Pengertian dan Macam Macam Simbiosis di Dunia

Pengertian dan Macam Macam Simbiosis di Dunia

Pengertian dan Macam Simbiosis - Fahrinheit, Di dunia terdapat macam-macam interaksi antara makhluk hidup. Interaksi interaksi tersebut menimbulkan saling ketergantungan satu sama lain di dalam kehidupan ekosistem. Keberlangsungan antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya sangat terkait satu sama lain. Dengan begitu pada dasarnya setiap makhluk hidup di dunia ini tidak dapat hidup sendiri. Baik itu tumbuhan, hewan dan manusia semuanya saling berinteraksi satu sama lain. Di dalam ekosistem sendiri, komponen makhluk hidup sangatlah penting. Keseimbangan ekosistem dinilai dari interaksi antara seluruh elemen makhluk hidup didalamnya. Ekosistem yang baik juga dilihat dari sisi interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan. Pengertian dan macam macam simbiosis dapat dijelaskan dibawah ini :

Pengertian-dan-macam-macam-simbiosis
Simbiosis adalah interaksi antara makhluk hidup tersebut bertujuan untuk keberlangsungan hidup mereka di ekosistem. Secara harfiah, simbiosis ini terdiri dari dua kata yaitu "Sym" yang memiliki arti "dengan" beserta "Biosis" yang memiliki arti "kehidupan". Secara utuh dan sederhana, hal ini dapat diartikan sebagai pola interaksi antara makhluk hidup yang memiliki spesies yang berbeda. Walaupun makhluk hidup tersebut memiliki jenis spesies yang berbeda, tetapi memiliki keterikatan keberlangsungan hidup secara berdampingan.

Jenis-jenis simbiosis dapat dikategorikan dengan berdasarkan pola dan interaksi yang dilakukan makhluk hidup didalam lingkungan tertentu. Terdapat enam jenis simbiosis yang dapat dipelajari, berikut pengertian dan contohnya:

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Jadi antara dua organisme makhluk yang berbeda, keduanya mendapatkan keuntungan dalam interaksi ini. Ketika satu makhluk hidup dalam simbiosis mutualisme tersebut diuntungkan maka makhluk hidup satunya lagi juga diuntungkan. Contoh simbiosis mutualisme adalah sebagai berikut :
Simbiosis-mutualisme
  • Bunga dan kupu-kupu. (Kupu-kupu yang hinggap untuk mencari makan dalam hal ini adalah nektar, akan berpindah dari bunga satu ke bunga lainnya. Pada saat yang bersamaan kupu-kupu tersebut telah membantu proses penyerbukan yang sangat dibutuhkan oleh bunga).
  • Burung jalak dan kerbau. (ketika burung jalak menghampiri tubuh kerbau untuk memakan kutu, tentunya kerbau juga diuntungkan karena kutu setelah dimakan oleh burung jalak).

Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang salah satunya mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup lainnya tidak mendapatkan pengaruh apapun (tidak diuntungkan dan tidak dirugikan). Sehingga pada simbiosis komensalisme ini hanya terdapat satu makhluk hidup yang akan diuntungkan. Beberapa contoh simbiosis komensalisme adalah sebagai berikut:
Simbiosis-komensalisme
  • Anggrek dengan pohon mangga. (anggrek akan menempel pada pohon mangga untuk kelangsungan hidup, sedangkan pohon mangga tidak akan dirugikan karena anggrek berada di Batang pohonnya).
  • Paku tanduk rusa dengan tumbuhan inangnya. (Paku tanduk rusa akan menumpang hidup pada tumbuhan Inang, tetapi tumbuhan Inang tidak akan dirugikan karena hal tersebut)

Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang salah satunya akan dirugikan, dan makhluk hidup lainnya akan diuntungkan. Dalam simbiosis ini terdapat dua kubu yang akan diuntungkan serta dirugikan. Berbeda dengan simbiosis komensalisme dimana yang satu diuntungkan dan yang satu tidak mendapatkan manfaat apapun tetapi tidak dirugikan. Sebagai contoh simbiosis parasitisme adalah sebagai berikut :
Simbiosis-parasitisme
  • Cacing perut di dalam usus manusia.(cacing perut akan mengambil sari makanan di dalam tubuh manusia, hal ini akan menyebabkan kerugian bagi manusia tersebut).
  • Bunga raflesia dengan inangnya.(bunga raflesia akan mengambil makanan atau menyerap sari makanan dari induknya, sedangkan inangnya tidak akan mendapatkan manfaat apapun dari interaksi tersebut).

Simbiosis Netralisme

Pada simbiosis ini, simbiosis netralisme merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang tidak saling menguntungkan dan tidak saling merugikan. Jadi ke dua makhluk hidup yang berinteraksi di sini, keduanya tidak mendapatkan keuntungan apapun. Kedua organisme yang berinteraksi akan bersifat netral. Sebagai contoh simbiosis netralisme adalah sebagai berikut :
Simbiosis-netralisme
  • Kambing dengan burung hantu. (walaupun mereka bertemu dan berinteraksi, tapi keduanya tidak saling menguntungkan dan tidak saling merugikan)
  • Semut dengan gajah. (walaupun mereka bertemu dan berinteraksi satu sama lain, namun keduanya tidak menguntungkan dan tidak merugikan satu sama lain)

Simbiosis Amensalisme

Simbiosis amensalisme merupakan hubungan antara makhluk hidup di mana salah satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan. Jadi salah satu pihak dalam organisme ini akan mendapatkan kerugian, sedangkan salah satu pihak yang lain bersifat netral atau tidak mendapatkan kerugian dan tidak mendapatkan keuntungan. Sebagai contoh simbiosis amensalisme adalah sebagai berikut :
Simbiosis-amensalisme
  • Pohon pinus dan tanaman di sekitarnya (pohon pinus akan dirugikan karena adanya tanaman di sekitarnya, tetapi tanaman di sekitarnya tersebut tidak mendapatkan keuntungan dan kerugian apapun dari pohon pinus)
  • Pohon walnut dan tumbuhan di sekitarnya.(pohon walnut akan dirugikan karena ada tumbuhan di sekitarnya, tetapi tumbuhan yang berada di sekitar pohon walnut ini tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian karena dekat dengan pohon walnut).

Simbiosis Kompetisi

Simbiosis kompetisi merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang keduanya untuk saling berkompetisi mendapatkan kebutuhan atau yang mereka inginkan. Dalam simbiosis kompetisi ini terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu:
  1. Kompetisi Intraspesifik, simbiosis kompetisi antara dua spesies organisme yang berbeda.
  2. Kompetisi interspesifik, simbiosis kompetisi antara dua spesies organisme yang sama.

Sebagai contoh simbiosis kompetisi adalah sebagai berikut :
Simbiosis-kompetisi
  • Harimau dan cheetah. (di alam liar keduanya berebut makanan yang sama yaitu berupa daging).
  • Kambing dan sapi. (keduanya memiliki jenis makanan yang sama, sehingga akan saling berebutan)

Nah itulah tadi pengertian dan macam-macam simbiosis yang ada di dunia ini. Tentunya yang terpenting adalah interaksi antara makhluk hidup adalah suatu hal yang mutlak. Semua makhluk hidup di dunia ini akan saling berinteraksi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhannya. Interaksi antara makhluk hidup lain ini tidak dapat dihindari. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments