Tanda Tanda Umum yang Muncul Sebelum Terjadinya Tsunami

Tanda Tanda Umum yang Muncul Sebelum Terjadinya Tsunami

Tanda Tanda Umum Tsunami - Fahrinheit, Hai sobat fahrinheit, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu dalam lindungan Allah Yang Maha Esa. Beberapa waktu yang lalu kita sudah mendengar terjadinya musibah bencana alam gempa yang mengakibatkan tsunami di wilayah Palu dan Dongala yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Musibah yang terjadi pada tanggal 28 September lalu ini sangat menyedihkan karena menelan korban meninggal dunia lebih dari 2ribu orang. Hal ini mengingatkan kita kembali akan terjadinya musibah gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004 lalu yang menelan lebih banyak korban jiwa hingga 230ribu orang lebih. Memang tsunami merupakan bencana paling mengerikan yang paling susah diatasi hingga sekarang sehingga paling banyak menelan korban jiwa.

Tanda-tanda-umum-sebelum-terjadinya-tsunami
Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana sih sistem mitigasi bencana yang dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia dalam penanganan bencana hingga menelan banyak korban. Sebenarnya pemerintah pun sudah berusaha dalam melakukan mitigasi bencana karena mengingat Indonesia juga merupakan wilayah yang sangat rentan terkena bencana gempa dan tsunami. Namun tidak bisa sepenuhnya kita menyalahkan pemerintah, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tsunami masih menjadi bencana alam paling mengerikan karena pengatasannya secara dini sangatlah dan muncul secara tiba-tiba sehingga paling banyak menelan korban. Tetapi di balik semua kengeriannya, tsunami pada dasarnya bisa diprediksi dengan tanda-tanda alam yang biasanya muncul sebelum tsunami. Jika anda mengetahui tanda-tanda terjadinya maka setidaknya anda dapat meminimalisir korban yang terjadi akibat bencana tsunami.

Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi mengenai tanda-tanda umum sebelum terjadinya gempa dan tsunami. Informasi ini dihimpun berdasarkan tanda-tanda dari berbagai kejadian yang sudah terjadi sebelumnya sehingga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua untuk mempersiapkan diri terhadap terjadinya bencana. Berikut ini tanda-tanda alam yang umumnya terjadi sebelum muncul tsunami :

1. Terjadi Gempa atau Getaran yang Bersumber dari Bawah Laut

Yang menjadi penyebab utama terjadinya bencana tsunami ialah karena terjadinya gempa yang bersumber dari bawah laut. Gempa bumi yang terjadi di bawah laut ini merupakan gempa yang muncul akibat adanya pertemuan atau tubrukan lempeng tektonik di bawah laut. Gempa yang berbahaya dan berpotensi terjadinya tsunami biasanya berpusat atau memiliki kedalaman kurang dari 30 kilometer dan getarannya melebihi 6,5 scala richter. Jika anda sudah merasa terjadi gempa atau getaran di sekitar wilayah anda maka segeralah mencari dan memantau informasi dari BMKG agar dapat lebih bersiap jika terjadi bencana tsunami.

Baca Juga : Daftar Nama Kota dan Kabupaten yang Ada di Pulau Kalimantan beserta Luas Wilayahnya

2. Muncul Suara Gemuruh Tiba-Tiba

Salah satu tanda umum terjadinya tsunami selanjutnya ialah muncul suara gemuruh tiba-tiba. Hal ini pernah terjadi pada bencana tsunami Aceh dan Banyuwangi. Menurut beberapa saksi yang selamat mengatakan bahwa beberapa menit sebelum terjadinya tsunami muncul suara gemuruh dari lautan yang menandakan gelombang besar akan datang namun karena ketidaktahuan tersebut banyak orang yang menghiraukan suara gemuruh tersebut hingga datangnya tsunami. Suara gemuruh tersebut muncul setelah gempa karena terjadinya pergeseran lempeng bumi di bawah laut sehingga menyebabkan ombak yang besar.

3. Air Laut Tiba-Tiba Menjadi Surut

Tanda-tanda umum sebelum terjadi tsunami yang selanjutnya adalah terjadinya fenomena alam dimana air laut tiba-tiba menjadi surut. Hal ini pernah terjadi di tsunami Aceh dimana air laut tiba-tiba menjadi surut. Namun karena ketidaktahuan sebelumnya orang-orang di sekitar pantai justru berkumpul untuk mengumpulkan ikan. Naas saat orang-orang berkumpul di sekitar pantai itulah tsunami justru datang beberapa saat setelahnya. Padahal jika ditelusur dari tanda-tanda tsunami hal ini terjadi karena adanya gempa yang menyebabkan lempengan bumi di bawah laut menjadi terbuka sehingga secara otomatis air laut akan mengisi ruang yang diakibatkan oleh lempeng bumi yang terbuka tadi. Namun hal ini hany terjadi sementara karena setelah gempa bumi selesai maka lempeng bumi kembali menutup secara tiba-tiba sehingga air yang masuk ke dalam ruang tadi keluar secara tiba-tiba dan menyebabkan gelombang besar akan segera terjadi di sekitar daerah tersebut.

4. Tanda-Tanda dari Hewan

Untuk tanda yang satu ini tidak terlalu spesifik namun umumnya juga terjadi sebelum tsunami yakni tanda-tanda dari hewan. Pada saat akan muncul tsunami biasanya akan terdapat keanehan-keanehan pada hewan seperti mungkin tidak adanya aktivitas burung-burung camar yang biasanya muncul di sekitar laut. Hal ini terjadi karena seperti yang kita ketahui hewan mempunya insting atau alarm sendiri akan bahaya yang terjadi beberapa waktu kemudian sehingga akan memunculkan tindakan-tindakan aneh yang lazimnya tidak pernah terjadi. Nah tingkah-tingkah aneh dari hewan ini juga dapat anda jadikan akan terjadinya bencana.

5. Aktivitas Alam yang Berbeda dari Biasanya

Untuk tanda yang terakhir hampir sama dengan tanda yang keempat. Pada umumnya sebelum terjadinya bencana tsunami maka akan ada aktivitas alam yang berbeda dari biasanya misalkan dari laut akan ada gelombang-gelombang kecil yang menandai kembalinya air laut hingga akhirnya muncul gelombang besar. Selanjutnya mungkin ada aktifitas angin yang tidak biasa. Hewan dan binatang menjadi gelisah. Pada beberapa kejadian misalnya saat bencana tsunami di Thailand sebelum terjadinya tsunami munculnya gerombolan gajah yang berlari ke arah gunung. Kemudian mungkin gerombolan burung serta kelelawar yang umumnya hewan malam tiba-tiba gelisah dan berterbangan secara bergerombol.

Baca Juga : 3 Alasan Kenapa Nyamuk Suka Terbang di Sekitar Area Telinga dan Kepala

Nah itulah tadi tanda-tanda umum sebelum terjadinya tsunami. Jika memang terjadi tanda-tanda seperti di atas maka janganlah panik dan berlarilah ke tempat dataran tinggi atau gunung untuk menyelamatkan diri. Demikian artikel kali ini, semoga ini dapat menjadi informasi yang berguna bagi anda dalam menghadapi bencana agar nantinya jika memang terjadi bencana maka tidak akan memakan banyak korban. Jangan lupa pula kita panjatkan do'a bagi para korban tsunami yang ada di Palu dan Donggala agar diterima di sisi-Nya dan bagi korban yang selamat diberikan ketabahan dan kekuatan untuk menjalaninya. Bagi kalian yang ingin membantu para korban bisa melalui rekening donatur yang sudah banyak disediakan para relawan. See ya.

Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments