7 Macam Minuman Pantangan Ibu Hamil

7 Macam Minuman Pantangan Ibu Hamil

Minuman Pantangan Ibu Hamil - Fahrinheit, Kehamilan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan bagi pasangan baru menikah. Pada saat hamil tentunya kondisi si ibu akan berubah baik itu dari segi fisik maupun metabolisme. Oleh karena itu bagi ibu hamil sangat diperhatikan dan dijaga ketat asupan yang dikonsumsi oleh tubuh. Tidak bisa sembarangan karena konsumsi ibu hamil sangat beresiko bagi dirinya pribadi maupun kandungannya. Ibu hamil tentunya harus memberikan nutrisi yang baik demi kesehatan kandungannya agar bayinya nanti tumbuh sehat dan cerdas.

Bukan hanya makanan, pada beberapa minuman pun ada beberapa yang menjadi pantangan oleh ibu hamil. Ada beberapa minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil karena terlalu beresiko untuk kandungannya. Beberapa minuman ini harus dibatasi konsumsinya bahkan kalau bisa dihentikan sejak masa awal kehamilan. Minuman apa sajakah itu? Berikut ini 7 macam minuman yang menjadi pantangan oleh ibu hamil :

1. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil terutama pada saat trimester awal kehamilan. Hal ini dikarenakan efek kafein yang terdapat di dalam kopi dapat mengganggu sistem syaraf, pencernaan serta metabolisme bagi ibu hamil, bahkan yang lebih fatal dapat menyebabkan keguguran. Jika masih tetap ingin meminum kopi maka minumlah kopi yang memiliki kandungan rendah kafein namun tentunya masih dalam batas hal yang wajar (tidak berlebihan).

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau soft drink merupakan salah satu minuman yang harus dibatasi oleh ibu hamil. Pada minuman bersoda biasanya mengandung banyak pemanis buatan, pengawet, bahan pewarna, kafein, dan sebagainya yang dapat meningkatkan resiko buruk untuk kesehatan kandungan ibu hamil.

3. Alkohol

Orang sehat saja perlu dibatasi dalam konsumsi alkohol, apalagi ibu hamil. Minuman beralkohol menjadi salah satu pantangan terbesar oleh ibu hamil karena minuman ini diketahui bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin, seperti kelahiran prematur, kerusakan otak, bahkan catat janin. Bukan hanya pada saat mengandung, tapi pantangan minuman beralkohol ini juga harus dilakukan sampai masa menyusui si bayi.

4. Minuman Manis

Minuman yang terlalu banyak mengandung gula sebaiknya jangan diberikan terlalu banyak kepada ibu hamil. Hal ini dikarenakan minuman manis memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan tidak baik bagi perkembangan janin. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis juga sangat beresiko terkena diabetes gravidarum yakni diabetes pada masa kehamilan serta resiko bayi besar pada janin.

5. Susu Mentah

Susu mentah ialah susu fresh yang langsung tanpa pengolahan sebelumnya. Jenis minuman ini sangat tidak disarankan oleh ibu hamil karena susu mentah masih mengandung banyak bakteri di dalamnya. Jika ingin minum susu maka minumlah susu yang sudah diproses pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pengolahan susu dengan pemanasan susu dengan suhu antara 70-75 derajat celcius. Proses pasteurisasi ini berguna untuk membunuh bankteri-bakteri yang terkandung di dalam susu segar tersebut.

Baca Juga : 5 Buah yang Dapat Atasi Perut Kembung dan Buncit

6. Teh

Teh juga merupakan minuman yang harus dikurangi oleh ibu hamil. Sama seperti kopi, teh juga mengandung zat sejenis kafein walaupun tidak setinggi kopi namun juga dapat menyebabkan resiko pada kandungan. Selain itu teh juga disinyalir dapat menyebabkan gangguan sulit tidur untuk ibu hamil. Oleh karena itu bagi anda yang gemar meminum teh batasilah konsumsinya mulai dari sekarang demi kesehatan kandungan anda.

7. Minuman Berenergi

Minuman berenergi merupakan minuman yang dibuat dan dipercaya bisa menguatkan tenaga dan stamina. Minuman ini sering diminum oleh para pekerja berat. Namun tidak bagi ibu hamil, minuman ini sangat tidak disarankan karena  mengandung banyak bahan pengawet dan bahan kimia lainnya, yang tentu saja sangat beresiko untuk perkembangan janin Anda.

Nah itulah tadi 7 macam minuman yang menjadi pantangan ibu hamil. Jika anda merupakan salah satu penggemar minuman di atas maka kurangilah mulai dari sekarang. Apabila masih tetap ingin meminumnya maka batasilah. Anda dapat menggantinya dengan meminum air putih ataupun minuman yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Semua ini tentunya untuk kesehatan anda selama hamil dan tentunya bagi perkembangan kandungan anda. Lebih baik mencegah sebelum terjadinya resiko bukan? Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments