Cara Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Google Play Store

Cara Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis Google Play Store

Cara Menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis - Fahrinheit, Google memang terpercaya selalu memberikan pelayanan yang maksimal bagi penggunanya. Salah satu platform google yang sangat dipakai di android adalah Google Play Store. Google Play Store merupakan tempat mengunduh aplikasi-aplikasi resmi yang bekerja sama dengan google, baik itu dari games, editing, buku dan banyak lagi lainnya. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di google play store tersedia dari yang gratis hingga yang premium (berbayar).

cara-menonaktifkan-update-aplikasi-otomatis-google-play-store
Dalam penggunaan suatu aplikasi, tentunya aplikasi tersebut kadang mengalami beberapa update untuk menambahkan fitur-fitur baru atau sekedar mengatasi bug yang terdapat di dalam aplikasi.Untuk mengupdate aplikasi, google play store memiliki settingan untuk melakukan update sendiri secara otomatis (automatic update) sehingga aplikasi yang anda gunakan akan terupdate sendiri secara otomatis.

Bagi yang menggunakan wifi tentunya ini bukan masalah yang besar, namun berbeda dengan pengguna google play store yang menggunakan kuota internet dari kartu penyedia jasa telekomunikasi. Aplikasi yang diupdate tentu memiliki ukuran file masing-masing tergantung dari seberapa banyak patch yang dimasukkan ke dalam updatean baru mulai dari yang ringan dari beberapa mb (mega byte) hingga yang paling besar dapat mencapai beberapa gb (giga byte). Tentunya ini merupakan masalah besar bukan karena dapat menguras kuota internet anda.

Baca Juga : Cara Melacak Lokasi HP / Android yang Hilang Menggunakan Gmail

Nah sebenarnya fitur update aplikasi otomatis (automatic update) di google play store tersebut dapat anda non aktifkan. Dengan mematikan update otomatis maka aplikasi tidak akan mengunduh pembaruan / update secara otomatis sebelum menunggu persetujuan pengguna android. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini cara menonaktifkan update aplikasi otomatis google playstore :

1. Masuk ke dalam aplikasi Google Play Store anda lalu tekan tombol menu (tiga garis hitam horizontal) yang berada di kiri atas layar android.
cara-menonaktifkan-update-aplikasi-otomatis-google-play-store

2. Setelah itu akan muncul beberapa menu, pilih menu 'Setelan' atau 'Setting' (dengan icon gear)
cara-menonaktifkan-update-aplikasi-otomatis-google-play-store

3. Masuk ke pengaturan umum dan tekan pada menu 'update aplikasi secara otomatis'
cara-menonaktifkan-update-aplikasi-otomatis-google-play-store

4. Maka akan muncul beberapa menu, pilih opsi 'Jangan update aplikasi secara otomatis'. Jika sudah klik selesai
cara-menonaktifkan-update-aplikasi-otomatis-google-play-store

Nah itulah tadi cara menonaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis di google play store. Dengan menonaktifkan fitur automatic update maka aplikasi tidak akan mengunduh pembaruan / update secara otomatis tanpa persetujuan pengguna.

Atau jika ingin lebih simpel anda dapat mengatur agar aplikasi diupdate secara otomatis dengan wifi saja dengan mencentang opsi 'Melalui Wi-Fi saja' yang ada pada gambar di atas. Apabila anda melakukan hal tersebut maka aplikasi akan diupdate otomatis hanya apabila anda terkoneksi ke wifi sehingga tidak perlu takut kuota anda habis. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments