Contoh Pidato Perpisahan Guru Sekolah

Contoh Pidato Perpisahan Guru Sekolah

Contoh Pidato Perpisahan Guru Sekolah - Fahrinheit, Hai sobat fahrinheit. Pada artikel sebelumnya fahrinheit sudah membahas mengenai contoh surat kuasa pengambilan STR. Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi lainnya yakni tentang contoh pidato perpisahan guru sekolah. Dalam kehidupan selain pertemuan tentunya ada juga perpisahan. Hal ini juga berlaku dalam pekerjaan, ada kalanya kita harus resign baik itu karena sudah mendapatkan pekerjaan yang baru ataupun sudah mencapai batas usia pensiun. Nah bagi seorang guru tentunya ini merupakan momen yang menyedihkan karena harus berpisah dengan teman kerja serta murid-murid yang mungkin sudah lama diajarnya.

Contoh-pidato-perpisahan-guru-sekolah
Beberapa waktu yang lalu kerabat dekat admin yang juga seorang guru juga harus berpisah dengan sekolah yang sudah puluhan tahun menjadi tempatnya mengajar. Sedih memang, namun dikarenakan purna tugasnya sudah selesai sehingga beliau harus berhenti mengajar. Nah dalam kesempatan tersebut pihak sekolah meminta kerabat dekat admin ini untuk menyampaikan pidato dalam acara perpisahan beliau. Karena bingung dan belum pernah melakukan pidato perpisahan sebelumnya, maka beliau meminta admin untuk membuatkan pidato perpisahan untuknya.

Baca Juga : Contoh Surat Resign Kerja yang Baik dan Benar

Sebenarnya admin sendiri belum pernah membuat pidato perpisahan. Namun dengan kepercayaan diri yang tinggi akhirnya admin memberanikan diri membantu beliau untuk membuatkan pidato perpisahan kepada sekolahnya. Nah bagi anda yang mungkin juga memang mencari contoh pidato perpisahan maka fahrinheit akan membagikannya disini. Secara keseluruhan memang pidato perpisahan ini ditujukan untuk perpisahan guru sekolah, namun tidak menutup kemungkinan pidato di bawah ini juga dapat digunakan untuk perpisahan yang lainnya dengan mengubah sedikit kata-katanya. Baiklah langsung saja berikut ini contoh pidato perpisahannya:

Assalamu’alaikum wr. wb.
Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa, Maha Rahman dan Rahim dimana atas keridhaan, Taufik dan InayahNya lah saat ini di kala pagi menjelang siang dan di saat mentari mulai merambat naik ke puncaknya, dapatlah kita bersama-sama berhadir dan berkumpul di tempat ini, guna bersama-sama mengikuti acara perpisahan/pelepasan kami menghadapi pengabdian terakhir kami di sekolah ini karena purna tugas (pensiun) sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Bapak kepala sekolah, dewan guru, orang tua murid dan anak-anak sekalian yang dirahmati Allah swt. Kiranya terasa berat lidah mengucapkan, kaku tangan untuk menulis susunan kata-katanya pada saat penyimpaian kata perpisahan ini, namun hanya dengan dilandasi ketulusan hati mengharapkan Ridha Ilahi Rabbi, izinkan hamba yang dhaif ini mengajukan beberapa hal:
  1. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak khususnya bapak kepala sekolah, rekan-rekan dewan guru yang telah memberikan motivasi dan bimbingannya kepada kami selama melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik (guru) di sekolah ini selama kurang lebih .... tahun hingga sekarang
  2. Sudah merupakan kodrat Ilahi dalam penciptaanNya tak ada gading yang tak retak, tak ada lautan yang tak berombak, demikian juga tak ada manusia yang luput dari kesalahan dan kekhilafan, oleh karena itu dalam kesempatan ini kami menyampaikan ampun dan maaf atas segala kesalahan / kekhilafan kami baik perkataan ataupun tingkah laku perbuatan, sengaja ataupun tidak disengaja selama kita berkumpul, bercanda ataupun bergurau

Semoga Allah swt memanjangkan usia kita dalam keadaan sehat dan murah rezeki sehingga dapatlah kita kembali dipertemukanNya dalam lain kesempatan. Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih dan sebagai penutup ada sebuah pantun sebagai berikut :

Marabahan kota bahalap sebagai suatu harapan
Letaknya pas di tepi sungai
Ampun dan maaf sekali lagi aku ucapkan
Jika ada perkataan dan perbuatan yang tidak sesuai

Bakumpai ibukota kecamatan
Apabila malam dihiasi dengan kelap-kelipnya lampu
Marilah kita berdoa kepada Allah yang Maha Rahman
Semoga di lain kesempatan kembali kita bertemu.

Wabillahitaufik walhidayah
Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Fahrinheit


Baca Juga : Contoh Pantun Penutup Pidato yang Lucu

Nah itulah tadi contoh pidato perpisahan guru sekolah. Walaupun contoh pidato perpisahan di atas ditujukan untuk perpisahan guru sekolah namun anda juga dapat menggunakannya untuk perpisahan pekerjaan yang lainnya dengan mengubah sedikit kata-katanya. Inti dari penyampaian pidato perpisahan sebenarnya adalah penyampaian terima kasih kepada teman kerja, murid ataupun guru serta permintaan maaf apabila terdapat kesalahan dalam pekerjaan, tergantung dari diri kita sendiri merangkai kata-katanya. Untuk yang terakhir memang admin lampirkan pantun karena agar menambah suasana yang menarik saat penyampaian pidato. Kalian pun bisa mengubah pantun tersebut dan menyesuaikan dengan penyampaian pidato kalian. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments