Cara Inspeksi URL Webmaster, Fitur Pengganti Fetch as Google Terbaru Dari Webmaster

Cara Inspeksi URL Webmaster, Fitur Pengganti Fetch as Google Terbaru Dari Webmaster

Cara Inspeksi URL Webmaster - Fahrinheit, Google memang selalu melakukan update untuk meningkatkan layanan dan kepuasan bagi penggunanya, tidak terkecuali google webmaster / search console. Google webmaster / search console ialah fitur yang disediakan oleh google kepada para blogger untuk melakukan crawl / index artikel yang sudah dipublishnya sehingga akan cepat terdeteksi oleh mesin pencari google. Terhitung sejak tanggal 28 Maret 2019 google webmaster akan mempunyai versi tampilan baru yang tentunya akan lebih menarik dari yang sebelumnya.

Cara-inspeksi-url-webmaster-terbaru
Namun adanya perubahan pada versi google webmaster yang terbaru ini tentunya harus ada penyesuaian karena tampilan yang jauh berbeda dan beberapa fitur baru. Salah satu fitur baru yang disediakan oleh google webmaster ialah fitur inspeksi URL. Fitur ini berfungsi untuk menginspeksi atau mengecek URL apakah sudah diindeks oleh mesin pencari google atau belum. Fitur ini juga dapat meminta pengindeksan kepada mesin pencari google jika memang belum diindeks oleh mesin pencari.

Bagi yang masih bingung, secara fungsi fitur ini mirip dengan fitur fetch as google di webmaster versi lama yang fungsinya juga untuk melakukan crawl kepada link artikel yang baru dipublish agar cepat terindeks oleh mesin pencari. Sebagai gantinya, karena memiliki fungsi yang sama maka fitur fetch as google ini dihilangkan pada versi webmaster terbaru. Lalu bagaimana cara melakukan crawl artikel dengan menggunakan inspeksi URL ini? Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membagikannya bagaimana cara menggunakan fitur inspeksi URL di google webmaster versi terbau. Langsung saja berikut ini caranya :

1. Copy terlebih dahulu link / URL yang ingin diindeks. Jika sudah selanjutnya masuk ke akun google webmaster / search console anda pilih menu inspeksi URL / URL inspection yang ada di sebelah kiri layar. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di bawah ini :
Cara-inspeksi-url-webmaster-terbaru

2. Selanjutnya akan muncul kolom inspeksi URL. Silahkan masukkan link yang sudah anda copy tadi lalu tekan enter. Tunggu beberapa detik


Baca Juga : Cara Meringankan Loading Iklan Adsense

3. Setelah beberapa detik maka akan muncul hasil inspeksi URL yang sudah anda lakukan tadi. Disitu terlihat bahwa URL yang kita salin tadi belum diindeks oleh google. Untuk mengindeksnya maka anda dapat meminta indeks dengan mengklik tombol request indexing seperti gambar di bawah ini.  Tunggu hingga 1-2 menit maka URL akan disubmit untuk dilakukan index. Selesai, jangan lupa pula untuk meminta index URL mobile dengan menambahkan ?m=1 pada link yang anda salin tadi dan lakukan index seperti cara di atas.
Cara-inspeksi-url-webmaster-terbaru

Nah itulah tadi cara melakukan indeks terbaru webmaster dengan menggunakan fitur inspeksi URL. Lakukan inspeksi URL ini setiap kali anda mempublish artikel baru agar artikel yang anda publish lebih cepat terindeks di google. Salah satu yang menjadi kekurangan inspeksi URL ini ialah crawl yang dilakukan mesin pencari tidak secepat fitur fetch as google yang dulu sehingga mungkin akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama baru link yang kita masukkan tadi baru terbaca. Demikian artikel kali ini, jika ada yang ingin anda tanyakan dapat menanyakannya pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments