Cara Memunculkan Menu Formula Bar yang Hilang di Microsoft Excel

Cara Memunculkan Menu Formula Bar yang Hilang di Microsoft Excel

Dalam bekerja kita seringkali kita menggunakan microsoft excel untuk mempermudah suatu pekerjaan. Microsoft excel merupakan tools yang sangat efektif dalam melakukan pekerjaan sekolah ataupun kantor karena mempunyai formula atau rumus-rumus yang dapat menghitung secara otomatis. Menu formula yang ada pada excel inilah yang membuat pekerjaan sangat efisien tanpa menggunakan alat hitung seperti kalkulator. Namun rumus-rumus tersebut tentunya harus dimasukkan secara manual terlebih dahulu pada formula bar sebelum difungsikan agar dapat bekerja nantinya.

Cara-memunculkan-menu-formula-bar-hilang
Seperti yang disinggung di atas untuk mengisi rumus excel harus melalui formula bar excel. Apa itu formula bar? Formula bar adalah menu yang berbentuk kotak persegi panjang yang berfungsi untuk menampilkan serta mengedit tulisan maupun rumus yang ada di sel aktif. Formula bar ini berada di bagian atas excel tepat di atas menu Headings. Seperti namanya formula, maka menu ini dapat memasukkan maupun mengedit rumus secara langsung pada sel yang kita pilih. Dengan adanya menu ini maka pekerjaan kita akan menjadi sangat terbantu dan lebih efisien.

Namun bagaimana jika menu formula bar tiba-tiba hilang dan tidak tampil pada layar excel. Hal ini pribadi pernah saya alami saat sedang melakukan pekerjaan secara tidak sengaja entah mengklik tombol apa tiba-tiba menu formula bar menjadi tidak tampil/hilang. Tentunya ini sangat mengganggu pekerjaan di excel karena kita tidak dapat mengedit tulisan atau rumus yang ada di sel jika tidak ada formula bar. Tidak perlu panik karena cara memunculkan menu formula bar ini kembali sangatlah mudah. Untuk itu pada kesempatan kali fahrinheit akan berbagi cara mengatasi menu formula bar yang tiba-tiba hilang. Ada 2 cara untuk mengatasinya, untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Tab Menu View

Untuk memunculkan menu formula bar yang hilang dengan mudah adalah menggunakan tab menu view. Caranya silahkan anda klik menu view yang ada di atas selanjutnya centang pada kotak formula bar. Untuk lebih jelas, langkah-langkahnya dapat anda lihat pada gambar di bawah. Cara ini sangat efektif untuk memunculkan menu formula bar yang hilang secara tidak sengaja.


2. Menggunakan Excel Options

Cara kedua untuk mengatasi menu formula bar tiba-tiba hilang adalah dengan menggunakan menu excel options. Untuk caranya juga sangat mudah silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik menu 'File' dan pilih opsi 'Options'

2. Setelah diklik maka akan muncul tampilan menu excel options. Silahkan kalian pilih menu 'Advanced' selanjutnya scrool ke bawah pada bagian 'Display' dan centang pada kotak 'Show formula bar'. Selanjutnya klik Ok untuk menyimpan.
cara-memunculkan-menu-formula-bar-yang-hilang

Nah itulah tadi 2 cara memunculkan memunculkan menu formula bar yang hilang secara tiba-tiba. Seringkali memang pada saat sedang bekerja mungkin secara tidak sengaja kita sudah menghilangkan menu formula bar. Namun tidak perlu panik karena itu bisa diatasi dengan 2 cara di atas tadi. Dengan 2 cara itu anda tidak perlu bingung lagi jika pada waktu lain menu formula bar hilang secara tidak sengaja. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments