Cara Menampilkan Link Sumber Artikel Secara Otomatis Saat Blog di Copas (Copy Paste)

Cara Menampilkan Link Sumber Artikel Secara Otomatis Saat Blog di Copas (Copy Paste)

Cara Menampilkan Link Sumber Saat Di Copas - Fahrinheit, Di zaman sekarang sudah blogger sudah menjadi pekerjaan yang dilirik oleh banyak orang. Pekerjaannya yang santai serta dapat menyalurkan hobi melalui tulisan menjadikan blogger menjadi pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan. Namun sekarang justru kebanyakan blogger berorientasi pada menghasilkan uang sehingga lupa menikmati bagaimana rasanya menulis dan berbagi. Ditambah dengan fitur yang sangat memudahkan namun justru terkadang menjadi petaka, yakni fitur Ctrl C + Ctrl V atau lebih kita kenal dengan sebutan Copas / Copy Paste.

Cara-Menampilkan-Link-Sumber-Artikel-Otomatis-Saat-dicopas
Fitur Copy Paste memang sangat memudahkan karena kita tidak perlu mengetik ulang hanya tinggal menyeret kursor pada bagian yang ingin di copas dan selanjutnya tinggal dicopy dan dipastekan ulang. Namun dalam melakukan copy paste juga tentunya ada aturan atau kaidah tersendiri dalam penulisan karena jika tidak justru akan dicap sebagai maling artikel atau plagiat. Jika ingin mengcopas artikel suatu blog maka sudah sepatutnya kita melampirkan link sumber artikel untuk menghargai karya tulisan orang lain. Selain itu dengan melampirkan link sumber tempat kita menyalin artikel maka dapat meningkatkan SEO blog dengan memberikan backlink. Namun tidak jarang kebanyakan blogger sekarang melupakan hal sepele namun penting ini, saya pun terkadang bisa melupakannya.

Nah sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya, yakni memasang script link sumber otomatis. Dengan memasang script ini, maka pada saat artikel blog anda dicopas secara otomatis link sumber akan muncul pada akhir kalimat. Meskipun tulisan link sumber ini dapat dihapus dengan mudah namun setidaknya dengan cara ini dapat mengingatkan kepada orang yang ingin menyalin artikel tersebut agar tidak 'kelupaan' mencantumkan link sumber tempat dia mengambil sumber tulisan. Cara ini juga diterapkan pada blog besar seperti tribunnews. Simpel namun setidaknya menghargai karya tulisan orang lain, untuk menghapusnya atau tidak tergantung diri masing-masing yaa.

Baca Juga : Cara Membuat Hasil Pencarian Blog Dialihkan Ke Pencarian Google Secara Otomatis

Lalu bagaimana cara menampilkan link sumber artikel tersebut secara otomatis? Penasaran dan ingin mencobanya? Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi tips blogging cara menampilkan link sumber artikel otomatis. Untuk memasangnya pun sangat mudah yang dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Masuk ke akun blogger anda

2. Selanjutnya silahkan anda masuk ke menu template dan pilih menu edit HTML

3. Kemudian cari script dengan keyword </body> menggunakan fitur pencarian (Ctrl + F)

4. Apabila sudah menemukannya selanjutnya anda hanya tinggal memasukkan script di bawah ini. Untuk scriptnya sendiri kami sediakan 2 versi, versi pertama adalah minimalis jadi ketika blog dicopas maka link sumber akan muncul secara otomatis di akhir kalimat. Sedangkan pada versi kedua lebih lengkap dengan menampilkan judul artikel, nama blog serta link sumber pada akhir kalimat artikel yang dicopy paste. Terserah anda untuk menggunakan script yang mana yang cocok dengan selera anda di bawah ini :

Versi 1

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Copy Text
function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink=" Sumber : "+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas);
//]]>
</script>

Versi 2

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

5. Jika sudah selesai memasang script di atas selanjutnya klik save untuk menyimpan. Sampai disini anda sudah selesai membuat link sumber artikel yang akan tampil otomatis saat di copas.

Nah itulah tadi cara menampilkan link sumber artikel secara otomatis pada saat blog kita dicopas. Sangat mudah sekali bukan? Anda pun dapat menerapkannya sendiri pada blog anda. Dengan melakukan tindakan ini setidaknya kita sudah mengingatkan kepada si 'copasser' untuk mencantumkan link sumber yang sudah dicopasnya walaupun keputusan tetap ada pada dirinya apakah ingin mencantumkan sumber atau tidak. Demikian artikel tips blogging dari fahrinheit kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

This Is The Newest Post
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments