Cara Mudah Melacak Lokasi HP Hilang dengan Menggunakan Gmail

Cara Mudah Melacak Lokasi HP Hilang dengan Menggunakan Gmail

Cara Melacak Lokasi HP Hilang - Fahrinheit, Hai sobat fahrinheit bagaimana kabar kalian? Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tips blogging bagaimana cara membuat recent post menarik seperti blog mastimon. Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan berbagi informasi mengenai android atau smartphone yakni bagaimana cara melacak lokasi HP yang hilang. Apakah anda pernah kehilangan HP anda entah itu terecer ataupun lupa menaruh? Tentunya ini dapat membuat galau bukan karena di zaman sekarang hampir setiap orang tidak bisa lepas dari yang namanya handphone. Apalagi jika yang ada di dalam HP tersebut merupakan file-file pribadi ataupun file-file penting yang berhubungan dengan pekerjaan. Kalau hanya lupa menaruh mungkin kita bisa mencarinya dengan melakukan miscall, namun bagaimana jika kita lupa nomor yang terpasang di HP tersebut ataupun HP tersebut jatuh di lokasi yang tidak kita sadari.

Nah sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya yakni mencarinya dengan cara  melacak lokasi terakhir HP tersebut. Melacak lokasi HP yang hilang dapat anda lakukan sendiri tanpa bantuan ahli IT yakni hanya dengan menggunakan akun gmail yang terhubung dengan HP tersebut. Nah oleh karena itu sekarang fahrinheit akan berbagi informasi bagaimana cara melacak lokasi HP hilang dengan mudah hanya menggunakan gmail. Penasaran bagaimana caranya? Sebelum melacak lokasi HP anda yang hilang pastikan HP anda memenuhi syarat-syarat berikut ini:
1. HP yang hilang merupakan android/smartphone yang memiliki fitur GPS / Lokasi
2. HP yang hilang terhubung dengan gmail ataupun Google Play
3. Pastikan anda ingat password gmail yang terhubung di HP tersebut
4. Lokasi / GPS dalam keadaan aktif dan jika HP dicuri belum dilakukan flash (install ulang) yang membuat semua akun gmail terhubung di HP tersebut menjadi putus

Nah jika 4 syarat di atas sudah terpenuhi maka selanjutnya anda bsa melacak lokasi HP anda yang hilang. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian ikuti di bawah ini:

1. Kunjungi laman Google Find My Device atau bisa klik ke link https://www.google.com/android/devicemanager melalui HP anda yang lain ataupun laptop.

2. Setelah masuk ke laman tersebut maka anda akan diminta memasukkan gmail beserta passwordnya. Masukkan akun gmail anda yang terhubung dengan HP yang hilang tersebut.

3. Setelah login maka secara otomatis Google Find My Device akan menampilkan Maps dimana lokasi terakhir HP anda. Seperti gambar di atas maka anda dapat mencari lokasi HP anda yang hilang dengan mengikuti arah maps tersebut

4. Jika kalian sudah mencari HP tersebut di lokasi terakhir namun tidak kunjung juga menemukan HPnya maka kalian bisa membunyikan HP tersebut dengan mengklik Play Sound. Sekalipun HP anda dalam keadaan silent mode maka HP akan tetap berbunyi.

5. Jika HP anda masih belum juga ditemukan maka ada kemungkinan lokasi / GPS di android anda sudah dimatikan sehingga HP hanya menampilkan lokasi terakhir HP tersebut. Apabila HP tersebut dibawa oleh orang lain maka anda bisa mengirimkan pesan kepada orang tersebut dengan mengklik Secure Device. Disitu anda bisa memasukkan pesan kepada si penemu HP dan memasukkan nomor kontak yang dapat ia hubungi untuk mengemabalikan HP tersebut.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal Android Menggunakan Alumunium Foil Bungkus Rokok

Nah itulah tadi cara melacak lokasi HP yang hilang dengan mudah hanya menggunakan gmail. Jika HP anda masih belum dapat anda temukan maka ada banyak kemungkinan seperti HP dalam keadaan habis baterai, HP dimatikan oleh si penemu, android sudah dilakukan flash (install ulang) dan lain-lainnya. Satu-satunya cara yang dapat anda lakukan dalam keadaan tersebut hanyalah melaporkan keterangan hilang di kantor kepolisian, tentunya dengan harapan si penemu HP mempunyai itikad baik untuk mengembalikan HP tersebut. Nah demikian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments