Cara Membuat Shortcut (Pintasan) Web / Blog di Beranda Android

Cara Membuat Shortcut (Pintasan) Web / Blog di Beranda Android

Cara Membuat Shortcut Web Android - Fahrinheit, Dalam komputer kita sering mengenail istilah shortcut. Shortcut ini secara harfiah adalah pintasan, ya shortcut merupakan tombol cepat untuk membuka suatu aplikasi yang ada di dalam komputer. Nah bukan hanya pada komputer, shortcut ini juga ada pada android. Penasaran bagaimana caranya? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membahas cara membuat tombol shortcut di beranda android. Shortcut yang dimaksud disini bukanlah shortcut aplikasi, melainkan shortcut situs web / blog yang anda kunjungi dengan menggunakan aplikasi browser.

cara-membuat-shortcut-web-blog-di-android
Jika anda sedang browsing menggunakan aplikasi apapun itu dan situs web / blog yang anda tuju merupakan situs yang sering anda kunjungi maka biasanya anda dapat menambahkan situs tersebut ke dalam bookmark sehingga tidak perlu lagi repot-repot menulis link / url untuk membuka situs web tersebut.

Selain melakukan bookmark sebenarnya ada cara yang lebih cepat lagi yakni dengan membuat shortcut (pintasan) situs web / blog tersebut ke beranda android. Dengan cara ini anda tidak perlu bersusah payah lagi membuka aplikasi android karena hanya tinggal mengklik tombol pintasan yang ada di beranda maka situs yang ingin anda tuju secara otomatis akan terbuka.

Anda dapat membuat shortcut web / blog ini ke beranda android dengan menggunakan aplikasi browser yang anda gunakan. Banyak aplikasi browser yang menyediakan fitur shortcut web ini untuk memudahkan penggunanya melakukan bookmark situs yang diinginkan ke beranda android. Mulai dari aplikasi google chrome, mozilla firefox, UC Browser hingga browser bawaan android itu sendiri.

Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi cara membuat shortcut web / blog ke beranda android dengan menggunakan aplikasi browser yang berbeda-beda. Kita akan membahasnya satu persatu mulai dari google chrome hingga browser bawaan android. Langsung saja berikut ini caranya :

1. Menggunakan Google Chrome

Google chrome merupakan aplikasi dari google yang paling banyak digunakan oleh pengguna android dalam melakukan aktifitas browsing. Untuk membuat shortcut web / blog dengan menggunakan aplikasi google chrome sangat mudah, caranya sebagai berikut :

1. Buka aplikasi google chrome anda lalu masuk ke situs website / blog yang ingin anda buat shortcut nantinya. Jika sudah masuk ke web / blog yang dituju, selanjutnya klik menu google chrome yang ada di pojok kanan atas layar android (icon titik tiga putih vertikal), untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di bawah :

2. Selanjutnya akan muncul beberapa menu, pilih opsi 'Tambahkan ke Layar Utama'

3. Tunggu beberapa saat google chrome memproses web / blog yang akan ditambahkan. Jika proses sudah selesai silahkan anda klik tambahkan maka secara otomatis shortcut web / blog akan muncul di beranda android.


Baca Juga : Cara Membuat Warna Tab Browser Sama Dengan Warna Template Blog

2. Menggunakan Mozilla Firefox

Aplikasi mozilla firefox menjadi aplikasi browser yang juga bersaing dengan google chrome dalam penggunannya untuk aktifitas browsing. Untuk membuat shortcut blog dengan menggunakan aplikasi mozilla firefox caranya hampir sama dengan google chrome hanya saja terdapat beberapa perbedaan tampilan. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka situs yang ingin anda buat shortcut dengan menggunakan aplikasi mozilla firefox. Setelah selesai akses, selanjutnya klik icon menu yang ada di kanan atas layar (icon titik tiga vertical).

2. Selanjutnya akan muncul beberapa menu. Pilih opsi 'Laman'.

3. Klik pada menu 'Tambahkan Pintasan Laman' maka secara otomatis shortcut web / blog ditambahkan ke beranda android anda


3. Menggunakan UC Browser

Di Indonesia, aplikasi UC Browser sangat banyak digunakan karena memiliki fitur adblock untuk menghalau iklan-iklan yang mengganggu saat membuka web / blog. Anda juga dapat membuat shortcut ke beranda android dengan menggunakan aplikasi ini, caranya adalah sebagai berikut :

1.  Buka beranda situs web / blog yang ingin anda tambahkan shortcut di beranda android dengan menggunakan aplikasi UC Browser. Jika sudah klik menu UC Browser yang ada di bagian bawah layar (icon 3 garis hitam mendatar), untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di bawah :

2. Akan muncul beberapa menu, klik pada menu 'Tambahkan penanda'. Biasanya menu ini berada di pojok kiri bawah

3. Selanjutnya pilih 'Layar Awal', tunggu beberapa saat maka shortcut sudah ditambahkan ke beranda android anda

4. Menggunakan Browser Bawaan Android

Selain 3 aplikasi browser yang sering digunakan di atas, para pengguna android juga tidak sedikit yang menggunakan browser bawaan android. Sama seperti aplikasi browser di atas, browser bawaan android ini juga bisa membuat shortcut blog yang dikunjungi ke beranda android. Untuk browser bawaan android biasanya caranya kurang lebih dengan menggunakan UC Browser, hanya saja dengan tampilan yang sedikit berbeda. Adapun langkah-langkahnya adalah :

1. Masuk ke situs web / blog yang ingin anda buat shortcut dengan menggunakan browser bawaan android. Jika sudah klik tombol menu yang ada di bawah layar (icon tiga garis hitam horizontal)

2. Selanjutnya klik pada menu 'Tambahkan Bookmark', biasanya menu ini ada di bagian kiri bawah layar sama seperti UC Browser

3. Lalu silahkan anda buat bookmark dengan mengklik pada menu 'Bookmark dekstop'. Selanjutnya klik simpan maka shortcut web / blog sudah ditambahkan ke beranda android.

Nah itulah tadi 4 cara membuat tombol shortcut (pintasan) web / blog dengan aplikasi browser yang berbeda-beda. Pada dasarnya semua aplikasi browser selain keempat aplikasi di atas juga mempunyai fitur untuk membuat shortcut / bookmark ke beranda android hanya saja dengan tampilan yang berbeda. Dengan adanya tombol shortcut ini maka akan mempermudah anda jika ingin membuka suatu web / blog yang sering dikunjungi tanpa harus bersusah payah mengetikkan ulang url / link situsnya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments