Alasan Kenapa Aplikasi Android Selalu Mengalami Update Sistem

Alasan Kenapa Aplikasi Android Selalu Mengalami Update Sistem

Alasan Aplikasi Android Mengalami Update - Fahrinheit, Bagi para pengguna aplikasi android resmi tentunya sering mengalami yang namanya update sistem. Update sistem aplikasi ini adalah pembaruan yang dilakukan oleh para developer aplikasi secara berkala. Update sistem aplikasi android ini sering anda temukan pada google play store jika anda menggunakannya.

alasan-aplikasi-android-update-sistem
Apabila anda membuka google play store tentunya banyak bermunculan daftar aplikasi yang harus dilakukan pembaruan. Walaupun ukuran file update tidak sebanyak saat awal mendownload patch aplikasi, namun jika aplikasi yang digunakan sangat banyak tentunya update yang dilakukan juga sangat banyak bahkan ada yang sampai bergiga-giga update.

Selain itu aplikasi yang tidak diupdate maka akan sering muncul pemberitahuan pembaruan aplikasi saat aplikasi tersebut dibuka. Aplikasi yang tidak dilakukan pembaruan juga akan terlihat ketinggalan zaman. Banyak aplikasi-aplikasi yang selalu melakukan pembaruan secara berkala, sebut saja aplikasi instagram, facebook dan masih banyak aplikasi lainnya yang sering melakukan update.

Tidak sedikit para pengguna android yang mengeluhkan ini karena aplikasi yang mereka gunakan selalu mengalami update. Wajar memang karena untuk melakukan update tentunya menggunakan kuota internet yang tidak sedikit. Jika para pengguna WiFi mungkin tidak masalah namun bagi para pengguna kuota kartu voucher tentunya sangat menguras kuota internet. Hingga kadang karena terlalu banyak pemberitahuan update para pengguna lebih memilih untuk menonaktifkan update aplikasi otomatis agar kuotanya tidak terkuras habis.

Nah sebenarnya apa sih kegunaan dari update sistem aplikasi android ini? Apakah hanya sekedar mendownload pembaruan saja hingga sering dilakukan secara berkala? Tentunya ada alasan yang sangat penting karena tidak mungkin para developer aplikasi melakukan pembaruan tanpa adanya tujuan tertentu. Lalu apa saja alasannya? Berikut ini fahrinheit lampirkan kenapa update sistem aplikasi android harus selalu dilakukan :

1. Memperbaiki Bug Aplikasi Sebelumnya

Tidak ada aplikasi yang sempurna, tentunya ada beberapa celah yang sangat rentan disusupi oleh orang jahat. Sebagai developer yang bertanggung jawab terhadap aplikasi bawaanya tentunya mereka harus menemukan celah (bug) tersebut dan memperbaikinya agar tidak mengganggu pengguna aplikas. Bahkan beberapa developer android pun melakukan sayembara bagi siapa saja yang dapat menemukan celah dari aplikasi mereka untuk membantu menemukan bug dalam aplikasi ciptaannya. Apabila bug tersebut sudah didapatkan maka mereka akan memperbaikinya dan melakukan update terbaru pada aplikasinya.

2. Menambahkan Beberapa Fitur dalam Aplikasi

Selain karena bug, alasan kenapa aplikasi android mengalami update adalah karena ada tambahan beberapa fitur dalam aplikasi. Banyak aplikasi yang sering menambahkan fitur, seperti instagram yang menambahkan fitur story, live, filter-filter dan lainnya. Contoh aplikasi lain ialah seperti gojek yang sudah menyediakan fitur tambahan dan semakin berkembang seperti go food, go send, go med dan masih banyak lagi.

Penambahan fitur ini berimbang dengan kemajuan zaman karena banyaknya aplikasi sejenis yang menjadi kompetitor. Tentunya untuk menjadi aplikasi favorit para developer pun harus menambahkan beberapa fitur dan layanan inovasi agar lebih terdepan. Jika tidak tentunya aplikasi tersebut bakalan kalah dan hilang di pasaran. Tidak sedikit aplikasi yang tenggelam karena kalah bersaing dengan kompetitornya.

3. Menambah Keamanan Aplikasi

Alasan ini mungkin hampir mirip dengan alasan pertama. Jika terdapat bug atau celah pada aplikasi dan disusupi oleh orang jahat tentunya sangat berbahaya bukan? Bisa saja orang jahat tersebut mengambil data para pengguna aplikasi lalu menyebarkannya secara tidak bertanggung jawab. Sebagai developer yang baik tentunya harus menjaga keamanan penggunanya. Oleh karena itu mereka selalu melakukan perbaikan keamanan untuk menjaga privasi para pengguna. Kalau untuk masalah ini tentunya tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan update bukan?

4. Menyesuaikan Regulasi dan Peraturan Pemerintah

Nah selain ketiga alasan di atas ada 1 alasan yang sangat penting terkait dengan penggunaan aplikasi, yakni regulasi / aturan pemerintah. Dalam setiap negara tentunya memiliki aturan / regulasi sendiri sehingga jika ingin memasarkan aplikasinya di negara tersebut maka developer harus mengikuti aturannya.

Tidak sedikit aplikasi yang sering bertentangan dengan regulasi pemerintah dan harus melakukan pembaruan agar bisa mengikuti aturan. Contoh saja yang terbaru dan viral beberapa waktu yang lalu ialah aplikasi telegram dan tik tok yang sempat diboikot oleh pemerintah Indonesia. Namun setelah aplikasi tersebut mengikuti regulasi dan aturan pemerintah maka akhirnya aplikasi tersebut dapat beroperasi kembali.

Nah itulah tadi 4 alasan kenapa aplikasi android selalu mengalami update sistem. Walaupun terkesan membuang-buang kuota untuk melakukan update namun jika memperhatikan faktor keamanan maka tentunya anda harus melakukan pembaruan aplikasi bukan? Sebelum melakukan update anda juga dapat membaca apa saja yang dilakukan pembaruan pada aplikasi tersebut. Apakah terkait penambahan fitur, perbaikan bug atau penambahan keamanan pengguna. Biasanya pemberitahuan informasi update ini muncul seiring dengan pemberitahuan pembaruan aplikasi. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments