Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras

Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras

Mengatasi Penyebab Kopling Mobil Keras - Fahrinheit, Apabila berkendara menggunakan mobil manual tentunya harus mempunyai konsentari lebih tinggi karena harus menyeimbangkan pedal gas, kopling dan rem secara teratur. Apalagi dalam kondisi macet atau naik jembatan dalam kondisi padat merayap tentunya harus dapat menjaga keseimbangan kopling dengan baik. Namun bagaimana jika kopling mobil terasa keras? Tentunya akan sangat sulit untuk mengaturnya bukan? Bahkan jika salah kita dapat menabrak pengendara yang ada di depan kita.

mengatasi-penyebab-kopling-keras
Setiap jenis mobil memang mempunya tekanan kekerasan / berat kopling yang berbeda-beda. Biasanya yang membedakannya ialah tergantung dari bobot mobil yang digunakan. Misalkan pada mobil-mobil besar koplingnya diatur sedikit lebih keras agar kopling tidak mudah selip jika membawa beban yang berat. Pada mobil-mobil jenis perkotaan koplingnya memang jauh lebih ringan karena beban yang dibawa pun tidak terlalu berat. Namun bagaimana jika mobil ringan tersebut koplingnya terasa keras?

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan kopling mobil menjadi terasa keras. Biasanya hal ini disebabkan karena perawatan mobil yang kurang serta perilaku pengendara yang ugal-ugalan atau tidak seimbang dalam menggunakan kopling. Beberapa penyebab lain yang menyebabkan kopling mobil menjadi keras adalah :
  1. Penggunaan kopling mobil yang tidak stabil, sering ugal-ugalan menginjak dan melepas kopling secara kasar. Hhal ini dapat menyebabkan pelat / piringan kopling kepada roda gila menjadi lebih keras dan dapat menyebabkan kopling menjadi aus.
  2. Matahari (cover clutch) pada kopling sudah terlalu tua sehingga pegas penekan pada kopling menjadi tidak terlalu mantul lagi saat digunakan.
  3. Kampas kopling aus, biasanya hal ini dapat anda rasakan secara perlahan tidak langsung dialami begitu saja. Setiap kali digunakan maka kopling mobil terasa lebih keras tiap harinya.
  4. Release bearing atau pilot bearing mengalami kerusakan maka dapat menyebabkan kopling mobil terasa sangat keras
  5. Kurang pelumas, dalam menggunakan kopling juga harus dilakukan perawatan seperti pelumasan pada komponen-komponen kopling seperti release bearing, cover clutch dan lain-lainnya. Jika tidak diberi pelumas maka dapat membuat kopling menjadi 'mandek' dan terasa sangat keras.

Baca Juga : Penyebab AC mobil menjadi tidak dingin dan cara mengatasinya

Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras

Untuk mengatasinya dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini :
  1. Mengendarai mobil tidak ugal-ugalan dan mengatur kopling dengan benar saat berkendara seperti selalu menggunakan gigi satu untuk awal berkendara agar tidak menambah beban pada kopling, tidak menginjak kopling sepanjang perjalanan agar tidak aus. Selain itu sangat tidak disarankan juga untuk menginjak setengah kopling saat menanjak atau naik jembatan karena dapat menyebabkan kerusakan pada kopling. Untuk mengatasinya dapat anda gunakan rem tangan jika memang tanjakannya sangat macet.
  2. Selalu melakukan perawatan kopling dengan memberikan pelumas pada komponen-komponen kopling hal ini agar tidak terjadi pengaratan pada kopling yang menyebabkannya menjadi terasa keras.
  3. Mengganti kopling jika memang sudah tidak bisa diperbaiki atau kopling sudah sangat aus.

Nah itulah tadi beberapa penyebab kopling mobil menjadi keras dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan mengenal penyebab kopling mobil menjadi keras maka anda tidak perlu harus langsung mengganti kopling dengan set yang baru karena harganya cukup mahal. Namun jika memang kopling sudah sangat rusak dan aus maka penggantian menjadi hal yang sangat disarankan karena selain memberikan kenyamanan juga agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat berkendara. Untuk melakukan penggantian kopling dapat anda lakukan dengan membawanya ke bengkel terdekat atau menggantinya sendiri jika memang bisa. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments