11 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang

11 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang

Yang sedang membaca artikel cara tetap sehat walau sering begadang berikut ini pastilah mereka yang hoby atau memang diharuskan begadang namun masih peduli dengan kesehatan. Tidak selamanya begadang sebagai hoby yang dianggap hanya sebatas mengahbiskan waktu dan tidak berguna sama sekali. Karena ada beberapa profesi yang memang mengharuskan untuk begadang demi sebuah tanggung jawab. Misalnya profesi security, polisi, tenaga medis, dan beberapa profesi lainnya.

Cara-tetap-sehat-walau-sering-begadang
Meskipun sering begadang, mereka tetap diharuskan untuk menjaga kesehatan agar tetap fit dalam menjalankan tugas. Nah, demi tugas mulia tersebut, berikut ada beberapa tips atau cara tetap sehat walau sering begadang. Antara lain :

1. Tetap Penuhi Hak Istirahat

Tidak bisa mendapatkan waktu tidur malam yang cukup lama, bukan berarti tidak bisa istirahat. Ganti waktu tidur malam yang tersita dengan tidur siang. Biasanya, bagi pekerja dengan konsep shift, kalau waktu malam masuk, berarti siangnya tidak masuk. Manfaatkan waktu siang untuk tidur menggantikan tidur malam yang tersita. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan tetap sehat meskipun sering begadang malam.

2. Hindarkan Tubuh Dari Angin Malam Secara Langsung

Banyak yang mengatakan bahwa angin malam bukanlah angin yang bagus untuk tubuh. Karena bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah masuk angin. Untuk menghindarkan tubuh dari angin malam secara langsung, sebaiknya pakailah jaket atau sewater saat diharuskan untuk begadang malam. Terutama bagi pekerja keamanan seperti security atau polisi dan penjaga keamanan lainnya yang diharuskan tetap berada di luar ruangan meski malam hari.

3. Jagalah Pola Makan Dengan Teratur

Begadang malam selalu identik dengan cemilan atau kopi. Cemilan disini maksudnya cemilan dengan bahan yang kurang sehat. Misalnya gorengan dengan ditambah kopi. Jika dua hal ini dipadukan, akan sangat merusak pola makan. Perut akan terasa kenyang lebih lama sekalipun belum makan. Hal inilah yang kadang bisa merusak kesehatan. Sebaiknya atur pola makan dengan baik. Kurangi cemilan kurang sehat. Agar badan tetap fit sekalipun harus begadang malam.

Baca Juga : Kandungan dan Nutrisi Kakao (Cokelat)

4. Penuhi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Cara tetap sehat walau sering begadang selanjutnya adalah pemenuhan asupan gizi yang baik bagi tubuh. Kalau mengkonsumsi makanan jangan asal kenyang. Konsumsilah makanan dengan kadar gizi yang seimbang. Ada karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan juga serat. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Pilih buah yang mengandung banyak serat dan sayur dengan warna hijau tua. Jika tidak terlalu suka mengonsumsi sayuran, bisa dibuat jus bersama buah.

5. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Salah satu fungsi dari vitamin C adalah menjaga daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Seperti penyakit-penyakit yang menyertai angin malam. Seperti masuk angin, flu, pilek, dan berbagai macam penyakit lainnya. Terlalu sering begadang bisa berdampak menurunnya daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, rutinlah mengkonsumsi vitamin C.

Vitamin C ini bisa didapatkan dari buah-buahan. Seperti jaruk, nanas, kiwi, jambu biji, dan berbagai buah lainnya. Atau bisa juga didapat dari vitamin dalam bentuk kaplet atau minuman yang banyak dijual di apotek.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Dengan Air Putih

Ini juga tidak kalah penting. Tubuh perlu cairan yang cukup dan sehat agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak mengonsumsi air putih. Selain memenuhi kebutuhan cairan, air putih juga bisa berfungsi sebagai detox atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jika cairan cukup dan racun mudah dikeluarkan, maka badan akan tetap fit meski diharuskan begadang malam. Tubuh juga tidak mudah sakit dan kebugaran akan selalu terjaga.

7. Konsumsi Madu

Selain dikenal sebagai obat berbagai macam penyakit, madu juga dikenal sebagai pendongkrak stamina. Ini sangat cocok sekali diminum bagi mereka yang diharuskan untuk begadang malam. Konsumsilah madu secara teratur agar stamina tetap bagus meski tiap hari harus begadang.

8. Konsumsi Vitamin D3

Salah satu hal yang sulit didapat bagi mereka yang sering begadang malam adalah kurangnya sinar matahari. Karena saat matahari terbit, justru mereka tidur terlelap dalam kamar. Maka dari itu, konsumsi vitamin D3 untuk menggantikan kurangnya asupan sinar matahari. Vitamib D3 ini bisa dibeli di toko obat atau apotek tanpa resep dokter

9. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Kalau sudah begadang malam, hal yang sering dilakukan adalah merokok dan minum minuman yang banyak mengandung alkohol. Dengan alasan untuk menghangatkan tubuh. Namun jika ini dilakukan terus menerus, justru akan merugikan kesehatan. Untuk mengganti rokok dan minuman beralkohol, bisa mengonsumsi wedang jahe atau bir pletok bagi yang tinggal di Jakarta.. Fungsinya sama. Sebagai penghangat tubuh namun lebih sehat.

10. Olah Raga Secara Teratur

Sekalipun sibuk, bukan berarti harus meninggalkan aktivitas olah raga. Karena olah raga sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Olah raga tidak perlu menghabiskan banyak uang. Misalnya pergi ke tempat kebugaran. Cukup luangkan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari untuk sekedar joging ringan. Sehat sekaligus murah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Lipatan Lemak di Dagu

11. Hindari Minuman Berenergi

Mengonsumsi minuman berenergi biasa dilakukan oleh mereka yang sering begadang malam. Dengan tujuan agar energinya tetap terjaga. Namun sayangnya, jika dikonsumsi secara terus menerus justru akan merugikan kesehatan. Maka dari itu, cara tetap sehat walau sering begadang yang terakhir adalah hindari mengonsumsi minuman berenergi sekalipun dengan alasan demi mendongkrak energi dan stamina.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments