Penyebab dan Cara Mengatasi IDM (Internet Download Manager) yang Corrupt

Penyebab dan Cara Mengatasi IDM (Internet Download Manager) yang Corrupt

Cara Mengatasi Penyebab IDM is Corrupt - Fahrinheit, Pada artikel kali ini fahrinheit akan berbagi tips tentang mengatasi IDM yang corrupt. IDM atau singkatan dari Internet Download Manager adalah aplikasi komputer buatan Amerika untuk melakukan unduhan pada file baik itu video atau aplikasi lainnya. Kemudahan dalam menggunakan IDM dan kecepatan download yang tinggi menjadikan aplikasi ini menjadi aplikasi yang biasanya wajib diinstal di setiap komputer. Tapi bagaimana jika IDM yang anda gunakan tiba tiba bermasalah dan muncul pemberitahuan IDM is corrupt? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

cara-mengatasi-penyebab-idm-is-corrupt
Penyebab munculnya notif IDM is corrupt ini banyak namun yang paling sering ialah karena antivirus yang diinstall di dalam komputer kita mendeteksi bahwa IDM yang kita gunakan terinfeksi oleh virus. Selain itu juga bisa disebabkan IDM yang kita gunakan masih versi terbaru yang belum fix sehingga banyak bug yang menyebabkan IDM menjadi corrupt.

Notifikasi IDM is corrupt ini tentunya sangat mengganggu karena jika kita menekan tombol OK maka secara otomatis akan terbuka browser baru dan memunculkan halaman Internet Download Manager. Jika hal ini terjadi pada saat anda sedang menonton video atau mengerjakan sesuatu tentunya sangat mengganggu bukan?

Untuk mengatasinya sebenarnya sangat mudah, oleh karena itu sekarang fahrinheit akan berbagi caranya disini. Memperbaiki notifikasi IDM is Corrupt ada 3 cara, yaitu :

1. Menonaktifkan IDM Sementara

Jika anda ingin mengatasi pemberitahuan IDM is Corrupt maka anda dapat melakukannya dengan menonaktifkan aplikasi IDM sementara (force stop). Jadi sementara anda tidak menggunakan aplikasi IDM maka non aktifkan aplikasi tersebut dan jika ingin menggunakannya kembali anda dapat membuka aplikasi tersebut.

Cara ini terbukti dapat mengatasi pemberitahuan IDM is corrupt yang sangat mengganggu. Adapun cara menonaktifkannya adalah :
cara-mengatasi-penyebab-idm-is-corrupt
  • Masuk ke dalam menu task manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan
  • Setelah itu akan muncul task manager, pilih aplikasi IDM lalu klik end task. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di atas. Dengan melakukan cara ini maka secara otomatis IDM akan dinonaktifkan sementara dan notifikasi IDM corrupt tidak akan muncul

Baca Juga : Cara Masuk dan Setting Default BIOS

2. Menghapus / Menonaktifkan Sementara Anti Virus yang Memblokir IDM

Pemberitahuan IDM is corrupt juga biasanya muncul karena antivirus yang berlawanan dengan IDM. Maka untuk mengatasinya dapat anda lakukan dengan menghapus antivirus yang berlawanan dengan IDM atau dengan menonaktifkan sementara antivirus yang anda gunakan melalui task bar seperti langkah nomor 1 di atas.

3. Menurunkan Versi IDM

Penyebab IDM corrupt yang lainnya ialah karena adanya bug pada IDM versi terbaru sehingga ada beberapa masalah yang menyebabkan IDM menjadi corrupt. Jika anda menggunakan IDM versi terbaru dan muncul masalah ini maka yang dapat anda lakukan salah satunya ialah dengan melakukan downgrade (menurunkan versi IDM). Dengan menurunkan versi IDM maka pemberitahuan IDM is corrupt tidak akan muncul lagi karena IDM versi terdahulu memang sudah fix sehingga tidak terdapat corrupt lagi.

Nah itulah tadi 3 cara mengatasi IDM yang corrupt. Ketiga cara di atas sudah terbukti efektif untuk mengatasi IDM yang corrupt. Demikian artikel kali ini, jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan hubungi admin melalui contact atau kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments