Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting dan Muncul Tulisan CMOS Fail

Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting dan Muncul Tulisan CMOS Fail

Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang mengatasi komputer yang gagal booting dan tidak bisa masuk sistem operasi. Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan cara melakukan reset BIOS dengan cara masuk BIOS dan melakukan setting default. Dengan cara ini biasanya masalah sudah teratasi dan komputer sudah dapat masuk ke sistem operasi. Namun ada kalanya kegagalan booting lebih parah yakni komputer tiba-tiba mati dengan sendirinya sehingga tidak sempat masuk ke BIOS dan melakukan reset.

cara-mengatasi-gagal-booting-CMOS-fail
Masalah komputer gagal booting ini biasanya disebabkan oleh kegagalan baterai CMOS. Kegagalan baterai CMOS ini biasanya terjadi karena pemadaman listrik tiba-tiba, baterai CMOS sudah habis atau baru saja diganti dan lain-lainnya. Baterai CMOS ini sama seperti baterai pada jam tangan dan terletak pada motherboard komputer. Ciri-ciri yang nampak jika terjadi kegagalan baterai CMOS biasanya adalah munculnya tulisan 'CMOS Fail', 'Hardware not recognize', 'CMOS  Error', 'CMOS Cheksum Bad', 'CMOS Wrong' atau sejenisnya saat komputer dihidupkan. Tidak lama setelah tulisan CMOS Fail tersebut muncul biasanya komputer tiba-tiba mati karena kegagalan booting. Nah jika masalah tersebut terjadi pada komputer anda, tidak perlu panik dan langsung membawanya ke service komputer. Anda tetap dapat melakukan reset BIOS secara manual.

Untuk melakukan reset BIOS secara manual anda harus membongkar CPU anda. Sebelumnya anda harus mempersiapkan benda-benda berikut ini:
  • Obeng
  • Jumper / Kawat Kecil

Jika sudah siap maka anda sudah dapat melakukan reset BIOS secara manual. Adapun langkah-langkahnya adalah berikut ini :

1. Matikan komputer dan cabut semua kabel yang terhubung dengan CPU baik itu dengan listrik maupun komponen lainnya seperti monitor, speaker, keyboard, mouse dan lain sebagainya.

2. Selanjutnya anda tekan tombol power pada CPU selama 8-10 detik (pastikan tidak ada kabel yang terhubung ke CPU lagi). Ini bertujuan menghilangkan listrik statis yang masih tersisa di dalam CPU

3. Jika sudah, bukalah case CPU dengan menggunakan obeng. Cari dan lepas baterai CMOS yang terdapat pada motherboard komputer. Jika sulit untuk melepasnya anda dapat menggunakan bantuan obeng minus
cara-mengatasi-CMOS-fail

4. Selanjutnya cari pin pada motherboard. Ada dua jenis pin yakni komputer yang menggunakan 2 pin dan yang menggunakan 3 pin. Untuk melakukan reset BIOS pada 2 pin anda tinggal menghubungkan pin tersebut dengan jumper dan tunggu selama 5-7 detik. Sedangkan pada komputer yang menggunakan 3 pin cara melakukan resetnya ialah merubah posisi awal jumper dari pin 1-2 menjadi 2-3. Tunggu selama 5-7 detik jika sudah kembalikan jumper ke pin 1-2.
cara-reset-BIOS-CMOS-fail

5. Selanjutnya tanamkan kembali baterai CMOS pada motherboard seperti semula

6. Pasang kembali case CPU dan hubungkan kembali dengan semua kabel perangkat komputer (kabel listrik dihubungkan paling terakhir)

7. Nyalakan kembali komputer anda dan biarkan komputer melakukan booting untuk mereset BIOS dan selanjutnya komputer dapat masuk ke sistem operasi. Disini anda sudah selesai melakukan reset BIOS secara manual.

Note :
  • Jika tidak memiliki jumper pin maka anda dapat mengatasinya dengan menggunakan kawat / obeng kecil. Pada prinsipnya untuk melakukan reset BIOS adalah menghubungkan pin reset tersebut.
  • Pada beberapa motherboard sudah tidak menggunakan pin dan menyediakan tombol reset. Untuk melakukan reset anda hanya perlu menekan tombol reset tersebut setelah baterai CMOS dicabut.
  • Jika anda sudah melakukan cara di atas secara benar namun komputer masih gagal melakukan booting maka satu-satunya cara ialah dengan mengganti baterai CMOS yang baru dan lakukan reset BIOS kembali dengan mengikuti langkah 4-7.

Nah itulah tadi cara mengatasi komputer yang mengalami gagal booting dan muncul tulisan CMOS Fail. Jika langkah di atas sudah diikuti dengan benar maka biasanya komputer dapat melakukan booting dan masuk ke sistem operasi komputer. Namun jika komputer masih mati secara tiba-tiba dan gagal booting maka hal tersebut menandakan baterai CMOS anda sudah rusak dan harus menggantinya dengan yang baru. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments