5 Persiapan Sebelum Melamar Kerja

5 Persiapan Sebelum Melamar Kerja

Persiapan Sebelum Melamar Kerja - Fahrinheit, Melamar suatu pekerjaan tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi di era sekarang yang katanya melamar pekerjaan cukup sulit, terutama jika anda seorang lulusan baru atau fresh graduate yang masih belum mempunyai pengalaman. Hal ini wajar, karena bagi suatu perusahaan yang paling diutamakan adalah skill atau pegalaman dalam bekerja sehingga pihak perusahaan tidak perlu susah-susah membimbing para pekerja baru nantinya saat bekerja. Jika anda kuliah di kampus yang memiliki ikatan dinas tentunya mencari pekerjaan sangatlah mudah, namun tidak bagi mereka yang kuliah di kampus yang tidak memiliki ikatan dinas.

Persiapan-sebelum-melamar-kerja
Sebenarnya banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, namun terkadang para pelamar melupakan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan sehingga justru melupakan poin-poin penting yang menjadikan penilaian dari pihak perusahaan. Nah seperti yang sudah disinggung tadi ada berbagai macam persiapan sebelum melamar pekerjaan. Apa sajakah itu? Yuk simak liputannya di bawah ini persiapan sebelum melamar kerja :

1. Mengenal Lebih Dalam Perusahaan yang Akan Dilamar

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan adalah mengenal perusahaan atau instansi yang akan dilamar. Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Maka jangan seperti membeli kucing dalam karung, kenali dulu perusahaan atau instansi yang ingin anda lamar. Hal ini tentunya untuk anda pribadi mengetahui bagaimana rating perusahaan tersebut, pekerjaan yang akan dilakukan, dan lain-lainnya agar anda tidak menyesal di kemudian hari jika sudah diterima. Biasanya hal ini juga sering ditanyakan pihak perusahaan saat tes tertulis maupun wawancara. Ini menjadi salah satu penilaian perusahaan seberapa jauh anda mengenal mereka.

2. Mempersiapkan Berkas-Berkas Umum Lamaran Kerja

Nah poin kedua yang harus anda persiapkan tentunya adalah mempersiapkan berkas dokumen umum lamaran kerja. Berka-berkas umum yang dibutuhkan biasanya tidak jauh-jauh dari ijazah, surat lamaran pekerjaan, daftar riwayat hidup (CV), pas foto, sertifikat keterampilan, KTP jika dibutuhkan dan lain-lainnya. Lampirkan semua dokumen tersebut secara lengkap dalam satu map. Berkas ini nantinya akan dilihat oleh pihak perusahaan sebelum memutuskan anda layak dipanggil atau tidak.

3. Perhatikan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan dan CV

Ini merupakan poin penting yang sering dilupakan oleh para pelamar kerja. Pihak perusahaan selalu memperhatikan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup anda. Beberapa HRD bahkan memprioritaskan hal ini karena 2 poin ini menggambarkan keseluruhan kepribadian anda dalam melamar kerja. Tulislah surat lamaran kerja dengan bahasa baku dan sesuai kaidah Bahasa Indonesia, untuk contohnya dapat anda lihat pada artikel Contoh Surat Lamaran Pekerjaan. Untuk daftar riwayat hidup, buatlah secara singkat yang menggambarkan keseluruhan dokumen berkas yang anda lampirkan. Tulislah daftar riwayat hidup yang menarik minat pihak perusahaan untuk mengecek berkas-berkas yang anda lampirkan. Jika anda bingung bagaimana cara menulisnya bisa anda lihat pada artikel Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar.

4. Selalu Mengasah Kemampuan dan Menambah Pengalaman Kerja

Sembari melamar pekerjaan, ada baiknya anda mengasah kemampuan (skill) agar tidak hilang. Anda dapat ikut teman atau kolega anda yang mempunyai pekerjaan sejenis. Selain mengasah kemampuan, hal ini juga akan menambah pengalaman kerja anda sehingga tidak terlalu gugup jika terjun langsung ke dunia nyata nantinya. Bahkan jika beruntung mungkin anda akan mendapatkan surat rekomendasi pengalaman kerja dari pekerjaan sementara anda tersebut sehingga tentunya akan menambah penilaian bagi perusahaan yang ingin anda lamar. Selain itu hal ini juga dapat anda lakukan sedari awal sewaktu kuliah sehingga selain banyak pengalaman tentunya juga banyak kenalan jika ingin melamar kerja nantinya.

5. Mempersiapkan Wawancara Kerja

Seringkali pelamar kerja mempersiapkan berkas lamaran kerja hingga tes tertulis dengan matang namun kebanyakan melupakan wawancara kerja. Wawancara kerja juga biasanya dilakukan untuk mengetahui bagaimana keadaan sosial anda. Hal sosial ini tentunya sangat berpengaruh bagi perusahaan yang mengutamakan pekerjaan dalam bentuk tim. Tidak perlu gugup dalam melakukan wawancara kerja, siapkan mental dan pelajari lebih dalam mengenai perusahaan yang ingin anda lamar serta pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya.

Baca Juga : 12 Alasan PNS Menjadi Pekerjaan Impian Anak Muda Sekarang

Nah itulah tadi 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan. Di balik 5 poin di atas satu hal penting yang harus anda persiapkan adalah jangan menyerah dan terus berusaha. Mungkin pada saat awal-awal nantinya akan begitu sulit dalam mencari pekerjaan, namun jika anda sudah mengenal seluk beluknya maka melamar pekerjaan bukanlah hal yang sulit bagi anda. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa agar diberikan yang terbaik. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments