4 Tips Menonton TV yang Baik dan Benar Agar Tidak Merusak Mata

4 Tips Menonton TV yang Baik dan Benar Agar Tidak Merusak Mata

Tips Menonton TV Agar Tidak Merusak Mata - Fahrinheit, Menonton tv memang sudah menjadi kebiasaan sehari hari bahkan sudah menjadi hobi kebanyakan orang untuk menghibur dan menghilangkan rasa penat. Menonton tv memang dipercaya dapat menghilangkan rasa bosan, suntuk, penat dan lelah setelah bekerja / beraktivitas seharian. Namun seperti yang sudah kita ketahui bahwa kebiasaan menonton televisi terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat membuat mata menjadi lelah dan dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Tips-cara-menonton-tv-agar-tidak-merusak-mata
Kelelahan pada mata akibat menonton tv terlalu lama ini sering terjadi dan tidak membutuhkan penanganan yang serius karena hanya dengan mengistirahatkan mata sejenak dari layar tv ataupun dengan tidur maka hal ini sudah dapat teratasi. Namun hal tersebut juga tidak dapat dianggap sepele karena jika lama-kelamaan dan sudah menjadi kebiasaan menonton tv dengan cara yang salah justru berakibat fatal yang berujung dapat merusak mata.

Tentunya anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Terutama bagi anda yang memang matanya sudah sering terpapar dengan cahaya layar baik itu monitor komputer saat bekerja, handphone ataupun saat menonton tv tentu sangat beresiko sekali bukan. Nah untuk menonton tv sendiri ada caranya tersendiri agar tidak merusak mata walaupun anda sering melakukan aktivitas ini. Oleh karena itu sekarang fahrinheit akan berbagi tentang tips cara menonton televisi yang baik dan benar agar tidak merusak mata. Bagaimana saja tipsnya? Yuk simak di bawah ini :

1. Mengatur Jarak Pandang Mata dengan TV

Jarak menonton tv merupakan satu hal yang sangat diperhatikan. Duduk terlalu dekat dengan televisi memang tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Tapi hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan kelelahan. Oleh karena itu direkomendasikan pada saat seseorang menonton tv untuk mengatur jarak pandang dengan menonton tv dari jarak 5x lebar diagonal layar tv. Misalkan diagonal layar tv adalah 21inch maka jarak pandang untuk menonton tv adalah 5x21inch yaitu 105inch. Jadi semakin besar layar diagonal televisi maka jarak pandang terdekatnya akan semakin bertambah jauh. Jarak pandang ini sangat mempengaruhi karena dapat membuat mata menjadi rileks dan lensa mata tidak perlu bekerja keras untuk menangkap gambar. Karena apabila lensa bekerja terus menerus  maka lensa mata akan menjadi cembung sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

2. Mengatur Posisi Tubuh Saat Menonton TV

Pada saat menonton televisi apa posisi yang sering anda gunakan? Miring? Atau sambil tiduran? Jangan biasakan hal ini karena posisi yang tidak benar dapat mempengaruhi posisi mata yang tidak fokus ke arah televisi sehingga akan mengalami kerusakan mata pada jangka panjang. Maka usahakan untuk tidak terlalu lama menonton tv dengan posisi miring atau tiduran. Anda dapat mengantisipasinya dengan posisi duduk dengan duduk di kursi dan mata sejajar dengan televisi.

Baca Juga : Tips dan Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Tanpa Veneer

3. Lebih Sering Berkedip

Jangan terlalu terpaku pada layar tv. Mata yang terlalu lama tidak berkedip akan membuat kelopak mata menjadi kering dan tidak baik bagi mata itu sendiri. Sesekali berkediplah untuk menjaga mata tetap bersih dan terlindungi dari kekeringan serta iritasi. Pada saat mata mengedip, kelenjar yang ada di kelopak mata akan menghasilkan air mata yang berfungsi untuk melindungi mata. Kelenjar tersebutlah yang menjaga kelopak mata agar tidak menjadi kering.

4. Mengatur Pencahayaan Layar

Nah untuk tips terakhir ini merupakan hal yang paling sering dianjurkan oleh dokter. Jangan lupa untuk mengatur pencahayaan pada pengaturan warna layar tv anda. Menonton televisi dengan layar dan kualitas warna yang jelas dan baik juga membantu menghindari mata menjadi lelah saat ingin menonton tv lama. Cara untuk mengatasinya selain itu juga bisa dengan menyalakan lampu pada ruangan supaya pupil mata tidak terlalu bekerja keras. Menyalakan lampu ruangan ini juga bisa menjadi penyeimbang cahaya yang keluar dari tv dan hal ini sangat disarankan.

Nah itulah tadi 4 tips dan cara menonton tv yang sehat agar tidak merusak mata. Dengan melakukan tips-tips di atas setidaknya anda sudah melakukan tindakan pencegahan agar mata tidak cepat lelah dan rusak, terutama bagi anda yang hobi menonton tv dan sering terpapar cahaya layar. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments