Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Boros Bahan Bakar

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Boros Bahan Bakar

Mengatasi Penyebab Matic Boros - Fahrinheit, Di era sekarang harga minyak dunia tidak bisa diperkirakan, terkadang harga bahan bakar motor bisa melonjak drastis, terutama bagi bahan bakar non subsidi. Bagi anda yang mengharuskan penggunaan kendaraan bermotor setiap harinya saat beraktifitas tentunya harus menggunakan bahan bakar secara efisien untuk menghemat kantong. Namun apa jadinya jika motor anda boros bahan bakar? Tentunya anda harus kerepotan jika harus mengatur uang untuk penggunaan bahan bakar motor.

Mengatasi-penyebab-motor-matic-boros
Salah satu motor yang sangat digemari saat ini adalah motor matic. Motor matic menjadi idola karena kemudahan dalam mengoperasikannya tidak seperti motor manual. Namun di balik semua kemudahan itu motor matic juga terkenal sangat boros bahan bakar. Mungkin banyak pengguna motor matic yang sering mengalami masalah ini, motor maticnya tiba-tiba menjadi boros bahan bakar tanpa disadari. Salah satu alasan penyebab motor matic menjadi boros adalah banyaknya penggunaan gear pada motor matic dibandingkan gear motor tidak otomatis (manual). Pada gear motor manual dapat diatur dengan menggunakan perseneling sehingga dapat mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan menjadikan pembakaran menjadi lebih efisien, sedangkan pada gear motor matic tidak ada perseneling (otomatis) sehingga menjadikannya sulit mengatur RPM dan bahan bakar menjadi boros.

Di luaran sana mungkin juga banyak produk-produk yang menawarkan alat untuk menghemat bahan bakar yang berbentuk sejenis pil. Memang produk tersebut diakui dapat menghemat pembakaran motor agar lebih efisien namun hal ini juga tergantung penyebabnya. Ada beberapa penyebab motor matic menjadi boros (selain faktor gear) yang tidak dapat diatasi jika bukan mengatasi sumber masalahnya. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa penyebab motor matic menjadi boros bahan bakar :

1. Masalah Filter Udara

Pada motor matic terdapat filter udara yang berfungsi menyaring udara. Apabila bagian filter udara ini kotor maka distribusi udara ke ruang bahan bakar menjadi mampet dan tersendat sehingga dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi berlebihan.

2. Busi Sudah Aus

Busi menjadi salah satu penyebab borosnya bahan bakar pada motor matic. Cara untuk mengatasinya ialah menggantinya dengan busi yang baru.

3. Pembakaran Motor Tidak Sempurna

Penyebab lain dari borosnya bahan bakar pada matic juga dapat disebabkan proses pembakaran yang tidak sempurna karena jarak renggang pada valve atau klep yang tidak sesuai dengan standar pabrikan. Untuk mengatasinya ialah dengan menggunakan bahan bakar oktan tinggi karena pembakarannya lebih sempurna walaupun harganya lebih mahal sedikit tentunya.

4. Motor Lewat Masa Servis

Motor yang baik adalah motor yang selalu diservis dan dirawat dengan baik. Apakah motor anda sudah diservis di bengkel resmi? Salah satu penyebab motor menjadi boros bahan bakar adalah karena motor jarang diservice sehingga beberapa part motor tidak mendapatkan perawatan dan bekerja dengan terpaksa.

5. Motor Dipanaskan Terlalu Lama

Jangan memanaskan motor terlalu lama karena akan membuat bahan bakar menjadi boros. Cukup panaskan motor 3-5menit saja setiap harinya sebelum motor dipakai.

6. Oli Motor Habis

Penyebab matic boros lainnya adalah karena oli mesin yang sudah habis. Hal ini menyebabkan tarikan mesin menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasinya anda harus melakukan perawatan dengan mengganti oli motor secara berkala.

Nah itulah tadi beberapa penyebab motor matic menjadi boros. Lalu bagaimana cara mengatasinya dan membuat motor matic anda menjadi hemat bahan bakar? Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan agar matic anda tidak boros bahan bakar :

1. Jangan Memanaskan Mesin Motor Terlalu Lama

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pemanasan motor yang terlalu lama menyebabkan bahan bakar menjadi terbuang sia-sia. Mungkin banyak pengendara motor yang beranggapan memanaskan motor sedikit lama dapat membuat motor menjadi lebih awet dan dalam kondisi baik namun hal tersebut hanyalah membuang-buang bahan bakar anda. Untuk memanaskan motor cukup diperlukan waktu 3-5 menit saja dan menurut para ahli paling maksimal hingga 10 menit. Tujuan utama dari pemanasan motor ini ialah untuk memberikan waktu pada oli untuk melumasi part-part yang ada di dalam mesin sehingga motor menjadi lebih siap saat dipakai nantinya.

2. Berkendara dengan Putaran Gas yang Stabil

Salah satu penyebab motor menjadi boros bahan bakar ialah gaya pengendara yang terlalu sering melakukan 'stop and go' saat mengendarai motor. Putaran gas yang tidak teratur menyebabkan aliran bahan bakar menjadi turun naik dan menjadi tidak maksimal sehingga otomatis pemakaian bahan bakar juga menjadi berlebihan. Selain itu putaran gas yang tidak stabil juga menyebabkan kampas menjadi cepat aus. Berkendaralah dengan putaran dan irama gas yang stabil sehingga pembakaran motor menjadi lebih irit. Batasan yang bagus untuk putaran gas adalah sekitar 3000-5000RPM atau dengan batasan kecepatan stabil hingga 60 km/jam.

3.  Ganti Oli Motor Secara Berkala dan Sesuai

Gantilah oli motor matic anda sesuai dengan yang diperuntukkan untuk matic. Oli ini akan berguna untuk menjaga performa motor agar selalu dalam keadaan maksimal. Selain itu jika mengganti oli secara berkala maka oli dapat bekerja maksimal dengan melumasi komponen-komponen mesin sehingga pembakaran mesin menjadi lebh hemat.

4. Selalu Periksa Sistem Pengapian

Bagi pengendara motor matic yag masih menggunakan karburator sangat disarankan untuk selalu memeriksa sistem pengapian secara berkala. Dengan melakukan pemeriksaan secara berkala maka anda dapat mengontrol sistem pengapian agar selalu normal dan bekerja efisien.

5. Selalu Membersihkan Filter Udara Secara Berkala

Filter udara yang kotor menyebabkan aliran udara menjadi tersumbat sehingga pemakaian bahan bakar menjadi boros. Selalu bersihkan filter udara motor matic anda secara berkala agar tidak terjadi penyumbatan dan dapat bekerja lebih maksimal. Para ahli menyarankan pembersihan saringan udara dilakukan setiap mencapai 15.000 km. Untuk membersihkan filter udara tergantung pada jenis filter yang digunakan karena setiap jenis filter memiliki cara pembersihan yang berbeda-beda. Agar lebih jelasnya anda dapat melihat pada artikel Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Berdasarkan Jenisnya.

6. Menggunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Memakai bahan bakar dengan oktan tinggi menyebabkan pembakaran menjadi lebih sempurna. Anda bisa membandingkannya sendiri pada saat menggunakan bahan bakar oktan tinggi (pertamax) dengan bahan bakar oktan rendah (bensin) yang mana yang lebih irit. Tentunya jika motor dalam keadaan normal maka bahan bakar oktan tinggi menjadi lebih irit karena pembakarannya yang lebih bagus. Selain itu performance motor yang dihasilkan juga menjadi lebih bagus karena bahan bakar oktan tinggi dapat membersihkan karbon sisa pembakaran motor.

Nah itulah tadi penyebab dan cara mengatasi motor matic yang boros bahan bakar. Selalu rawat dan jaga motor anda dengan baik. Bawalah ke bengkel resmi secara berkala untuk mendapatkan asupan perawatan yang bagus. Perawatan motor yang bagus tentunya akan menghasilkan motor yang lebih awet dan tahan lama. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments