Cara Membuat Foto Awan dan Laut Bergerak Tanpa Watermark/Logo Secara Gratis

Cara Membuat Foto Awan dan Laut Bergerak Tanpa Watermark/Logo Secara Gratis

Cara Membuat Foto Awan dan Laut Bergerak - Fahrinheit, Akhir-akhir ini mungkin kamu banyak melihat di media sosial baik WhatsApp, Instagram maupun yang lainnya, banyak orang yang memposting foto dengan background awan ataupun laut yang bergerak. Foto tersebut memang terlihat menarik karena menampakkan keindahan alam menjadikan foto menjadi lebih hidup. Bagi kalian yang tertarik mungkin ingin membuatnya juga namun bingung bagaimana cara membuat foto bergerak tersebut. Mungkin anda berpikir perlu orang yang ahli editing foto dan video untuk membuat foto awan dan laut bergerak tersebut. Bahkan ada beberapa orang yang menyediakan jasa edit foto bergerak ini. Namun anda tidak perlu merogoh kocek untuk membuat foto bergerak seperti ini karena anda pun bisa membuatnya sendiri melalui android anda.

Untuk membuat foto awan dan laut bergerak anda memerlukan aplikasi editing foto motion. Banyak aplikasi yang menyediakan fitur motion untuk foto. Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan mencontohkan cara membuat foto bergerak dengan menggunakan aplikasi Zoetropic. Aplikasi zoetropic sendiri tersedia dalam bentuk berbayar dan ada yang gratis. Pada aplikasi zoetropic pro (berbayar) maka anda akan mendapatkan fitur bisa menambah durasi waktu video, menghilangkan watermark serta menambah audio atau musik pada foto yang diedit nantinya. Untuk harga versi pronya sendiri dibanderol dengan harga Rp. 29.000,-. Namun anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan zoetropic versi gratis pun anda bisa membuatnya seperti versi berbayar tanpa watermark/logo.

Penasaran bagaimana caranya membuat foto awan dan laut bergerak tanpa watermark/logo secara gratis? Nah fahrinheit akan berbagi caranya, namun sebelum mengedit terlebih dahulu anda harus mendownload zoetropic-free yang ada tersedia di Google Play Store atau anda bisa langsung menyedotnya dengan mengklik tombol download di bawah ini:

Untuk membuat foto menjadi bergerak sangat mudah, setelah anda mendownload aplikasi di atas maka anda akan langsung bisa membuatnya. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah:

1. Masuk ke aplikasi zoetropic-free yang sudah anda download di atas tadi. Setelah itu klik icon menu yang ada di sebelah kiri atas layar android anda. Pilih opsi 'Memori Baru' untuk menambahkan foto yang akan anda edit.
Cara-Membuat-Foto-Awan-dan-Laut-Bergerak

2. Setelah memasukkan foto maka selanjutnya kita akan memasuki tahap mengedit. Untuk fitur-fitur yang disediakan oleh zoetropic terbilang sangat mudah untuk digunakan. Untuk mengatur langit, awan, sungai, atau laut menjadi bergerak anda hanya tinggal menggunakan fitur 'Gerak'. Swipe layar untuk menentukan arah pergerakan foto pada bagian yang anda inginkan seperti pada pemandangan awan dan laut. Pada sekitar area yang terkena fitur gerak tadi maka nantinya akan bergerak mengikuti alur yang sudah anda tentukan tadi. Untuk mengatur bagian-bagian foto agar tetap diam dan tidak bergerak bisa anda gunakan fitur 'Masker'. Tandai area-area yang anda inginkan agar tetap diam walaupun area foto di sekitarnya bergerak. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat seperti gambar di bawah.

Baca Juga : Cara Input Data PIS-PK (Keluarga Sehat) Melalui Android

3. Setelah selesai mengedit maka anda bisa meninjau hasil editan anda dengan mengklik tombol play yang ada di menu bar atas aplikasi. Perhatikan apakah area yang sudah anda tandai sebelumnya sudah sesuai atau belum pergerakannya. Jika ada bagian yang terlalu banyak tanda 'Masker' dan tidak bergerak maka anda bisa menghapusnya dengan menggunakan fitur 'Hapus'. Selain itu anda juga bisa mengatur pergerakan foto tersebut apakah ingin dipercepat atay diperlambat.

4. Setelah selesai mengedit dan semuanya sudah sesuai maka selanjutnya anda tinggal menyimpan/mengekspor foto yang sudah anda edit tadi dengan mengklik simbol 3 titik vertikal yang ada di sebelah kanan atas layar android anda lalu pilih menu 'Simpan/Ekspor Video'. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

5. Selanjutnya klik tulisan 'Tanpa Logo' seperti di bawah untuk menyimpan foto bergerak yang sudah anda buat. Disini anda tidak bisa mengedit memasukkan musik/lagu untuk foto atau menambah durasi video karena hanya menggunakan versi gratis. Setelah selesai mengekspor maka secara otomatis video sudah tersimpan ke galeri anda.

6. Pada tahap ini anda sudah selesai membuat foto bergerak, namun karena kita hanya menggunakan aplikasi gratisan maka masih terdapat watermark atau aplikasi pada video tersebut. Untuk menghapusnya anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga pengedit video untuk mengcrop bagian atas video. Pada contoh kali ini misalnya fahrinheit menggunakan editor video Inshot yang ada di Goggle Play Store untuk menghilangkan watermark zoetropic. Bagi anda yang masih belum memilikinya bisa mendownload dengan mengklik tombol donwoad di bawah ini:

7. Setelah selesai mendownload aplikasi inshot di atas selanjutnya buka aplikasi inshot dan pilih menu buat video baru. Pilih video hasil editan zoetropic yang baru saja anda download tadi sebelumnya. Jika sudah pilih OK atau tanda centang.

Baca Juga : Cara Melacak Lokasi HP Hilang dengan Gmail

8. Untuk menghapus watermark dari zoetropic tadi maka pilih fitur 'Crop/Potong' yang ada di aplikasi InShot. Pastikan crop terpotong rapi agar tidak terlihat bekas watermark pada video sebelumnya. Selain itu anda juga dapat menambahkan musik pada foto bergerak tersebut dengan menggunakan fitur 'Musik' yang disediakan oleh InShot. Pilih lagu yang ingin anda jadikan backsound dari foto bergerak tersebut.

9. Jika sudah selesai mengedit maka anda bisa menyimpan video tersebut dengan cara mengklik 'Simpan' yang ada di sebelah kanan atas aplikasi. Pilih kualitas yang anda inginkan dari kualitas 640p, 720p hingga 1080p. Jika sudah maka secara otomatis video akan diekspor dan disimpan ke galeri android anda. Pada aplikasi InShot pun memang terdapat watermark/logo namun kita dapat menghapusnya dengan cara menonton iklan yang disediakan oleh InShot. Ya hitung-hitung membantu dan mengapresiasi produsen yang sudah membuat aplikasi tersebut. Sampai disini selesai sudah anda membuat foto bergerak dan anda bisa membagikannya kepada teman anda baik melalui status WhatsApp, Instastory atau Feed Instagram anda.

Nah itulah tadi cara membuat foto awan dan laut bergerak tanpa watermark/logo. Selain mudah, cara di atas juga tidak perlu merogoh uang saku anda karena aplikasi tersebut bisa anda gunakan secara gratis tanpa harus berbayar. Jika ada yang tidak kalian pahami dari tutorial di atas bisa anda tanyakan dengan admin melalui kolom komentar di bawah. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments