Cara Mengatasi Mawar Terkena Penyakit Bintik Hitam / Bercak Hitam

Cara Mengatasi Mawar Terkena Penyakit Bintik Hitam / Bercak Hitam

Cara Mengatasi Mawar Bintik Hitam - Fahrinheit, Mawar merupakan tanaman yang paling lumrah dan sering ditanam oleh para pencinta bunga. Warnanya yang beragam dan menarik serta aromanya yang sangat harum menjadikan bunga ini sangat disukai oleh banyak orang. Bahkan aroma bunga ini sering dijadikan bahan parfum karena wanginya yang sangat khas dan lembut. Menanam mawar tentunya harus melalui perawatan yang rutin karena jika tidak maka mawar akan menjadi rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering mengintai bunga mawar ialah munculnya bercak-bercak hitam atau bintik-bintik hitam (black spots).

cara-mengatasi-mawar-bintik-hitam
Bintik hitam (black spots) pada bunga mawar ialah penyakit yang disebabkan oleh jamur, biasanya penyakit ini tumbuh subur di lingkungan mawar yang hangat dan basah. Lingkungan yang lembab dan basah menjadikan spora sangat mudah tumbuh dan berkembang. Spora tersebut menyebar dari tanah ke tumbuhan mawar karena percikan air hujan atau siraman air pada tanah sehingga perlahan spora akan naik dan berkembang. Tanda gejala awal mawar terkena penyakit ini biasanya akan muncul bintik-bintik hitam pada daun mawar yang ujungnya terlihat bergerigi / kasar dan dikelilingi oleh lingkaran kuning. Bintik-bintik ini jika tidak diatasi dengan cepat maka akan berkembang menjadi lebih besar hingga menutupi seluruh permukaan daun dan akhirnya daun akan menjadi mati.

Meskipun daun yang terkena bintik hitam sudah mati dan jatuh namun jamur tersebut tidak berakhir hanya sampai disitu saja. Jamur secara perlahan akan naik ke atas dan menginfeksi semua daun lainnya bahkan dapat menginfeksi batang mawar. Walaupun bintik hitam tersebut tidak akan membunuh bunga mawar namun jika sudah menginfeksi seluruh daun mawar tentunya proses tumbuh kembang mawar akan terganggu sehingga akan terkena penyakit-penyakit lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasinya biasanya dapat menggunakan cairan kimia fungisida dan sulfur yang dapat memberantas spora tanaman. Selain dengan cairan kimia tersebut anda juga dapat mengatasinya dengan cara-cara berikut ini :

1. Menyiram Mawar dengan Benar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa spora penyebab bintik hitam pada mawar tumbuh dan berkembang karena percikan air atau hujan dari tanah. Nah untuk mengatasinya maka anda harus menyiram mawar dengan baik dan benar. Penyiraman yang baik ialah menyiram dari akar mawar jangan melalui arah sebaliknya. Selain itu anda juga dapat menyiram dengan menggunakan sistem irigasi tetes yang mana dapat meminimalisir percikan saat mawar disiram.

2. Menyiram Mawar Secukupnya

Lingkungan yang memiliki kelembaban berlebihan sangat disukai oleh jamur sehingga mawar akan rawan terkena penyakit bintik hitam. Untuk mengatasinya maka anda harus memperhatikan proses penyiraman mawar agar tidak berlebihan. Apabila cuaca sedang dingin maka batasi penyiraman pada bunga mawar misalkan seminggu sekali hingga tanaman basah total. Sebaliknya jika cuaca terik dan kering maka siramlah lebih sering namun hanya pada bagian akar tidak sampai pada bagian daun.

3. Membuang Daun / Batang yang Terkena Bintik Hitam

Apabila daun atau batang mawar sudah terkena bintik-bintik hitam maka tidak perlu menunggu waktu lama jamur semakin menyebar. Segera buang daun atau batang tersebut dengan cara memotongnya menggunakan gunting. Untuk pemotongan batang mawar yang terkena bintik hitam ialah 6-8 inci dari bintik hitam tersebut. Buang daun / batang tersebut ke tempat pembuangan / bak sampah dan jangan pernah berpikir untuk menjadikan daun tersebut sebagai olahan pupuk kompos karena justru beresiko dapat menginfeksi tanaman-tanaman yang lainnya.

4. Mengatasi Spora dengan Minyak Mimba

Minyak Mimba merupakan minyak yang berasal dari biji pohon mimba yang berguna untuk melapisi daun supaya mencegah spora berakar dan berkembang. Minyak ini juga bisa membunuh kutu pada daun. Semprotkan minyak mimba pada bunga mawar secara teratur setiap 1-2 minggu selama musim tanam tergantung pada seberapa sering datangnya hujan.

5. Mengatasi Bintik Hitam dengan Bubuk Soda Kue

Anda dapat mengatasi bintik hitam dengan membuat cairan fungisida menggunakan bahan yang sangat mudah didapat, yakni bubuk soda kue. Untuk membuatnya anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh bubuk soda kue dengan 1 sendok teh sabun cair ke dalam 1 liter air hangat. Jika sudah tercampur maka anda dapat menyemprot bunga mawar secara rutin setiap minggu dengan cairan olahan ini. Bubuk soda kue memang sudah terbukti sebagai fungisida alami yang dapat membunuh jamur, sedangkan sabun berfungsi agar cairan tadi dapat menempel pada daun. Selain memberantas bintik hitam, cairan ini juga dapat menghilangkan embun tepung yang sering mengganggu bunga mawar,

Baca Juga : Pengertian dan Macam-Macam Simbiosis di Dunia

6. Menggunakan Campuran Cuka

Jika anda memiliki bunga mawar yang sangat banyak dan mencegah agar tidak terkena penyakit bintik hitam maka dapat menggunakan cara ini, yakni menggunakan campuran cuka. Cara membuatnya ialah mencampurkan 1 sendok makan cuka dengan 1 sendok makan bubuk soda kue dan 1 sendok makan minyak holtikultura ke dalam 1 galon air. Campuran cuka dan soda kue tersebut berfungsi untuk membunuh spora penyebab jamur dan minyak holtikultura berfungsi agar cairan tersebut menempel pada daun mawar. Anda dapat menyemprot mawar secara rutin dengan campuran ini setiap minggu untuk mencegah penyakit bintik hitam.

7. Menggunakan Susu

Selain dengan cuka dan soda kue, anda juga dapat menghilangkan bintik hitam pada mawar dengan menggunakan campuran susu. Susu yang digunakan disini ialah jenis susu sapi bukan susu lain seperti susu kedelai atau susu almond. Cara membuatnya ialah dengan perbandingan susu dan air 1 : 2. Anda dapat menggunakan campuran ini setiap minggu dengan cara menyemprotkannya pada bunga mawar. Susu sapi diketahui mengandung laktoferin yang berperan sebagai fungisida alami untuk memberantas jamur penyebab bintik hitam.

Nah itulah tadi 7 cara mengatasi penyakit bintik hitam (black spots) pada bunga mawar. Sangat mudah sekali bukan? Tentunya jika anda merawat dan memperhatikan bunga mawar tersebut secara teratur maka akan sangat sulit bagi penyakit-penyakit untuk menginfeksi bunga mawar. Mawar yang sehat tentunya akan menampilkan warna yang sangat menarik untuk dipandang serta aroma yang sangat wangi untuk dicium. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments