Cara Masuk dan Setting Default BIOS

Cara Masuk dan Setting Default BIOS

Cara Setting Default BIOS - Fahrinheit, Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membahas mengenai cara masuk ke BIOS dan melakukan setting default. Melakukan setting default BIOS ialah cara untuk mengatasi komputer yang gagal melakukan booting. Biasanya komputer hanya berputar-putar dan tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi. Para pengguna komputer biasanya sering mengalami hal ini, bagi para pemula mungkin akan langsung panik dan berpikir komputernya sudah rusak dan ingin membawanya ke service komputer. Tidak perlu panik karena anda dapat mengatasinya sendiri tanpa harus membawanya ke service komputer.

cara-masuk-dan-setting-default-bios
Sebelum kita membahasnya lebih dalam ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu BIOS. BIOS (Basic Input Output System) ialah sebuah software yang ditanamkan pada ROM / baterai CMOS dan berfungsi untuk mengatur perangkat keras (hardware) dari sebuah komputer. Sistem BIOS ini sendiri terdapat pada motherboard komputer. Jika komputer mengalami kegagalan booting maka biasanya akan muncul tulisan seperti 'CMOS Fail', 'Hardware not recognize', 'CMOS  Error', 'CMOS Cheksum Bad', 'CMOS Wrong' dan lain sebagainya. Kegagalan booting ini menyebabkan komputer tidak dapat masuk ke sistem operasi dan jika dibiarkan lama-lama maka akan membuat rusak komponen komputer lainnya yang ada di motherboard.

Penyebab gagalnya booting ini disebabkan karena banyak hal seperti pemadaman listrik secara tiba-tiba, baterai CMOS yang sudah habis dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya anda sangat mudah tidak perlu membongkar komputer, anda hanya tinggal masuk ke sistem BIOS dan melakukan setting default agar sistem BIOS kembali berjalan normal. Adapun langkah-langkahnya adalah :
1. Nyalakan komputer anda

2. Pada saat booting masuk ke dalam BIOS dengan cara mengklik tombol DEL (delete) atau F2 secara berulang-ulang

3. Kemudian masuk ke menu 'Exit' lalu pilih menu 'Load Setup Default'. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat seperti gambar di bawah :
cara-masuk-dan-setting-default-bios

4. Selanjutnya klik enter / 'exit saving changes' maka akan muncul halaman konfirmasi lalu tekan 'Yes'
cara-masuk-dan-setting-default-bios


Note :
  • Pada beberapa perangkat mungkin memiliki cara masuk BIOS yang berbeda-beda. Jjika tombol DEL atau F2 tidak bisa maka anda dapat mencoba tombol F8, F10, Esc atau tombol Tab.
  • Beberapa tampilan dan letak setting mungkin akan berbeda dari gambar di atas. Namun pastikan anda memilih menu yang bertuliskan 'setup default' maka BIOS akan kembali ke pengaturan semula secara otomatis setelah komputer direstart.

Nah itulah tadi cara masuk BIOS dan melakukan setting default. Setelah komputer mengalami restart nantinya maka komputer tidak akan mengalami kegagalan booting dan bisa masuk ke sistem operasi lagi. Namun jika anda sudah melakukan cara di atas namun komputer masih tidak bisa masuk ke sistem operasi maka anda harus melakukan reset CMOS secara manual dengan cara membongkar komputer anda. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments