Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) BPJS Kesehatan

Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) BPJS Kesehatan

Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Prolanis - Fahrinheit, BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) selaku penyelenggara jaminan sosial kesehatan tentunya selalu memberikan pelayanan prima kepada para pesertanya. Hal ini dilakukan demi tercapainya derajat kesehatan masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang mempunyai kartu JKN-KIS. Salah satu program yang diusung oleh BPJS Kesehatan adalah pelaksanaan kegiatan Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis). Kegiatan Prolanis ditujukan kepada para peserta BPJS Kesehatan yang memiliki masalah kesehatan kronis seperti hipertensi, diabetes melitus dan lain-lainnya.

Contoh-proposal-pengajuan-kegiatan-prolanis
Kegiatan yang dilaksanakan dalam Prolanis meliputi senam prolanis, edukasi, konseling, pemeriksaan kesehatan dan sebagainya. Dengan adanya kegiatan prolanis ini diharapkan para peserta dapat lebih aktif untuk mengatasi penyakitnya serta mencegah terjadinya komplikasi penyakit lain. Para peserta prolanis ini sendiri dapat saling berbagi (sharing) terkait penyakit yang mereka alami. Selain itu para peserta dengan penyakit kronis juga dapat lebih terkontrol penyakitnya.

Kegiatan prolanis ini sendiri dilaksanakan oleh Klinik atau Puskesmas selaku Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang terikat dengan BPJS Kesehatan. Kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap bulannya. Namun sebelum melaksanakan kegiatan prolanis, tiap FKTP wajib mengajukan proposal untuk pelaksanaan kegiatan prolanis di wilayah kerjanya kepada BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten. Nah bagi anda yang masih bingung bagaimana cara membuat proposal pengajuan kegiatan prolanis maka pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi contohnya. Proposal ini sendiri sudah fahrinheit ajukan ke BPJS Kesehatan Cabang dan sudah diterima sehingga dapat melaksanakan kegiatan senam serta edukasi setiap minggunya. Baiklah langsung saja berikut ini contoh proposalnya:

Baca Juga : Cara Input Data Keluarga Sehat Melalui Android

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Suatu penyakit dianggap penyakit kronik apanila mengindikasikan gangguan yang pertama kali disadarinya lebh dari 3 bulan. Jadi, bias disimpulkan bahwa kondisi penyakit apapun itu jika memiliki durasi yang lama disebut sebagai penyakit akut. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pathogen atau infeksi.
Efek dari penyakit kronis biasanya permanen dan statis dean terjadi akibat dari suatu penyakit, kondisi, cidera atau bias juga disebabkan oleh malformasi congenital. Suatu penyakit kronis akan mengakibatkan akan adanya penurunan atau bahkan sampai menghilangnya suatu kemampuan untuk menjalankan berbagai fungsi, terutama fungsi system musculoskeletal serta organ-organ penginderaan. Jenis kerusakan yang disebabkan oleh suatu penyakit menjadi 2 (dua) jenis, yaitu kerusakan fungsional dan kerusakan etiologi.
Pada orang dewasa ini jumlah penyakit yang termasuk ke dalam kategori penyakit kronis semakin bertambah panjang. Bahkan saat ini sebagian besar jenis penyakit kronis disebabkan oleh pola hidup yang salah.

1.2 Dasar Pemikiran

Upaya preventif di bidang kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama). Di sisi lain BPJS Kesehatan sebagai lembaga yang ditugasi untuk membantu masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan juga merasa perlu dilakukan upaya pencegahan di bidang kesehatan.
Visi :
Memberikan Pelayanan Kesehatan Secara Komprehensif dan Profesional.
Misi :
1. Memberikan pelayanan kesehatan secata professional kepada masyarakat.
2. Meningkatkan mutu kesehatan dengan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
3. Meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) dengan mengembangkan kompetensinya.

1.3 Pengertian Prolanis

PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) adalah suatu system pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup secara optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

1.4 Tujuan

Meningkatkan kesehatan masyarakat yang menderita penyakit kronis dan meningkatkan akan pentingnya pola hidup sehat sehingga mencapai kualitas hidup optimal dan memberikan edukasi serta panduan klinis terkait tentang penyakit kronis tersebut sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit denganadanya kegiatan ini. Di samping itu dengan adanya kegiatan ini juga akan merubah pola tren pengobatan kuratif menjadi preventif, agar semua fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) ikut serta dalam program pemerintah menciptakan Masyarakat Indonesia Sehat.

BAB II

KEGIATAN


2.1 Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan ini berupa, antara lain :
a. Saran Sehat Prolanis
b. Pemeriksaan ulang peserta penyakit kronis
c. Edukasi tentang penyakit dan manfaat senam prolanis

2.2 Sasaran Kegiatan

Sasaran kegiatan ini adalah :
Seluruh peserta BPJS Kesehatan penyakit kronik yang terdaftar di Puskesmas Lepasan.

2.3 Pelaksanaan Kegiatan

Edukasi dan senam akan dilaksanakan pada hari Jum'at. Edukasi akan dilaksanakan sekali dalam sebulan dan senam akan dilaksanakan 2 (dua) kali dalam sebulan,
Hari : Jum’at
Pukul : 08.00 – 09.30 WITA
Tempat : Aula Puskesmas Lepasan

2.4 Nama Klub

Nama klub Prolanis Puskesmas Lepasan yaitu Lepasan Sehat (Diabetes) dan Lepasan Bugar (Hipertensi). Klub ini diketuai oleh Fahrinheit, No. HP. 0851-0150-XXXX.

2.5 Rincian Biaya

Adapun rincian biaya untuk kegiatan ini adalah :
a. Instruktur senam : Rp 150.000,-
b. Pemateri : Rp 300.000,-
c. Konsumsi : Rp 5000,-/kotak

BAB III

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat sebagaimana mestinya. Besar harapan kami kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, kami meminta dukungan dan kerjasama BPJS Kesehatan Cabang Barito Kuala agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Terimakasih kami ucapkan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang akan terlibat secara langsung maupun tidak. Serta bagi pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan senam sehat dan edukasi Prolanis ini.


Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Nah itulah tadi contoh proposal pengajuan kegiatan prolanis yang dapat fahrinheit bagikan. Selain proposal pengajuan di atas biasanya di akhir proposal akan diminta melampirkan para peserta prolanis yang ingin mengikuti kegiatan tersebut. Data peserta tersebut dapat dibuat tabel yang berisi nama, umur, alamat, nomor kartu JKN-KIS, diagnosa serta nomor HP. Jika ada yang tidak anda pahami mengenai pelaksanaan prolanis bisa kalian tanyakan kepada BPJS Kesehatan Cabang di daerah anda, atau jika fahrinheit bisa membantu kalian bisa menghubungi lewat kolom komentar di bawah. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments