Kandungan dan Nutrisi yang Ada di Dalam Kakao (Cokelat)

Kandungan dan Nutrisi yang Ada di Dalam Kakao (Cokelat)

Kandungan Nutrisi Kakao (Cokelat) - Fahrinheit, Mungkin sudah banyak sobat fahrinheit mengenal makanan yang satu ini. Ya betul, cokelat. Cokelat merupakan salah satu makanan yang populer dan sering menjadi favorit banyak orang terutama bagi anak-anak dan remaja karena rasanya yang sangat enak. Namun seringkali orang tua melarang anaknya untuk memakan cokelat karena memang cokelat sering menjadi sumber masalah yang membuat gigi anak-anak menjadi rusak karena rasanya yang terlampau manis. Padahal cokelat pada dasarnya tidak berasa manis namun berasa pahit pada saat masih berbentuk kakao. Rasa manis yang timbul dari cokelat tersebut hanyalah varian dari produsen makanan untuk menambah cita rasa dari cokelat agar terlihat menarik dan cocok di lidah anak-anak.

Nutrisi-dan-kandungan-kakao
Namun mungkin banyak yang tidak tahu bahwa di balik rasa manisnya cokelat, makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Nah apakah anda sudah tahu kandungan dan nutrisi apa saja yang ada dalam kakao tersebut? Jika anda belum tahu oleh karena itu pada kesempatan ini fahrinheit akan membahas kandungan dari cokelat serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang dapat anda simak pada artikel ini.

Cokelat murni ataupun biji kakao mengandung nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh diantaranya kaya akan antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi sehingga sangat cocok bagi mereka yang mengidap penyakit hipertensi. Selain itu kakao juga dapat membantu kerja trombosit dengan mengurangi pembekuan darah atau secara gamblangnya makanan ini ini dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan serangan stroke.

Baca Juga : 5 Buah yang Dapat Mengatasi Perut Kembung dan Buncit

Oleh karena manfaat cokelat di atas tersebut para ilmuwan pun sangat menyarankan konsumsi 20gr dark chocolate setiap 3 hari sekali untuk meningkatkan kerja sistem kardiovaskuler. Namun perlu diingat! Para ilmuwan hanya menyarankan konsumsi 20gr tiap 3 hari sekali karena jika terlalu berlebihan mengkonsumsi kakao tidak akan berpengaruh lebih baik malah dapat menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas) jika dimakan terlalu banyak. Nah lalu nutrisi apa saja yang terkandung di dalam kakao? Berikut ini fahrinheit jabarkan kandungan dan nutrisi yang terdapat di dalam cokelat :

1. Gula

Biji kakao mengandung cukup banyak karbohidrat, tapi umumnya pati, serat tidak larut dan larut, serta sangat sedikit gula sederhana. Biasanya gula ditambahkan ke dalam cokelat pada saat proses pengolahan di pabrik.

2. Lemak

Cokelat mengandung sekitar 50% lemak. Lemak cokelat ini terdiri dari dua jenis asam lemak jenuh (palmitic jenuh dan stearic acid) serta satu asam lemak tidak jenuh tunggal (oleic acid)

3. Vitamin

Cokelat memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak yakni vitamin A, B1, B2, B3, C, E dan asam pantotenat

4. Kafein

Tidak hanya pada kopi, kakao pun juga mengandung kafein. Namun kadar kafein yang ada di dalam cokelat sangat rendah jauh berbeda di bawah kafein yang ada di dalam kopi dan teh.

5. Antioksidan

Cokelat juga mengandung polifenol seperti yang ada pada minuman anggur yang berfungsi sebagai antioksidan. Antiokasidan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Mineral esensial

Cokelat mengandung banyak mineral termasuk magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, potassium dan mangan.

7. Kalori

Cokelat (khususnya dark chocolate) memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi karena memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi sehingga dapat menimbulkan rasa cepat kenyang. Namun jangan terlalu sering mengkonsumsi cokelat karena kalorinya yang tinggi ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

8. Feniletilamin

Feniletilamin adalah zat yang berguna sebagai antidepresan yang ringan dan stimulan (perangsang) dengan kekuatan yang hampir sama dengan dopamine dan adrenalin yang diproduksi oleh tubuh (yang mana hormon ini berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih aktif). Nah jadi bagi yang lagi depresi, galau, stress dan lain sebagainya maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi cokelat.

Nah itulah tadi nutrisi yang terkandung di dalam biji kakao. Sangat banyak sekali bukan dan tentunya semua memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu jangan takut untuk memakan cokelat karena coklat sangat bagus dimakan untuk dikonsumsi karena kandungannya yang sangat baik untuk tubuh. Namun konsumsinya pun harus diperhatikan pula karena jika dikonsums berlebihan dapat membuat berat badan menjadi naik. Demikian artikel fahrinheit kali ini mengenai nutrisi dan kandungan kakao. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : inform-kesehatan
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments