Cara Mencadangkan Semua Pesan (Backup & Restore Chat) di WhatsApp

Cara Mencadangkan Semua Pesan (Backup & Restore Chat) di WhatsApp

Cara Cadangan & Restore Chat WhatsApp - Fahrinheit, Ada kalanya terkadang aplikasi whatsapp kita mengalami error dan mengharuskan relog (login ulang) agar bisa masuk ke akun whatsapp kita. Atau mungkin yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah saat mengintstall ulang aplikasi whatsapp karena androidnya yang rusak atau diganti dengan yang baru. Pada saat login ulang ke aplikasi whatsapp tersebut biasanya akun akan kembali polos seperti bayi, tanpa adanya chat, tanpa adanya grup chat karena semua riwayaat chat dan grup yang ada di akun tersebut sudah terhapus.

cara-cadangan-backup-restore-chat-whatsapp
Nah sebenarnya whatsapp sudah menyediakan fitur cadangan chat di aplikasinya. Fitur ini berguna untuk membackup semua riwayat chat dan grup chat yang ada di dalam akun whatsapp anda. Dengan adanya fitur cadangan chat ini anda tidak perlu khawatir semua chat dan grup anda hilang pada saat login ulang ke aplikasi whatsapp karena semua sudah di backup dan akan di restore pada saat login. Agar bisa menggunakan fitur ini anda harus menggunakan whatsapp versi terbaru.

Fitur cadangan chat ini menggunakan google drive untuk penggunaannya. Jadi pastikan anda sudah memiliki email google yang aktif (gmail) untuk menggunakannya. Cara melakukan backup dan restore chat / grup whatsapp pada saat relog sangat mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Masuk ke aplikasi whatsapp anda lalu pilih menu 'Setelan' atau 'Setting' dengan mengklik icon tiga titik putih vertikal yang ada di kanan atas layar
cara-cadangan-backup-restore-chat-whatsapp

2. Selanjutnya akan muncul beberapa menu setelan, pilih opsi setelan 'Chat' lalu pilih menu 'Cadangan Chat'
cara-cadangan-backup-restore-chat-whatsapp

3. Kemudian akan muncul menu cadangan chat, untuk mencadangkan pesan ke google drive anda tinggal mengetuk tombol 'Cadangkan' seperti gambar di bawah. Selain itu anda juga dapat mengatur backup chat dilakukan otomatis dalam jangka waktu berapa lama, akun google drive yang digunakan serta apakah video dalam chat juga di backup dengan mengatur 'Setelan Google Drive' yang ada di bawah.
cara-cadangan-backup-restore-chat-whatsapp

Baca Juga : Cara Ekspor Riwayat Chat WhatsApp dengan Mudah

Itulah tadi cara melakukan backup semua pesan chat yang ada di whatsapp. Dengan melakukan cara ini maka anda tidak perlu khawatir semua pesan chat anda akan terhapus pada saat relog (login ulang) ke aplikasi whatsapp.

Selain itu anda juga tidak akan left semua grup whatsapp karena semua sudah di backup dalam cadangan google drive. Demikian artikel kali ini, jika ada yang ingin anda tanyakan dapat berkomentar pada kolom komentar di bawah atau menghubungi admin melalui kontak. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments