10 Cara Mengatasi Spitback Pada Saat Vaping

10 Cara Mengatasi Spitback Pada Saat Vaping

Cara Mengatasi Spitback Vape - Fahrinheit, Rokok elektronik atau yang biasa kita sebut dengan Vape beberapa tahun ini sedang  trend tidak hanya dikalangan anak muda saja, kalangan lanjut usia pun sudah banyak yang menggunakan vape. Vape dan rokok biasa itu memang sama-sama dihisap, namun cara kerjanya dan bentuk rokoknya lah yang membedakan kedua jenis rokok tersebut. kalau vape itu menggunakan alat khusus vape yang terdiri body baterai dan tank. Tank ini berisikan cairan atau yang bisa disebut dengan liquid. Dan liquid ini memiliki varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera anda. Namun dari kedua jenis rokok tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya  masing-masing.

Cara-mengatasi-spitback-vape
Untuk para pemula, yang baru mencoba rokok eletronik atau vaping ini biasanya akan sering mengalami sariawan. Namun kondisi ini wajar terjadi untuk pemula, karena mungkin cara menghisap atau inhale nya belum sebaik yang sudah berpengalaman, sehingga mulut, gusi dan bibir sering terkena cipratan liquid panas (spitback).

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan vaping pasti tidak asling lagi dengan istilah spitback. Spitback merupakan kondisi pada saat tetesan liquid yang melontar ketika melakukan drip liquid. Jika terjadi spitback kemudian mengenai bibir anda, itu bisa saja menyebabkan bibir anda sariawan, karena spitback ini suhunya sangat panas.

Baca Juga : Penyebab dan Akibat Gurgling Vape Terhadap Kesehatan

Penyebab yang paling umum dialami oleh para pemakai vaping  yiatu karena terlalu banyak memasukkan liquid sehingga menyebabkan banjir, dan menetes kemana-mana. Lalu bagaimana cara mengatasi spitback pada vape yang benar? Nah berikut dibawah ini fahrinheit lampirkan beberapa cara mengatasi spitback pada saat vaping yang tepat:
  1. Isi liquid secukupnya kedalam atomizer atau Atty, baik itu RBA, RTA, ataupun RDA, patikan suhu liquid didalam menjadi lembab, dan pastikan juga pada saat memasukkan liquid kedalam tank tidak sampai banjir, setelah liquid tersebut akan dipanaskan dengan suhu panas, sehingga akan menimbulkan letupan-letupan kecil.
  2. Karena suhu liquid ini suhunya sangat ektrem, maka cara pertama untuk mengtasi spitback adalah dengan menurunkan wattnya.
  3. Cara yang ketiga adalah, ketika anda mau ngedrip biasakan untuk firing terlebih dulu kemudian baru inhale. Karena biasanya saat anda mulai menekan menu firing akan muncul suara letupan-letupan, dan dalam beberapa detik letupan itu akan menghilang, nah pada saat itu anda bisa langsung melakukan inhale. Dengan cara iniilah setidaknya isa mencegah spitback yang bisa mengenai bibir anda.
  4. Selanjutnya adalah dengan memperbaiki posisi wicking. Biasanya spitback terjadi ketika posisi wicking anda longgar atau terlalu tebal. Jadi untuk memperbaiki wicking bisa ddengan cara mensettin kapas yang di cocokkan dengan diameter coil anda. namun jika spitback ini tejadi pada RTA, anda harus membuat kapas tersebut dalam kondisi pass didalam tank. Hal ini bertujuan supaya liquid tidak masuk dan membanjiri daerah coil anda.
  5. Rajinlah-rajinlah untuk membersihkan tutup Atomizer atau Atty, karena itu bisa menyebabkan spitback. Untuk bisa membersihkan bagian dalam tutup atty tersebut anda bisa menggunakan tissu, supaya liquid tidak keluar dari drip tip.
  6. Jangan menggunakan coil clapton atau twisted, karena biasanya  spitback terjadi pada coil yang renggang, seperti pada coil clapton dan twisted.
  7. Cara mengatasi spitback pada vape, anda bisa mengurangi lubang dari airflow nya, Jadi ketika anda sedang melakukan inhale, inhale lah atau hisaplah secara lembut dan perlahan, supaya spitback nya tidak masuk kedalam mulut dan tidak mengenai bibir anda. karena hal itu bisa menyebabkan bibir anda sariawan. Mengurangi lubang pada airfloww ini supaya tekanan udara yang keluar lebih lembut dan letupan-letupan panas tidak naik keatas.
  8. Spitback bisa saja terjadi bukan hanya liquid yang menetes keluar atau banjir saja, tetapi spitback juga bisa dipengaruhi oleh E-liquid. karena liquid ini sudah banyak di jual dimana-mana, dengan berbagai varian rasa dan jenisnya. Nah bagi anda yang baru saja menjajal rokok elektronik atau vape ini, sebaiknya anda gunakan E-liquid yang VG nya itu lebih banyak dari pada PG nya, dan lebih bagus lagi jika anda menggunakan E-liquid dengan MaxvG.
  9. Ada cara lain untuk mengatasi spitback, dan cara ini sangat cocok dan paling mudah untuk dilakukan, yaitu dengan menggunakan drip tip anti spitback. Yang mana drip tip anti spitback ini berfungsi untuk manahan dan meminimalisir cipratan-cipratan E-liquid yang masuk kedalam rongga mulut dan bibir pada saat anda melakukan firing.
  10. Jika dengan menggunakan drip tip belum juga bisa mengatasi spitback, maka cara terakhir anda bisa menggunakan drip tip yang ukuran lebih panjang.

Baca Juga : Macam Macam Kawat Untuk Membuat Coil Vape

Demikian itulah tadi cara mengatasi spitback pada vape, semoga setelah membaca informasi diatas anda tidak melakukan kesalahan lagi, lebih bisa berhati-hati pada saat melakukan vaping. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Untuk informasi dan tips mengenai vape yang lainnya dapat anda baca DISINI.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments