Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Fahrinheit.com - Salah satu hal yang menjadi pilihan berkendara dengan menggunakan mobil adalah adanya fasilitas AC yang disediakan. Adanya kehadiran AC dan atap mobil menjadikan pengendara menjadi tidak merasa kepanasan saat terik matahari siang hari. AC membuat suasana di dalam mobil menjadi lebih sejuk layaknya berada di pepohonan sehingga akan membuat lebih santai dan rileks saat berkendara walaupun dalam keadaan macet sekalipun. Namun apa jadinya AC yang ada di dalam mobil anda rusak dan menjadi tidak dingin lagi? Tentunya hal ini akan menjadi masalah besar karena suasana di dalam mobil akan menjadi sangat panas dan seperti terkurung dalam sauna jika dalam kondisi macet.

penyebab-dan-cara-mengatasi-ac-tidak-dingin
Jika hal ini terjadi pada anda tentunya sangat membuat kesal bukan? Anda bisa memperbaiki AC mobil yang rusak tersebut, namun tergantung dari penyebab kerusakan yang membuat AC menjadi kurang dingin. Ada banyak hal yang menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin lagi, untuk itu sekarang fahrinheit akan berbagi informasi penyebab-penyebab yang menjadikan AC mobil menjadi tidak dingin lagi. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah :

1. Kondensor Kotor

Kondensor adalah alat yang bentuknya menyerupai radiator yang memiliki sirip-sirip pendingin. Kegunaan kondensor ini ialah untuk menyerap panas serta membuangnya ke udara. Apabila kondensor ini dalam kondisi kotor maka tentunya akan menyebabkan sirkulasi udara panas menjadi terhambat sehingga terkurung di dalam kabin mobil dan membuat AC menjadi terasa kurang dingin lagi.

2. Kerusakan Blower AC

Blower adalah komponen dalam AC yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil. Apabila blower AC ini mengalami kerusakan baik itu putarannya yang sudah mulai melemah atau sudah mati maka menjadikan udara dingin tidak dapat dihembuskan secara maksimal sehingga AC menjadi terasa tidak dingin lagi meskipun sudah dinyalakan.

3. Kerusakan Pada Kompresor AC

Kompressor adalah alat yang berfungsi untuk memberikan tekanan untuk freon AC agar dapat bersikulasi dan menghasilkan udara dingin. Jika AC tiba-tiba menjadi tidak dingin maka anda dapat mengecek pada kompressor tersebut apakah ada kerusakan atau tidak. Banyak situasi yang menyebabkan kerusakan pada kompressor seperti magnetic clutch yang rusak, kelebihan oli pelumas, dan lainya. Untuk permasalah ini sebaiknya kamu bawa ke bengkel AC terdekat.

4. Freon Bocor

Freon merupakan komponen dalam AC yang bertugas untuk menyerap panas dalam mobil lalu membuangnya keluar melalui kondensor. Apabila AC anda menjadi kurang dingin maka periksalah pada bagian freon AC apakah ada kebocoran atau tidak baik itu dari jalur menuju kompressor atau menuju komponen-komponen yang lainnya.

5. Belt Penghubung Putus

Belt penghubung putaran mesin dengan kompressor AC yang putus dapat menjadi penyebab AC menjadi tidak dingin lagi. Seperti yang kita ketahui belt berfungsi sebagai pemberi tekanan agar freon di dalam AC dapat melakukan sirkulasi. Jika belt tersebut putus maka tentunya putara mesin akan mengganggu kompressor sehingga AC tidak mendapatkan tekanan lagi.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Keras

Cara Mengatasi

Nah setelah membaca beberapa penyebab AC menjadi tidak dingin di atas sekarang anda sudah dapat menentukan cara mengatasi dan memperbaikinya. Anda harus memeriksa dan memastikan terlebih dahulu apa penyebab yang menjadikan AC tidak dingin lagi. Jika AC mobil menjadi tidak dingin hanya karena overheating maka anda dapat mengatasinya dengan mendinginkan mesin mobil terlebih dahulu hingga suhunya sudah menjadi normal. Namun apabila kerusakan yang terjadi adalah pada komponen-komponen yang terdapat di dalam AC maka anda dapat mengatasi penyebabnya apakah dari kondensor, freon, blower dan lain-lainnya.

Intinya untuk mengatasi AC mobil yang kurang dingin anda harus memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Tidak perlu dibongkar, cukup perhatikan tiap-tiap komponennya secara perlahan apakah berjalan normal atau tidak. Jika memang ada kerusakan baru anda bisa memperbaikinya baik itu dengan dibersihkan atau mengganti komponen AC yang memang sudah rusak. Apabila anda merasa tidak berkompeten untuk memperbaikinya anda dapat membawanya ke tukang service AC mobil saja.

Nah itulah tadi beberapa penyebab AC mobil menjadi tidak dingin dan bagaimana cara memperbaikinya. Dengan mengenal penyebab-penyebab AC menjadi tidak dingin maka anda dapat mengatasinya sendiri jika hal ini terjadi pada anda. Namun jika dirasa memang susah maka anda dapat membawanya ke bengkel atau service AC mobil terdekat. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat,
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments