalah dengan mengenali kode errornya. Tentunya jika anda sudah melakukan berbagai cara di atas namun masih juga menemui jalan buntu maka satu-satunya cara ialah dengan menyerahkan kepada sang ahlinya yakni tukang service printer.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments