Cara Membersihkan Saringan Udara Motor yang Kotor Berdasarkan Jenisnya

Cara Membersihkan Saringan Udara Motor yang Kotor Berdasarkan Jenisnya

Saringan udara motor atau biasa juga disebut filter udara adalah bagian motor yang harus selalu dibersihkan dan dirawat dengan baik. Saringan udara merupakan salah satu komponen motor yang sangat berperan dalam performance motor. Seperti namanya, saringan udara ini berfungsi menyaring udara yang masuk dari luar agar pembakaran mesin berjalan dengan optimal. Apabila saringan udara lama tidak dibersihkan maka akan menjadi kotor dan tentunya udara akan menjadi tersumbat sehingga akan mengganggu performance motor. Oleh karena itu perawatan saringan udara ini harus dilakukan rutin secara berkala.

cara-membersihkan-saringan-udara-motor-berdasarkan-jenisnya
Untuk membersihkan saringan udara motor yang kotor dapat anda lakukan sendiri karena letaknya yang sangat mudah dijangkau. Namun untuk membersihkannya tidaklah sembarangan karena saringan udara motor ada beberapa jenis dan membersihkannya pun tergantung jenis-jenisnya. Nah sebelum anda mengetahui cara membersihkan saringan udara motor yang kotor, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis saringan udara motor terlebih dahulu. Apa sajakah itu?

1. Saringan Udara Motor Konvensional

Jenis saringan udara motor yang pertama ini merupakan penyaring terbuat dari bahan busa atau spon. Saringan udara motor jenis konvensional ini biasanya terdapat pada motor yang diproduksi sebelum tahun 2005.

2. Saringan Udara Motor Kering

Selanjutnya adalah saringan udara motor kering atau biasa dikenal dengan filter dry element. Saringan udara motor kering terbuat dari material kertas yang lebih tebal dan tidak mudah rusak sehingga cara membersihkannya pun lebih mudah dibandingkan dengan saringan udara jenis konvensional. Biasanya saringan udara ini sering terdapat pada motor-motor yang menggunakan karburator.

3. Saringan Udara Motor Basah

Jenis saringan udara terakhir adalah saringan udara motor basah atau biasa disebut filter wet element. Bahan pembuatnya hampir mirip dengan saringan udara kering, yang membedakannya adalah pada saringan udara ini terdapat pelumas khusus yang berfungsi untuk menangkap kotoran atau debu sehingga dapat melindungi ruang bakar mesin lebih optimal. Untuk perawatannya tidak bisa sembarangan karena jika dicuci dengan sikat, air ataupun pompa angin tekanan tinggi justru dapat menghilangkan pelumas yang terdapat pada saringan udara. Jenis saringan udara ini dapat mengoptimalkan performa mesin karena desain rongganya yang lebih besar sehingga sirkulasi udara berlangsung lebih lancar. Biasanya saringan udara jenis ini banyak dijumpai pada motor-motor jenis matic maupun injeksi.

Nah itulah tadi sekilas jenis-jenis saringan udara. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Tiap-tiap saringan udara tentunya memiliki perawatan yang berbeda berdasarkan jenisnya. Berikut cara membersihkan masing-masing saringan udara :

1. Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Konvensional

Untuk melihat saringan udara sudah apakah masih bisa digunakan atau tidak ialah dengan melihat pada permukaan busa atau spon apakah sudah mulai rusak atau tidak rata dan banyak berlubang. Jika kondisinya sudah sangat kotor dan tidak bisa dibersihkan maka harus diganti dengan yang baru. Namun jika masih dapat dibersihkan maka anda bisa membersihkannya dengan cara menggunakan pompa air bertekanan tinggi (kompressor). Bahkan jenis saringan udara ini bisa dicuci dengan menggunakan bensin atau direndam dalam air sabun lalu dikucek-kucek secara perlahan sampai bersih.

Apabila sudah selesai membersihkannya maka anda dapat mengeringkannya dengan cara diperas namun tidak dipelintir karena bahan sponya yang sangat mudah rusak. Agar saringan udara bekerja maksimal anda dapat melumasinya dengan sedikit oli secara merata. Oli ini berfungsi agar debu dan kotoran tidak ikut masuk pada saat udara disaring. Sangat disarankan untuk membersihkan saringan udara konvensional secara berkala setiap bulannya. Para ahli menyarankan untuk mengganti saringan udara konvensional apabila sudah mencapai jarak tempuh 16.000 km.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Cepat Boros

2. Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Kering (Filter Dry Element)

Cara membersihkan jenis saringan udara motor kering ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan kompresor angin bertekanan tinggi dan diarahkan di sela-sela filter. Untuk menyemprotnya lakukan dari arah berlawanan dengan udara masuk. Saringan udara ini tidak boleh dicuci dengan air sabun atau direndam dalam bensin karena dapat membuatnya menjadi rusak. Untuk pemakaiannya para ahli menyarankan menggantinya setiap jarak tempuh 8000-9000 km.

Perawatan saringan udara motor kering memang sangat mudah dibandingkan saringan udara lainnya karena bahannya yang lebih tebal sehingga tidak cepat mudah rusak. Namun jika anda melihat pada saringan udara nampak bolong, sirip saringan kertas sudah bengkok maka anda harus menggantinya dengan saringan udara yang baru karena sudah tidak bagus untuk digunakan

3. Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Basah (Filter Wet Element)

Saringan udara motor tipe basah ini memiliki cara khusus untuk membersihkannya karena jika salah justru akan merusak pelumas yang ada didalamnya. Anda tidak boleh membersihkannya dengan menggunakan kompresor ataupun dicuci / disikat. Untuk membersihkannya anda hanya perlu memukul-mukulnya sedikit atau dilap dengan kain secara perlahan. Namun jika debu dan kotoran memang sudah sangat tebal maka lebih baik disarankan untuk mennganti saringan udaranya saja.

Itulah tadi jenis-jenis saringan udara motor dan bagaimana cara membersihkannya. Dengan mengetahui jenis saringan udara motor anda maka anda dapat membersihkannya dengan benar karena setiap jenis memiliki perawatan yang berbeda. Apabila tidak dilakukan perawatan maka tentunya akan berakibat fatal bagi motor seperti bahan bakar motor cepat boros, performa motor tidak optimal, dan lain-lainnya. Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu mengecek dan merawat motor anda. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments