Cara Mengganti Baterai CMOS Motherboard

Cara Mengganti Baterai CMOS Motherboard

Cara Mengganti Baterai CMOS - Fahrinheit, Apabila anda sudah melakukan setting default BIOS atau melakukan reset secara manual namun komputer masih tidak dapat melakukan booting dan muncul tulisan 'CMOS Fail', maka satu-satunya jalan terakhir ialah mengganti baterai CMOS itu sendiri. Bagaimana cara menggantinya? Nah disini fahrinheit akan membagikan tutorial bagaimana cara mengganti baterai CMOS di motherboard komputer yang baik dan benar. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengganti baterai CMOS ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa fungsi dari baterai CMOS itu sendiri.

cara-mengganti-baterai-cmos-motherboard
CMOS merupakan singkatan dari Complementart metal-oxide-semiconductor, mungkin kurang familiar bukan? Jika dalam sebutan sehari-hari maka kita biasanya menyebut dengan baterai jam tangan. Ya betul, CMOS adalah baterai pipih yang juga sering digunakan pada jam tangan. Lalu bagaimana bisa digunakan pada komputer, untuk apa fungsinya? Baterai CMOS ini ditanamkan pada motherboard komputer dengan fungsi menyimpan informasi dasar komputer seperti jam waktu dan tanggal, program diagnostik, program konfigurasi dan lain-lainnya meskipun komputer dimatikan. Jadi peran baterai CMOS ini memiliki banyak peran dalam komputer itu sendiri.

Namun namanya juga baterai tentunya ada kalanya juga mengalami low sehingga perlu diganti dengan yang baru. Salah satu ciri baterai CMOS sudah habis maka biasanya komputer akan gagal melakukan booting, tidak bisa masuk BIOS dan muncul tulisan CMOS Fail. Biasanya baterai CMOS ini bertahan cukup lama kurang lebih 5 tahun. Namun jika memang sudah tidak dapat dipertahankan lagi maka kita harus menggantinya dengan yang baru. Lalu bagaimana cara menggantinya? Nah disini fahrinheit akan membagikan tutorialnya. Sebelum masuk ke tutorial ada beberapa alat yang anda butuhkan, yaitu :
  1. Obeng
  2. Baterai CMOS baru
  3. Jumper atau kawat kecil (jika ingin melakukan reset secara manual dan langsung)

Apabila alat-alat di atas sudah siap maka anda dapat melakukan penggantian baterai CMOS sekarang. Adapun langkah-langkahnya adalah :
1. Matikan komputer anda dan lepaskan semua kabel yang terhubung dengan CPU hingga tidak ada yang tersisa.

2. Jika semua kabel terhubung sudah dilepas, maka selanjutnya tekan tombol power pada CPU selama kurang lebih 10 detik. Ini bertujuan untuk menghilangkan listrik statis yang masih tersisa di dalam CPU.

3. Selanjutnya buka case CPU anda dengan menggunakan obeng. Lalu cari baterai CMOS yang tertanam di dalam motherboard dan lepaskan. Jika susah untuk melepasnya maka dapat menggunakan bantuan obeng belah. Apabila sudah terlepas ganti baterai CMOS dengan baterai yang baru.

4. Disini anda sudah selesai melakukan penggantian baterai CMOS, namun anda perlu mereset ulang BIOS lagi baik itu dengan setting default masuk ke BIOS atau reset CMOS secara manual menggunakan jumper. Caranya dapat anda baca pada artikel fahrinheit dengan mengklik link tulisan tersebut.

Nah itulah tadi cara mengganti baterai CMOS. Sangat mudah sekali bukan? Tidak perlu repot-repot membawa ke tukang service komputer karena anda pun dapat melakukannya sendiri. Selain itu juga menghemat biaya jasa service penggantian baterai CMOS. Untuk harga baterai CMOS sendiri tergolong murah (hanya kurang lebih Rp. 20.000,-) dan bisa anda dapatkan dengan mudah. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments