Cara Membedakan Software Asli dengan Software Bajakan

Cara Membedakan Software Asli dengan Software Bajakan

Perbedaan Software Asli dengan Bajakan - Fahrinheit, Software bajakan merupakan software yang tidak orisinal atau software yang sudah diubah agar bisa digunakan tanpa harus membelinya. Misalkan pada software berbayar seperti windows, adobe, corel dan masih banyak lagi. Pembajakan software biasa disebut dengan cracking dan setiap software yang dibajak akan dicrack dalam bentuk patch, aplikasi, installer atau berupa keygen.

Cara-membedakan-software-asli-dengan-bajakan
Pada beberapa cracker mungkin akan melakukan cracking dan menjual software tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Bagi beberapa orang yang ingin membeli software mungkin akan susah membedakan antara software asli dengan software palsu. Nah oleh karena itu sekarang fahrinheit akan berbagi cara membedakan software asli dengan software palsu agar tidak tertipu. Setidaknya ada 6 perbedaan yang harus anda perhatikan sebelum membeli software asli, diantaranya adalah:

1. Nomor Lisensi Software

Nomor lisensi adalah satu bagian mencolok yang dapat membedakan antara software asli dengan software bajakan karena dalam setiap produk software yang kita beli hanya akan ada satu nomor lisensi. Nomor lisensi software asli tidak akan sama dengan nomor lisensi di software yang lain. Nomor lisensi itu pun hanya dapat digunakan sekali saja dan tidak bisa digunakan di perangkat lain. Misalkan saja jika anda membeli software windows original maka nomor tersebut akan digunakan untuk mengaktifkan software tersebut dan tidak bisa dipakai di lain perangkat. Berbeda halnya dengan software bajakan, pada software bajakan biasanya sudah terdapat nomor lisensi default dari cracker sehingga dapat digunakan secara langsung tanpa membayar nomor lisensi. Untuk penulisan nomor lisensi sendiri biasanya terdapat beberapa angka unik yang menandakan bahwa software tersebut asli.

Baca Juga : Cara Mengetahui Expired Windows 10

2. Kemasan Produk Software

Kemasan produk juga menjadi salah satu indikator dalam membedakan software asli dengan software bajakan. Pada kemasan software asli biasanya akan terdapat beberapa informasi penting tentang software yang sudah dibeli seperti nomor lisensi dan lain-lainnya. Pada software asli juga biasanya kemasan produk masih dalam keadaan tersegel secara resmi dari pihak produsen.

3. Hologram

Pada software asli biasanya pada kemasan produk selain tersegel dengan resmi maka akan terdapat hologram resmi dari produsen. Hologram sudah menjadi hak paten dari produsen software untuk mencegah adanya software bajakan. Hologram tersebut pun hanya diproduksi oleh produsen resmi yang terdaftar secara legal. Apabila anda tidak ada menemukan hologram pada kemasan produk atau pada CD maka bisa dipastikan bahwa software tersebut merupakan software bajakan.

4. CD Installer Software

Setiap produsen software asli biasanya akan memberikan software dalam bentuik Compact Disk (CD) sebagai media installer software. Pada software bajakan biasanya tidak akan diberikan dalam bentuk CD. Walaupun jika memang diberikan dalam bentuk CD, namun pada software bajakan biasanya terdapat perbedaan pada paket yang ada di CD tersebut seperti penjelasan atau keterangan dari software tersebut secara lengkap tidak hanya dalam bentuk CD saja.

5. Sumber Software

Nah ini salah satu indikator bagi anda yang ingin membeli software agar tidak tertipu software bajakan. Pada software bajakan biasanya sumber dari software tersebut bukan berasal dari official atau website resmi produsen tersebut. Nah oleh karena itu perhatikan secara cermat sumber software yang anda dapatkan sebelum membelinya agar tidak tertipu.

6. Reaksi Antivirus Terhadap Software

Yang terakhir adalah reaksi antivirus pada software yang akan dipasang. Pada software bajakan biasanya crack atau keygen yang dimasukkan dalam software maka akan terbaca antivirus sebagai suatu virus karena tidak terdaftar secara legal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Eset Nod32 Antivirus Gagal Update

Nah itulah tadi 6 cara membedakan antara software ori dengan software bajakan. Sangat mudah sekali bukan membedakannya? Selalu cermati tiap ciri-ciri software yang anda beli agar tidak salah beli software bajakan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Fahrinheit
Fahrinheit

"Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments