Cara Membuat Tag Kondisional Tampilan Mobile dan Dekstop di Blogger

Cara Membuat Tag Kondisional Tampilan Mobile dan Dekstop di Blogger

Tag Kondisional Mobile dan Dekstop - Fahrinheit, Hai sobat blogger bagaimana kabar kalian? Sudah lama rasanya fahrinheit tidak berbagi tips seputar blogging. Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi tips blogging tentang setting template blogger, yakni bagaimana cara membuat tag kondisional tampilan mobile dan dekstop. Apa itu tag kondisional? Tag kondisional adalah tag XML yang digunakan untuk mengatur suatu script /widget apakah ingin ditampilkan di suatu halaman spesifik atau tidak. Misalkan seperti yang akan kita bahas kali ini ialah apakah kita ingin menampilkan widget tersebut dengan kondisi hanya tampil di mobile saja atau tampil di dekstop saja.

membuat-tag-kondisional-mobile-dekstop
Sebenarnya masih banyak tag kondisional lainnya yang mungkin dapat kita bahas lagi di lain waktu atau di kolom komentar di bawah. Pada kesempatan kali ini kita hanya spesifik menjelaskan pada tag kondisional tampilan dekstop dan mobile. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan menggunakan tag kondisional ini maka anda dapat mengatur tempilan script / widget tersebut agar terpisah antara mobile ataupun dekstop. Tag kondisional ini tentunya sangat berpengaruh pada kecepatan blog terutama pada versi mobile / seluler jika dirasa pada widget dekstop tidak perlu ditampilkan di mobile karena hanya akan menambah beban loading blog.

Baca Juga : Cara Meringankan Loading Iklan Adsense

Cara ini pun saya terapkan pada beberapa iklan adsense yang saya pasang jika dirasa tidak perlu ditampilkan di dekstop atau mobile, sehingga akan menjadi lebih efektif. Untuk membuat tag kondisional mobile dan dekstop ini kita menggunakan tag 'isMobileRequest' dengan memasukkan beberapa kondisi apakah ditampilkan di dekstop atau hanya di mobile. Untuk lebih jelasnya dapat anda ikuti caranya di bawah ini :

1. Tag Kondisional Hanya Tampil di Mobile

Untuk mengatur agar script atau widget agar hanya tampil pada halaman mobile adalah anda perlu menambahkan tag kondisional berikut :
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;true&quot;'>
<!-- Masukkan Script yang Hanya Tampil di Mobile / Seluler DISINI -->
</b:if>

2. Tag Kondisional Hanya Tampil di Dekstop

Untuk mengatur tampilan script atau widget hanya tampil di dekstop komputer adalah dengan cara menambahkan tag kondisional berikut
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;false&quot;'>
<!-- Masukkan Script yang Hanya Tampil di Dekstop / Komputer DISINI -->
</b:if>

3. Tag Kondisional Tampil di Mobile Selanjutnya Tampil di Dekstop

Tag kondisional yang ketiga ialah tag pengecualian dimana anda ingin menampilkan 2 script dengan pengecualian script pertama hanya tampil di mobile dan script kedua hanya tampil di desktop. Tag kondisionalnya adalah sebagai berikut :
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;True&quot;'>
<!-- Masukkan Script yang Hanya Tampil di Mobile / Seluler DISINI -->
<b:else/>
<!-- Masukkan Script yang Hanya Tampil di Dekstop / Komputer DISINI -->
</b:if>

Nah itulah tadi beberapa tag kondisional untuk mengatur tampilan mobile dan dekstop di blogger. Dengan menerapkan cara ini maka anda dapat memisahkan tampilan widget / script yang anda inginkan apakah hanya tampil di halaman mobile atau hanya tampil di halaman dekstop. Anda pun dapat menerapkannya pada blog anda jika dirasa perlu untuk memercantik tampilan blog ataupun mempercepat loading blog. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments