8 Cara Efektif Menghilangkan Lipatan Lemak di Dagu

8 Cara Efektif Menghilangkan Lipatan Lemak di Dagu

Cara Menghilangkan Lemak Dagu - Fahrinheit, Bagi yang perhatian sekali dengan penampilan, tentunya akan sangat terganggu dengan penumpukan lemak di dagu. Karena selain dapat mengganggu penampilan, juga pasti akan membahayakan kesehatan. Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan lipatan lemak di dagu, akan kita bahas sebentar mengenai penyebab adanya lipatan tersebut.

Cara-menghilangkan-lemak-dagu
Tumpukan lemak yang ada di dagu sebenarnya sama seperti lemak yang ada pada tubuh bagian lain. Disebabkan karena tersimpannya cadangan makanan pada tubuh. Saat kita mengkonsumsi makanan yang melebihi keperluan tubuh, maka secara otomatis kelebihan tersebut akan disimpan menjadi cadangan yang berupa lemak. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan tubuh, lemak-lemak tersebut akan digunakan.

Sebenarnya ini wajar. Karena lemak juga berguna untuk menghangatkan tubuh. Menjaga agar suhu tubuh tetap stabil. Yang akan menjadi masalah adalah ketika lemak tersebut tertimbun secara berlebihan. Akan mendatangkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah obesitas.

Nah, apa yang harus dilakukan saat lemak tertimbun di dagu sehingga merusak penampilan? Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan lemak di dagu :

1. Olah Raga

Ada beberapa olah raga ringan yang dapat menurunkan jumlah lemak dalam tubuh. Seperti senam, peregangan otot, bersepeda, joging, dan lain sebagainya. Jika fokusnya untuk menghilangkan lipatan lemak pada dagu,  ikuti beberapa langkah berikut :
  1. Berdiri tegak, lalu lihatlah ke atas dengan menarik kepala hingga terasa kencang pada otot leher. Lalu gerakkan bibir seakan ingin mencium kuat-kuat. Rasakan peregangan otot yang ada pada pipi dan leher. Setelah terasa otot pipi dan leher tertarik, tahanlah sekitr 10 detik, kemudian kendurkan. Lakukan 8 kali gerakan. Ini adalah salah satu senam wajah ringan untuk mengencangkan otot dagu.
  2. Gerakan senam ringan yang kedua adalah, berdiri tegak lalu tundukkan kepala. Putar kepala dengan arah jarum jam hingga mendongak. Disini akan terasa otot dagu yang tertarik kencang. Saat mendongak, tahan kurang lebih 10 detik lalu lepaskan dan kembali menunduk. Lakukan 8 kali gerakan.
  3. Lanjut pada gerakan ke-tiga. Masih dengan posisi berdiri tegak. Rapatkan gigi kuat-kuat. Lalu lakukan gerakan tersenyum dengan menarik bibir kuat-kuat. Pastikan gigi juga terlihat. Rasakan otot rahang dan dagu yang tertrik. Tahan pada posisi ini kira-kira 10 detik lalu lepaskan. Ulangi hingga 8 kali gerakan.

2. Memijat

Selain dengan senam ringan, cara menghilangkan lemak di dagu lainnya adalah dengan pijatan sederhana. Lakukan pijatan dari ujung leher, menuju ke dagu dan berakhir pada rahang. Saat sampai dagu, arahkan pijatan ke bagian luar berulang-ulang. Gunakan minyak kelapa atau hand and body lotion untuk mempermudah. Untuk hasil yang maksimal, lakukan 3 kali sehari hingga mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Langkah ini dapat anda lakukan di waktu santai sambil menonton tv atau film, dan lain-lainnya.

Baca Juga : Tips Menonton TV yang Baik dan Benar Agar Tidak Merusak Mata

3. Menguap

Gerakan senam ringan lainnya bisa dengan cara menguap. Karena, dengan menguap, otot leher, dagu dan mulut akan tertarik. Sehingga perlahan otot akan kencang. Maka tidak ada salahnya lakukan gerakan menguap sekalipun tidak merasa mengantuk.

4. Memakan Permen Karet

Suka dengan permen karet? Jika iya, kita bisa mengurangi lipatan lemak dengan cara mengunyah permen karet. Dengan mengunyah permen karet, otot dagu dan rahang akan bekerja lebih keras. Efeknya, lemak pada lipatan dagu akan terbakar dan ototnya terasa lebih kencang.

5. Senam Cardio

Cara menghilangkan lemak di dagu selanjutnya adalah dengan senam cardio tidak hanya menghilangkan lemak pada lipatan dagu. Tapi juga lemak secara keseluruhan pada tubuh. Kita bisa mngunjungi tempat latihan senam atau melakukan senam sendiri di rumah. Bagaimana gerakannya? Kita bisa melihat di youtube atau video lainnya tentang variasi gerakan senam cardio.

6. Kurangi Asupan Makanan Berlemak

Lemak yang menumpuk di bawah kulit termasuk juga pada lipatan dagu, bisa dikarenakan oleh kelebihan kalori atau asupan lemak yang kita makan. Untuk itu, bijaklah dalam mengkonsumsi makanan. Kurangi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak. Ganti dengan makanan yang mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran.

Bagaimana pola makan yang baik untuk mengurangi kadar lemak?
  • Agar kenyang lebih lama, perbanyaklah mengkonsumsi protein. Terutama protein nabati. Seperti kacang kedelai dan berbagai olahannya.
  • Sebelum makan besar, usahakan terlebih dahulu makan buah dan minum air untuk menghindari mengambil porsi makan yang terlalu besar.
  • Kurangi minuman yang berkalori tinggi seperti minuman soda dan jus kemasan yang banyak dijual di supermarket dan minimarket.
  • Kurangi makanan yang mengandung banyak lemak. Misanya gorengan, keju, mayonais, dan beberapa produk susu lainnya

Baca Juga : 5 Buah yang Dapat Atasi Perut Kembung dan Buncit

7. Perbanyak Minum Air Putih

Ini penting sekali mengingat air adalah komponen dominan pada tubuh. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi dan mempermudah menghilangkan lemak dalam tubuh. Pastikan air putih murni. Bukan dalam bentuk cairan yang sudah dicampur dengan minuman bersoda atau yang tinggi gula.

8. Gunakan Masker Putih Telur

Masker putih telur selain berfungsi mengencangkan kulit juga berfungsi mengikis lemak dalam tubuh. Caranya mudah. Pisahkan antara putih telur dengan kuningnya. Karena hanya putihnya saja yang akan digunakan. Oleskan putih telur pada bagian lipatan dagi yang berlemak. Diamkan hingga mengering dan mengeras. Setelah itu, angkat dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan seminggu 3 kali hingga terlihat hasilnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan lipatan lemak di dagu yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Sederhana, mudah dan murah. Agar hasilnya efektif, lakukan cara-cara di atas secara teratur dan berkesinambungan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments