Mengenal Penyebab Cadel Pada Anak dan Cara Mengatasinya Sejak Dini

Mengenal Penyebab Cadel Pada Anak dan Cara Mengatasinya Sejak Dini

Penyebab Cadel dan Cara Mengatasinya - Fahrinheit, Pada usia dini sekitar 6 tahun biasanya kebanyakan anak-anak sudah mulai bisa berbicara dengan lancar dan jelas. Tapi, apabila anda menemukan anak anda masih cadel di usia tersebut, maka sebaiknya anda segera mengatasinya. Karena apabila cadel dibiarkan terlalu lama dan tidak diatasi secara benar maka dapat menjadikan anak cadel hingga dewasa nantinya. Tentunya anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada anak anda bukan?

Penyebab-Cadel-dan-Cara-Mengatasinya-Sejak-Dini
Cadel pada anak biasanya terjadi karena tidak dapat mengucapkan beberapa huruf tertentu seperti d, n, r, s, t, atau z. Jika salah satu jenis huruf cadel tersebut ada pada namanya mungkin akan menyebabkannya sulit untuk menyebutkan namanya pada orang lain. Jika dibiarkan berlarut-larut maka tentunya sangat berpengaruh pada hubungan sosialnya dan dapat mengurangi kepercayaan dirinya untuk bersosial. Nah lalu bagaimana cara mengatasi cadel pada anak sejak usia dini? Pada kesempatan ini fahrinheit akan berbagi informasi cara mencegah dan mengatasi cadel pada anak sejak usia dini. Namun sebelum mengetahui cara mengatasi cadel pada anak, ada baiknya anda mengetahui penyebab cadel pada anak.

Penyebab cadel pada anak sendiri dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
  1. Kebiasaan terlalu lama / sering menggunakan dot atau empeng pada masa bayi. Kebiasaan mengisap dot yang terlalu lama pada masa bayi dapat membuat pengecap (lidah) anak menjadi terdorong ke depan berada di antara giginya. Faktor ini dapat menyebabkan anak menjadi cadel dan tidak dapat mengucapkan huruf s dan z secara jelas.
  2. Tongue-tie. Tongue-tie juga dikenal dengan ankyloglossia. Ini merupakan suatu kecacatan lahir dimana kondisi jaringan yang menempel di sumber pengecap (lidah) sampai bagian bawah mulut yang ukurannya terlalu pendek. Hal tersebut mengakibatkan pergerakan lidah terbatas pada saat berbicara.
  3. Struktur lidah yang terlalu menjorok ke luar gigi. Hal ini juga dapat menyebabkan anak-anak mengalami cadel.
Baca Juga : 5 Buah yang Dapat Atasi Perut Kembung

Nah itulah tadi penyebab umum cadel pada anak. Lalu bagaimana cara mengatasi cadel anak secara dini? Berikut ini beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi cadel pada anak sejak dini yang dapat anda terapkan:
  • Batasi penggunaan dot / empeng pada anak sejak bayi. Apabila memang suatu kondisi yang mengharuskan bayi memakai dot, maka pilihlah dot yang khusus dikemas untuk bayi lahir. Dot khusus ini biasanya lebih kecil, lebih lembut dan kurang berdampak negatif pada kebisaan bicara anak pada saat dewasa nanti. Jika memang tidak ada indikasi untuk menggunakan dot maka batasi penggunaan dot hingga usia 18 bulan.
  • Biasakan anak minum dengan menggunakan sedotan. Pada saat minum dengan menggunakan sedotan maka itu dapat merangsang gerakan mengisap pada si anak dan dapat melatih kekuatan motorik mulutnya, yang mana hal ini penting agar kemampuan berbicara si anak menjadi berkembang.
  • Selain minum menggunakan sedotan anda juga bisa menerapkan cara lain pada saat bermain dengan anak untuk meningkatkan kemampuan motorik mulutnya. Seperti meniup terompet, meniup gelembung sabun, dan lain-lainnya.
  • Latih terus anak anda untuk merapatkan gigi atas dan bawah saat mengucapkan huruf s. Ajak anak untuk berlatih di depan cermin agar ia dapat mengingat gerakan merapatkan gigi ini pada saat berbicara.
  • Jangan biasakan anak terlalu sering mengisap ibu jarinya. Kebiasaan mengisap ibu jari ini juga dapat memicu terjadinya cadel pada anak.
  • Ajarilah anak anda sesering mungkin untuk belajar mengucapkan kata-kata dari huruf yang tidak bisa diucapkannya secara jelas agar menjadi terbiasa.

Nah itulah tadi penyebab cadel pada anak dan cara mengatasinya sejak dini. Jika semua sudah anda lakukan dan anda masih mengkhawatirkannya maka anda bisa membawa anak anda ke dokter untuk periksa lebih lanjut atau ke tempat terapi wicara untuk melatih motorik verbal anak. Apabila kondisi medis sang anak mengalami tongue-tie maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan biasanya ialah melakukan operasi frenuloplasty, tentunya dengan berkonsultasi pada dokter ahlinya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrin Nizami
Fahrin Nizami

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments