12 Alasan Kenapa PNS Menjadi Pekerjaan Impian Anak Muda Zaman Sekarang

12 Alasan Kenapa PNS Menjadi Pekerjaan Impian Anak Muda Zaman Sekarang

Alasan PNS  jadi Pekerjaan Impian - Fahrinheit, Hai Para Pejuang PNS, apa kabar? Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) tentunya menjadi pekerjaan impian yang digandrungi anak muda di zaman sekarang. Seperti yang kita ketahui terhitung sejak bulan September lalu, pemerintah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi membuka lowongan penerimaan CPNS Tahun 2018. Pendaftaran CPNS Tahun 2018 ini dibuka sejak tanggal 26 September hingga 15 Oktober lalu. Pendaftaran CPNS tahun ini dilaksanakan secara online dengan cara membuat akun dan mendaftarkan diri ke situs resmi penerimaan cpns yakni sscn.bkn.go.id

Alasan-PNS-Jadi-Pekerjaan-Impian-dan-Idaman
Sejak ditutupnya pendataran CPNS sejak tanggal 15 Oktober lalu diketahui ada sebanyak 4.436.694 orang yang membuat akun namun yang berhasil mendaftarkan diri secara lengkap hanya 3.627.981. Ya hal ini memang di luar ekspektasi pemerintah karena dugaan awal pelamar ada sekitar 6-8 juta orang. Hal ini juga mungkin disebabkan karena jaringan yang tidak merata di semua daerah serta server SSCN yang sering bermasalah pada saat pelamar ingin melakukan pendaftaran. Namun pemerintah tentunya juga sudah berupaya meningkatkan perbaikan demi kelancaran penerimaan CPNS ini seperti meningkatkan perbaikan jaringan dan server, perpanjangan masa pendaftaran yang awalnya berakhir 10 Oktober menjadi 15 Oktober, dan lain-lainnya.

Nah kembali ke topik, seperti yang sudah disebutkan di atas jumlah pelamar yang berhasil melakukan login ada sebanyak 3,6 juta lebih. Walaupun ini masih di bawah ekspektasi pemerintah namun jumlah pelamar yang mendaftar CPNS ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah. Jika dilihat secara angka jumlah pelamar CPNS tahun ini memang lebih banyak dibanding tahun 2014 sebelum pelaksanaan moratorium yang hanya 2,4 juta. Banyak faktor yang menyebabkan kenapa jumlah pelamar CPNS tahun ini menjadi paling banyak dalam sejarah, salah satunya ialah karena adanya moratorium dari pemerintah sejak tahun 2014 lalu. Namun bukan hanya itu saja ada banyak faktor mengapa banyak yang mengimpikan menjadi seorang PNS. Mau tahu alasannya? Yuk simak beberapa alasan PNS masih menjadi pekerjaan impian anak muda zaman sekarang di bawah ini :

1. Memiliki Pekerjaan Tetap

Salah satu alasan seseorang mengidam-idamkan menjadi PNS ialah karena memiliki status pekerjaan tetap. Ya dengan menjadi PNS maka status pekerjaan akan terjamin tanpa takut di PHK. Tidak peduli kondisi pasar seperti apapun maka status PNS akan tetap terjamin oleh negara selama tidak menyalahi aturan dalam bekerja.

Baca Juga : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia

2. Mendapatkan Gaji Tetap

Nah untuk alasan yang kedua ini juga menjadikan PNS menjadi pekerjaan impian banyak orang. Dengan menjadi PNS maka akan mendapatkan gaji yang tetap tanpa tuntutan besar dalam pekerjaan. Gaji akan tetap turun setiap awal bulan tidak seperti pekerjaan lain yang mungkin pendapatannya tidak tetap serta penggajian yang tidak pasti kapan turunnya.

3. Mendapatkan Tunjangan Kinerja

Selain gaji pokok yang didapat masih ada tunjangan lain seperti tunjangan kinerja, tunjangan makan, hingga tunjangan keluarga dan tunjangan hari tua yang dapat menjamin masa tua PNS. Tentunya banyak yang berpikir sungguh enak menjadi PNS karena semua sudah dijamin oleh Negara yang mungkin tidak akan didapatkan di pekerjaan lainnya. Sangat wajar bukan jika PNS menjadi pekerjaan yang sangat diimpikan?

4. Pekerjaan Santai

Salah satu alasan besar mengapa seseorang lebih menginginkan menjadi seorang PNS ialah pekerjaannya yang santai. Tidak seperti pekerjaan lain yang lebih menguras tenaga dan fisik, dengan menjadi seorang PNS maka dapat sambil bersantai dalam mengerjakan pekerjaannya.

5. Memiliki Waktu Luang

Menjadi seorang PNS membuat kita mendapatkan waktu luang lebih banyak dibandingkan beberapa pekerjaan lain yang akan lebih menguras waktu. Dengan waktu kerja yang jelas dan rata-rata hanya 5-6 hari dalam seminggu membuatmu memiliki waktu luang. Waktu luang ini dapat dimanfaatkan untuk beristirahat, berolahraga, mengerjakan hobi yang lain atau mengerjakan pekerjaan sampingan.

6. Memperoleh Jenjang Karir

Ketika menjadi PNS maka akan memperoleh jenjang karir dan pendidikan serta pengalaman yang sudah anda tempuh akan lebih dihormati. Saat menjadi PNS, eselon awal akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhir dan secara berkala tingkat eselon tersebut akan meningkat. Tentunya dengan adanya peningkatan karir ini maka tunjangan yang akan anda dapatkan juga menjadi lebih besar.

7. Mendapatkan Ketenangan di Masa Tua (Pensiun)

Seperti yang sudah disebutkan pada poin nomor 2 bahwa dengan menjadi PNS maka akan mendapatkan berbagai macam tunjangan kinerja yang salah satunya ialah tunjangan di hari tua / pensiun. Banyak yang berpikiran dengan menjadi PNS maka masa tuanya akan menjadi lebih tenang walaupun sudah tidak bekerja lagi. Hal ini biasanya menjadi salah satu alasan besar kenapa PNS menjadi suatu pekerjaan impian.

8. Gengsi di Masyarakat

Tidak dapat dipungkiri untuk factor yang satu ini memang masih banyak terjadi di masyarakat. Masih banyak pandangan yang muncul di masyarakat kalau menjadi PNS adalah pekerjaan yang bergengsi dan sangat terhormat. Orang yang menjadi PNS memiliki seragam yang ‘keren’ dan pastinya akan lebih dihormati di lingkungannya. Oleh karena itu hal inilah yang sering menjadikan anak muda zaman sekarang banyak berimpian untuk menjadi seorang PNS

9. SK PNS dapat Digadaikan

Nah untuk yang satu ini juga sering menjadi alasan anak muda zaman sekarang lebih memilih menjadi seorang PNS yakni SK yang dapat digadaikan ke bank. Memang tidak dapat dipungkiri kebanyakan PNS menggadaikan SKnya ke bank untuk berbagai keperluan dari untuk modal usaha sampingan, membeli mobil atau rumah dan lain sebagainya

10. Memiliki Kesempatan Berwirausaha Sambil Bekerja

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 5 bahwa dengan memiliki waktu luang dengan menjadi PNS maka akan membuka kesempatan untuk melakukan bisnis sampingan / berwirausaha. Banyak pekerjaan sampingan yang biasanya dilakukan oleh PNS seperti berdagang, jualan pulsa, usaha fotokopi dan ATK serta masih banyak lagi lainnya yang tentu dapat menambah penghasilan.

11. Dapat Melanjutkan Pendidikan Sambil Bekerja

Salah satu kelebihan menjadi PNS ialah dapat melanjutkan pendidikan tanpa perlu mengkhawatirkan masalah pekerjaan. Ya dengan mengikuti izin belajar atau tugas belajar dari instansi terkait maka seorang PNS dapat melanjutkan pendidikannya tanpa harus mengkhwatirkan gaji yang didapatkan. Bahkan jika memungkinkan maka biaya pendidikan pun akan dijamin oleh pemerintah. Namun hal ini juga tidak didapatkan dengan cara mudah karena anda harus memperlihatkan performance kerja yang baik serta menunjukkan tekad yang kuat untuk meningkatkan kapasitas kerja.

Baca Juga : 3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

12. Membangun Sistem Pemerintahan Menjadi Lebih Baik

Untuk alasan yang satu ini patut diacungi jempol. Sebagai anak muda yang kreatif dan inovatif sudah tentunya memiliki andil dalam membangun sistem pemerintahan agar menjadi lebih baik. Tidak hanya berkoar-koar menyampaikan kritik di media social dan demonstrasi di jalan, anda juga dapat menyampaikan ide dan gagasan secara langsung dengan cara masuk ke dalam sistem dan turut andil dalam merubah dan membuat kebijakan. Tentunya dengan hal positif seperti ini dampaknya akan terasa langsung ke masyarakat dan negara.

Nah itulah tadi beberapa alasan kenapa PNS masih menjadi pekerjaan impian setiap orang di zaman sekarang. Kira-kira dari 12 poin di atas yang manakah menjadi alasan anda untuk menjadi seorang PNS? Tentunya harus bertujuan positif ya agar pekerjaan yang dilakukan nantinya juga menjadi berkah. Luruskan niat anda jika memang ingin menjadi seorang PNS agar menjadi aparatur negara yang baik. Terus semangat berusaha Para Pejuang PNS agar mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi semuanya. See ya.
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments