Cara Entri Kunjungan Sehat di P-Care (Primary Care) BPJS Kesehatan

Cara Entri Kunjungan Sehat di P-Care (Primary Care) BPJS Kesehatan

Cara Entri Kunjungan Sehat P-Care - Fahrinheit, BPJS Kesehatan tentunya selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya demi membantu pemerintah mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. BPJS Kesehatan selalu mencanangkan kegiatan-kegiatan yang tidak hanya berfokus pada pengobatan tetapi juga tindakan pencegahan penyakit (kuratif) serta peningkatan kesehatan (promotif). Selain melayani kunjungan pada peserta yang sakit, BPJS Kesehatan juga menyediakan kunjungan bagi para peserta yang sehat untuk mencegah dan meningkatkan pengetahuan pesertanya agar tidak terjadinya penyakit.

Salah satu kegiatan yang diusung oleh BPJS Kesehatan ialah melalui kunjungan sehat. Kunjungan sehat dimaksudkan agar para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai masalah kesehatan yang dialaminya atau di sekitarnya lingkungannya. Kunjungan sehat meliputi kegiatan kunjungan rumah (home visite), konseling mengenai kesehatan hingga pemberian imunisasi kepada para anak untuk mencegah terjadinya penyakit. Kunjungan sehat ini wajib dilaksanakan oleh Klinik/Puskesmas selaku Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang tentunya paling sering berinteraksi dengan para peserta JKN-KIS.

Sama halnya dengan kunjungan sakit, setiap FKTP yang melaksanakan kunjungan sehat wajib mendaftarkan (mengentrikan) pesertanya di dalam aplikasi P-Care. Tujuan pengentrian tersebut ialah agar diketahui capaian angka kontak komunikasi yang sudah didapat oleh FKTP dalam melakukan pelayanan kesehatan khususnya pada kegiatan kunjungan sehat. Kunjungan sehat bukan berarti harus melalui kunjungan rumah, namun setiap kontak yang dilakukan oleh petugas kepada para peserta BPJS Kesehatan dalam rangka upaya peningkatan kesehatannya baik itu dalam kegiatan posyandu, posbindu, poslansia, penyuluhan ataupun konseling melalui media sosial atau telepon.
Semua kontak tersebut harus dientrikan ke dalam P-Care. Lalu bagaimana cara mengentrikannya? Bagi anda yang masih belum mengetahui caranya sebenarnya caranya sangat mudah, oleh karena itu sekarang fahrinheit akan berbagi caranya. Untuk mengentri pasien dengan kunjungan sehat di FKTP masing-masing adapun langkah-langkahnya adalah:

Baca Juga : Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Prolanis BPJS Kesehatan

1. Masuk ke website P-Care. Setelah masuk, silahkan login menggunakan username serta password FKTP anda yang sudah diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten masing-masing.

2. Setelah masuk ke beranda selanjutnya pilih opsi 'Entri Data' yang ada pada menu bar. Kemudian pilih menu 'Pendaftaran Pasien'.

3. Setelah masuk ke menu pendaftaran pasien silahkan masukkan nomor kartu JKN-KIS pasien yang sudah dilakukan kunjungan sehat. Apabila sudah selanjutnya klik 'Cari'.

4. Secara otomatis muncul data peserta yang sudah dilakukan kunjungan sehat sebelumnya. Silahkan isi data di bawah informasi pasien. Pada pilihan jenis kunjungan silahkan klik pada opsi kunjungan sehat. Pilih kegiatan sehat yang sudah dilakukan apakah dilakukan home visit, konseling, imunisasi atau yang lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:

5. Selanjutnya isi data pemeriksaan dan pengkajian fisik pasien yang mendapatkan kunjungan sehat meliputi tinggi badan, berat badan, tekanan darah, respirasi serta denyut nadi. Jika sudah selanjutnya klik Simpan. Secara otomatis maka data pasien kunjungan sehat sudah dimasukkan. Untuk memastikan data sudah masuk atau belum bisa anda klik refresh pada data pendaftaran seperti gambar di bawah ini:

Nah itulah tadi cara melakukan entri kunjungan sehat BPJS Kesehatan melalui P-Care (Primary Care). Sangat mudah sekali bukan? Anda pun bisa melakukannya sendiri jika sudah terbiasa. Jangan lupa untuk selalu memasukkan semua kunjungan sehat yang dilakukan di FKTP kalian masing-masing setiap bulannya ya agar capaian FKTP selalu maksimal. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments