Macam Macam Cara dan Alat Pembuat Kopi Manual

Macam Macam Cara dan Alat Pembuat Kopi Manual

Macam Pembuat Kopi Manual - Fahrinheit, Kopi merupakan minuman universal di semua kalangan. Minuman ini sangat mudah ditemukan di semua tempat mulai dari rumah, sekolah hingga kantor biasanya menyediakan minuman ini. Bahkan setiap daerah biasanya memiliki macam / jenis kopinya sendiri. Minuman ini memang terkenal dapat menyatukan tali silaturahmi karena biasa diminum saat berkumpul bersama teman ataupun sahabat. Selain itu aromanya yang khas juga dapat menimbulkan rasa menenangkan sehingga sangat cocok saat diminum saat santai.

Semakin berkembangnya zaman sekarang sudah banyak alat-alat pembuat kopi dari alat pembuat kopi manual hingga mesin pembuat kopi yang biasanya terdapat di kantoran. Mesin pembuat kopi memang sangat praktis karena tanpa perlu susah-susah dalam menyeduh kopi. Namun bagi sebagian orang masih menyukai membuat kopi dengan manual karena rasa dan aroma yang dihasilkan akan berbeda.

Nah sebenarnya dalam membuat kopi manual (manual brew) sendiri sangatlah banyak cara dan alat yang digunakan. Semua cara dan alat tersebut tentunya akan menghasilkan bermacam-macam cita rasa kopi yang berbeda-beda. Nah apa sajakah alat pembuat kopi manual? Berikut macam-macam cara dan alat pembuat kopi manual yang dapat anda lakukan sendiri :

1. Kopi Tubruk

Cara ini merupakan manual brew yang sangat umum dilakukan dalam membuat kopi. Banyak orang yang mengira kopi tubruk adalah salah satu jenis kopi, namun yang sebenarnya adalah kopi tubruk menggambarkan cara pembuatan kopi secara manual yang sangat sederhana. Kenapa sangat sederhana? Karena pembuatannya hanya tinggal menyeduh kopi yang ingin diminum dengan air panas tanpa menggunakan alat-alat spesifik.

Kopi tubruk merupakan istilah yang menggambarkan ampas atau bubuk kopi tebal yang mengendap di dasar gelas. Karena ampasnya yang mengendap inilah membuat cita rasa kopi akan berubah jika diseduh dalam jangka waktu lama. Membuat kopi ini memang sangat sering dipakai pada saat santai di warung-warung kopi sederhana yang dibalut dengan obrolan hangat tentunya.

Baca Juga : Jenis Jenis Kopi Berdasarkan Cara Penyajiannya

2. French Press

Seperti namanya alat pembuat kopi manual yang satu ini diciptakan di negara Prancis. French press merupakan alat pembuat kopi yang berbentuk pot silinder dengan alat pompa mini panjang di dalamnya yang berfungsu menekan air panas hingga menembus bubuk kopi. Alat penekan ini nantinya akan menyaring bubuk kopi sehingga tidak akan menyebabkan ampas kopi banyak tertinggal.

Membuat kopi dengan french press sudah sangat terkenal dan biasa terdapat di cafe-cafe yang menyediakan minuman khusus kopi. Pembuatannya yang sangat mudah dan hasil seduhan yang hampir mirip seperti kopi tubruk tapi dengan sedikit ampas yang dihasilkan menjadikan kopi ini sangat digemari. Aroma yang dihasilkan juga sangat kuat tanpa mengubah cita rasa dari kopinya.

3. Vietnam Drip

Seperti namanya alat pembuat kopi manual ini berasal dari negara Vietnam. Sejarah penemuan alat dripper ini sedikit miris karena merupakan alternatif yang ditemukan oleh warga Vietnam yang sedang dalam keadaan kekurangan ekonomi karena perang yang berkepanjangan. Mereka pun mencari alternatif cara menikmati kopi tanpa gula karena gula memang susah dicari waktu itu sehingga digantikanlah oleh susu. Susu yang menyamarkan rasa pahitnya kopi inilah yang menjadikan olahan vietnam drip sangat disukai oleh sebagian orang yang tidak menyukai rasa pahit.

Kopi yang dibuat dengan menggunakan dripper vietnam ini juga sangat cocok dipadukan dengan es. Cara pembuatannya sangat sederhana yakni dengan menggunakan alat metal dripper untuk menghasilkan sari-sari biji kopi melalui tetesan dari saringan dripper.

Pembuatan kopi dengan vietnam drip juga sering disebut dengan 'kopi kesabaran' karena harus menunggu tiap tetesan-tetesan dari filter tersebut hingga selesai. Oleh karena membutuhkan waktu yang cukup lama menunggu tetesan-tetesan kopi tersebut maka menjadikan kopi ini sangat cocok ditunggu sambil mengobrol santai dengan teman.

4. Moka Pot

Moka pot merupakan alat pembuat kopi manual dari Itali yang diciptakan oleh Alfonso Bialetti pada tahun 1933. Moka pot adalah alat pembuat kopi dengan bentuk seperti pot / teko untuk memasak air. Cara pembuatannya biasanya dengan menggunakan kompor kecil / api kecil, sehingga tidak jarang alat ini menjadi pilihan yang sering dibawa para pendaki dan pecinta alam saat di alam lepas.

Cara kerja mokapot adalah mengalirkan air yang dipanaskan dengan api kecil tadi sehingga uapnya melewati bubuk kopi yang ada di atasnya. Kopi yang dihasilkan juga adalah kopi yang berwarna pekat dan cita rasanya pun seperti coklat.

Warga Itali sering menggunakan biji kopi dark roast untuk membuat kopi dengan moka pot. Semakin halus bubuk kopi yang digunakan maka akan semakin pekat kopi yang dihasilkan, namun untuk pembuatannya jangan terlalu lama karena justru dapat mengubah cita rasa kopi dan menimbulkan efek seperti terbakar saat diminum.

5. Pour Over

Hampir mirip dengan vietnam drip, cara penyajian kopi dengan metode pour over juga menggunakan prinsip tetesan-tetesan kecil dari kopi untuk menghasilkan cita rasa kopi yang optimal, namun dari segi penyajian dan filter yang digunakan berbeda. Filter yang digunakan untuk dripper disini adalah kertas filter khusus.

Cara penyajiannya cukup mudah yakni dengan mengalirkan air panas melalui kertas filter yang sudah ada bubuk kopi di dalamnya melalui alur-alur tertentu. Proses ekstraksi kopi terjadi saat air panas melewati waktu lebih lama melewati kertas penyaring yang ada bubuk kopi di dalamnya sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa kopi yang fruitty.

Namun ekstraksi dengan pour over tidak selama vietnam drip oleh karena itu sangat disarankan menggunakan air dengan mineral yang tinggi agar kandungan kopi lebih kuat. Ada 3 macam manual brew kopi dengan metode pour over ini yakni dengan v60, chemex dan kalita wave.

6. Siphon

Siphon atau biasa juga disebut dengan vacuum coffee pot merupakan salah satu manual brew kopi yang cukup tua karena ditemukan sejak tahun 1830an. Alat pembuat kopi manual ini memiliki desain yang futuristic dan tidak banyak mengalami perubahan sejak dulu.

Cara pembuatannya hampir mirip dengan moka pot yakni menggunakan metode vacuum dan uap yang dihasilkan dari pemasakan air melalui tabung siphon. Pembuatannya harus dilakukan secara hati-hati dan membutuhkan waktu lama karena kompor yang digunakan tidak boleh terlalu panas karena beresiko dapat memecahkan bola tabung. Cara penyajiannya yang unik menjadikan siphon menjadi salah satu budaya penyajian kopi modern saat ini.

7. Rok Presso

Jika anda sering menggunakan mesin pembuat kopi espresso maka rok presso adalah alat yang juga membuat kopi sejenis hanya saja dengan cara manual. Espresso memang sudah tidak asing lagi karena sangat banyak digemari banyak orang. Espresso sering menjadi bahan baku utama saat membuat minuman kopi lainnya seperti cappucino, latte, moccachino dan masih banyak lainnya.

Alat yang digunakan ialah tabung yang terdapat alat penekan di dalamnya. Karena menggunakan metode press (tekanan) maka menyajikan kopi dengan rok presso hampir mirip dengan french press, hanya saja aroma yang dihasilkan lebih mantap dan cita rasa yang nikmat karena tidak terlalu banyak ampas yang dihasilkan.

Nah itulah tadi macam-macam alat pembuat kopi manual. Berbagai cara di atas tersebut tentunya disesuaikan dengan selera masing-masing karena cara pembuatan yang berbeda akan menghasilkan aroma dan cita rasa yang berbeda-beda pula. Manual brew atau alat pembuat kopi manual tersebut juga dapat anda gunakan untuk rumahan sehingga membuat kopi di rumah yang tidak kalah dengan cafe-cafe ternama. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments